Usaha Berawal dari Hobi, Manfaatkan Hobby sebagai Sumber Penghasilan

Bagi Anda yang tertarik, tak ada salahnya jika menjadikannya sebagai usaha berawal dari hobby. Anda bisa menjalankan dua hal sekaligus. Apalagi, menjalankan usaha sesuai hobby sangatlah menyenangkan.

Hobby adalah sebuah kegiatan yang dilakukan demi mendapatkan kesenangan. Menjalankan sebuah usaha berdasarkan hobby yang dimiliki memanglah menjadi impian semua orang. Hobby tidak hanya memberikan kesenangan namun juga dapat mendatangkan banyak keuntungan. Berikut beberapa usaha yang bisa Anda jalankan sesuai dengan hobby yang Anda miliki

Baca Juga: List Peluang Bisnis Laris Manis Sebelum Pagelaran Asian Games 2018

Usaha untuk Hobby Olahraga

Hobby olahraga sering kali diremehkan karena banyak orang berpikir bahwa hobby olahraga tidaklah mendatangkan banyak keuntungan. Padahal, jika melihat lebih dalam lagi, banyak sekali usaha yang bisa dijalankan, diantaranya

Membuka Toko Sport

Membuka sebuah toko yang menjual peralatan olahraga bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha. Anda bisa menjual baju jersey dan beberapa perlengkapan olahraga lainnya seperti bola, kaus kaki, dan sepatu.

Dikarenakan Anda merupakan seseorang yang memiliki hobby olahraga, Anda dapat menjelaskan secara rinci mengenai kegunaan dan keunggulan produk yang Anda jual.

Layanan Konsultasi Kesehatan dan Pola Makan

Seorang pencinta olahraga biasanya sangat menjaga kesehatan dan pola makannya. Anda dapat membuka layanan konsultasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana caranya menjaga kesehatan dan pola makan yang baik.

Membuka Jasa Personal Trainer

Untuk menjadi seorang trainer, Anda harus memiliki sertifikasi body builder terlebih dahulu. Tidak perlu langsung di pusat kebugaran, Anda bisa memulainya dari orang terdekat dan mempromosikannya melalui media sosial.

Penyewaan Lapangan

Tidak perlu menggunakan lahan yang terlalu besar untuk membuka usaha penyewaan lapangan. Anda bisa membuka penyewaan lapangan futsal yang memiliki ukuran lapangan lebih kecil.

Selain itu, buatlah konsep indoor pada lapangan yang akan Anda sewakan agar tetap mendatangkan pelanggan meskipun cuaca sedang hujan. Lapangan indoor juga akan memudahkan Anda untuk membersihkannya.

Baca Juga: Bisa Jadi Ide Usaha, Inilah Beberapa Usaha Anak Presiden Jokowi

Event Organizer untuk Acara Sport

Sudah banyak acara-acara yang berkonsep olahraga seperti colour run ataupun marathon yang diselenggarakan oleh beberapa pihak. Anda dapat menawarkan event organizer yang Anda miliki atau bergabung dengan pihak penyelenggara.

Penulis Seputar Olah Raga

Penyuka olahraga bukan berarti tidak bisa menjadi seorang penulis. Pengetahuan Anda mengenai olahraga dapat menjadi bekal untuk membuat artikel-artikel seputar olahraga.

Usaha Untuk Hobby Seni atau Musik

Hobby seni dan musik bukanlah sebuah kesenangan semata jika Anda dapat menjadikannya sebagai peluang usaha. Beberapa usaha ini bisa menjadi ide bisnis untuk Anda yang memiliki hobby bermusik.

Studio Musik

Usaha yang satu ini memang membutuhkan modal yang terbilang cukup mahal. Anda harus membeli beberapa alat musik seperti drum, keyboard, dan beberapa alat musik lainnya. Namun, studio musik banyak sekali dicari terutama oleh kalangan muda. Apalagi saat ini banyak orang tergiur untuk menjadi artis atau musisi namun belum memiliki tempat berlatih yang memadai. Hal tersebut tentu membuka peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan.

Membuka Kursus Vokal atau Musik

Bagi Anda yang memiliki kemampuan vokal dan bermusik yang baik, Anda bisa membuka kursus vokal atau musik. Tidak harus dilakukan di tempat khusus, Anda bisa membuka jasa kursus ini di rumah terlebih dahulu

Rental Alat Musik

Jika Anda mempunyai beberapa alat musik tak ada salahnya jika Anda menyewakan alat tersebut. Anda bisa memberikan tarif berbeda sesuai dengan berepa lama dan seberapa mahal alat musik yang disewa.

Dikarenakan harga alat musik yang cukup mahal, Anda harus benar-benar memastikan siapa yang akan mejadi penyewa alat musik Anda agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari.

Toko Alat Musik

Berbeda dari jenis usaha sebelumnya yang hanya berputar pada alat musiknya saja, di toko alat musik Anda dapat menjual berbagai alat pendukungnya seperti stick drum ataupun pick gitar.

Toko Merchandise Musisi

Menjual merchandise musisi seperti baju dan topi tidak harus dilakukan di toko konvensional, Anda bisa menawarkan dan menjualnya dengan cara membuat sebuah akun media sosial khusus yang menjual merchandise dari beberapa musisi.

Usaha untuk Hobby Makan

Hobby makan juga seringkali diremehkan dan dikatakan tidak bisa menjadi sebuah peluang usaha. Justru banyak sekali usaha yang bisa dilakukan oleh seseorang yang gemar makan. Untuk Anda yang memiliki hobby makan, usaha Anda pastinya akan bergerak dibidang kuliner. Usaha kuliner saat ini memang tengah digemari oleh banyak orang, diantaranya

Membuka Warung Atau Resto

Jenis usaha ini merupakan usaha kuliner yang paling umum dilakukan. Meski sudah banyak warung atau resto, Anda tidak perlu khawatir karena makanan merupakan suatu kebutuhan dan tidak akan sepi pembeli.

Asalkan, makanan yang Anda jual memiliki cita rasa yang baik dan memiliki produk yang berbeda dari warung atau resto lain. Keunikan dari produk yang Anda jual juga akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Usaha Kue Rumahan

Meski kue pada umumnya berbentuk kecil, namun penghasilan yang dihasilkan tidak bisa dipandang sebelah mata. Usaha kue rumahan terbilang menguntungkan karena hampir semua kalangan masyarakat menyukai kue.

Apalagi, pesanan kue akan sangat membludak pada saat perayaan hari besar seperti idul fitri, perayaan natal, ataupun perayaan imlek.

Café

Menjalankan usaha ini mirip dengan resto atau warung. Yang membedakan hanyalah jenis makanan yang dijual. Biasanya, café menjual jenis makanan yang lebih ringan seperti kue, roti, dan coklat. Tak hanya itu, café biasanya juga menawarkan jenis minuman yang lebih banyak dan bervariasi ketimbang resto.

Food Blogger

Satu lagi jenis usaha yang sedang banyak digandrungi saaat ini. Jika Anda memiliki kemampuan menulis, silakan coba untuk menjadi seorang food blogger. Anda bisa menulis berdasarkan makanan-makanan yang telah Anda cicipi sebelumnya. Promosikan blog Anda di media sosial lainnya agar blog Anda semakin dikenal.

Penulis Resep Makanan

Jika food blogger membuat tulisan berdasarkan makanan yang pernah dicicipi, maka kali ini Anda hanya perlu menulis resep-resep makanan. Namun. Bukan hanya sekedar resep makanan biasa, melainkan resep makanan yang telah Anda coba sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan kepada orang lain hasil dari resep tersebut.

Ada baiknya jika Anda berinovasi dan membuat resep versi Anda sendiri. Anda dapat menciptakan resep makanan baru berdasarkan eksperimen yang Anda lakukan.

Katering

Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda bisa membuka usaha katering. Anda bisa membuat katering khusus acara besar, atau katering yang menyiapkan makan siang untuk sebuah perkantoran atau sekolah.

Selain itu, Anda juga bisa menjual katering yang menjual makanan khusus seperti katering diet ataupun katering untuk makanan bekal seperti bento.

Usaha untuk Hobby Fotografi

Hobby fotografi tidak melulu dikaitkan dengan profesi fotografer. Fotografi diartikan sebagai proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Meskipun lebih banyak berkutat pada kamera, bukan berarti seseorang yang memiliki hobby fotografi hanya memiliki peluang untuk menjadi seorang fotografer

Jasa Cetak dan Studio Foto Digital

Meski sudah modern, nyatanya melakukan pemotretan pas foto tidak bisa dilakukan sendiri. Semua orang tetap memerlukan jasa seorang fotografer untuk membantunya membuat sebuah pas foto. Ini akan menjadi peluang bagi Anda untuk membuka studio foto dan jasa cetak fotonya.

Foto Box

Siapa bilang foto box itu kuno? Justru foto box masih memiliki banyak peminat, ditengah maraknya foto selfie. Anda bisa membuka foto box di sebuah pusat perbelanjaan. Biasanya yang menggunakan jasa foto box merupakan kalangan para remaja yang tengah berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Mahasiswa Butuh Uang Tambahan? Ini Dia Peluang Bisnus Fotocopy di Kampus

Wedding atau Baby Fotografer

Untuk menjalankan usaha ini, Anda membutuhkan modal yang cukup tinggi karena harga kamera tidaklah murah. Demi menghasilakan foto yang bagus, tidak hanya dibutuhkan kemampuan yang mumpuni namun juga membutuhkan kamera yang memadai.

Menjadi seorang fotografer pernikahan berarti Anda harus mengikuti seluruh permintaan yang diajukan client. Apalagi, jika Anda berminat untuk menjadi seorang fotografer bayi, skill Anda bukan hanya seputar memotret saja namun juga harus memiliki kemapuan untuk membujuk bayi karena mood bayi yang selalu berubah-ubah.

Menggabungkan hobby dan usaha bukanlah sesuatu yang mustahil. Menjadikan hobby sebagai peluang usaha sangatlah mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut bergantung pada bagaimana Anda dapat membaca peluang. Ditambah lagi, menyatukan hobby dan bisnis merupakan sesuatu yang menyenangkan.

SHARE

LEAVE A REPLY