Bisa Jadi Inspirasi Usaha, Inilah Beberapa Bisnis Anak Presiden Jokowi

Bisnis anak jokowi ini bisa dijadikan sebagai inspirasi usaha Anda. Seperti yang kita ketahui, bahwa kedua anak Presiden Jokowi ini telah lama terjun di dunia bisnis. Mereka adalah Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Melihat kesuksesan yang dicapai oleh kedua putra Presiden Indonesia Joko Widodo ini membuktikan, meski berstatus sebagai anak orang nomor satu di Indonesia, tak membuat keduanya berleha-leha dan berdiam diri.

Daftar juga : Kursus Martabak Mini Manis di Goukm Training Center 

Berbisnis memang merupakan impian semua orang. Hal ini terjadi karena berbisnis dikatakan sebagai pilihan karir yang dapat memberikan kebebasan, kepada orang yang menjalankan bisnis tersebut.

Selain mendapatkan keuntungan berupa kebebasan, berbisnis juga dapat memberikan kesempatan yang sangat luas sehingga dapat berkembang lebih cepat karena dituntut untuk menunjukkan seluruh kemampuan yang dimiliki.

Banyak orang bermimpi untuk menjalankan bisnis, namun sayangnya menemukan bisnis yang tepat bukanlah perkara mudah. Kebanyakan dari mereka kesulitan dan akhirnya mengalami kegagalan.

Baca Juga: Inspirasi 5 Orang Terkaya di Asia yang Memulai Karier Dari Nol

Tak ada salahnya jika melihat beberapa usaha yang telah dijalankan oleh pebisnis terkenal seperti Gibran dan Kaesang. Kesuksesan  dari orang yang telah berpengalaman dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang baru atau sedang membangun bisnis.

Usaha anak Jokowi ini tidak hanya bergerak di satu bidang. Mulai dari kuliner hingga fashion. Berikut beberapa bisnis Gibran dan Kaesang yang bisa dijadikan inspirasi bisnis Anda

Beberapa Bisnis Gibran Rakabuming Raka

Chilli Pari Catering Service

Bisnis ini merupakan bisnis pertama Gibran, dan telah ia jalankan sejak tahun 2010. Awalnya ia membuka bisnis katering ini dengan cara meminjam sejumlah modal dari bank.

Dengan kegigihannya, Chilli Pari akhirnya berinovasi menjadi one stop wedding yang tidak hanya menawarkan katering, namun juga berbagai kebutuhan pesta seperti gedung pernikahan, dekorasi, jasa tata rias, souvenir, undangan, hingga hiburan dan mc.

Markobar

Bisnis Gibran yang tak kalah terkenal lainnya adalah markobar. Markobar merupakan camilan martabak yang mengusung konsep berbeda dari martabak pada umumnya.

Markobar mencuri perhatian pelangganya dengan inovasi produk yang ia buat. Jika martabak pada umumnya hanya memilki toping beruba coklat, kacang, dan keju, markobar memilki bermacam toping seperti green tea, oreo, cokelat almond, dan masih banyak lagi.

Pasta Buntel

Untuk bisnisnya yang satu ini, Gibran berkolaborasi dengan beberapa pebisnis lainnya yang berasal dari Solo. Yang membuat pasta buntel ini unik adalah adanya percampuran antara makanan Italia dan Indonesia. Menggunakan pasta sebagai bahan utama, lalu diberikan bumbu khas Jawa, dan dibungkus dengan daun pisang.

Cakar Dheer

Cakar Dheer merupakan usaha Gibran yang telah berdiri sejak 2015. Ia mengambil bisnis kuliner ceker ayam karena menurutnya makanan tersebut memiliki keunikan. Bisnis ini ia jalankan dengan cara bermitra bersama salah seorang temannya.

MomMilk

Usaha minuman milik Gibran ini dibuka dengan cara berkolaborasi dengan salah satu pengusaha muda. Yang membedakan MomMilk dengan kedai susu lainnya, adalah jenis susu yang dipakai. Susu yang digunakan merupakan susi asli dari Solo.

Jas Hujan Tugas Negara Bos

Jika sebelumnya Gibran lebih banyak membuka usaha dibidang kuliner, kali ini mencoba peruntungan di dunia fashion. Produk yang dipasarkan juga terbilang unik, karena ia menjual jas hujan. Usaha jas hujan yang ia buat tersebut merupaka side project bersama teman-temannya.

Beberapa Usaha Kaesang Pangarep

Sang Pisang

Jejak Gibran untuk berbisnis di bidang kuliner pun diikuti oleh sang adik, Kaesang. Sejak 2017, Kaesang membuka usaha kuliner kekinian yaitu pisang nugget dan diberi nama Sang Pisang.

Sang Javas

Tak ingin kalah dengan sang kakak, Kaesang pun membuka usaha di bidang fashion yaitu dengan mengeluarkan produk berupa baju kaos yang diberi nama sang javas. Kaesang mengusung tema kecebong sebagai desain andalan produknya.

Baca Juga: Diana Rikasari, Mulai dari Blog Fashion Diary sampai dengan Bangun Brand Fashion International

Madhang.id

Dengan tujuan menggandeng pelaku usaha kuliner seperti ibu-ibu dan rumah tangga, Kaesang meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Madhang.id. Madhang.id merupakan aplikasi untuk memesan makanan secara online. Dengan adanya aplikasi ini, Kaesang berharap dapat memajukan UMKM yang ada di Indonesia.

Hompimpa Games

Gibran dan Kaesang berkolaborasi pada bisnis yang satu ini. Keduanya membangun sebuah permainan yang diberinama Hompimpa Games yang berfokus pada board game dan card game. Mereka juga menampung ide dan kreatifitas para game developer dan game designer yang ada di Indonesia. Hompimpa Games sendiri telah memliki tiga variasi games yaitu The Art of Batik, Acaraki, dan Math Cat.

Itulah beberapa bisnis anak Jokowi yang bisa dijadikan sebagai inspirasi usaha Anda. Sebuah bisnis memang tak bisa langsung berjalan mulus. Namun jika Anda bertekad untuk menekuninya, seiring dengan berjalannya waktu, bisnis akan berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here