Pelatihan Mengembangkan Kewirausahaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) bersama GoUKM Training Center

Demi mewujudkan pembangunan Indonesia dengan memperkuat Daerah dan Desa. Pemerintah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan kemandirian desa dan masyarakat sehingga memiliki ketahanan sosial, ekonomi dan ekologi.

Berdasarkan data, BUMDes dalam memanfaatkan Dana Desa sendiri masih minim digunakan untuk kegiatan pemberdayaan sumber daya manusia. Kementrian keuangan sangat memprioritaskan Dana Desa dapat tepat sasaran.

Artikel terkait : Program Masa Pensiunan berbasis kewirausahaan GOUKM

Yang menjadi perhatiaan saat ini yaitu mengapa BUMDes memanfaatkan Dana Desa hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Idealnya Dana Desa bisa dikembangankan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

GoUKM Training Center sebagai pusat edukasi kewirausahaan terintegrasi yang memiliki visi meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat mendukung pemerintah dengan memberikan menghadirkan layanan inhouse training program pelatihan pengembangan Badan Usaha Milik Desa.

Bentuk Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan GoUKM Training Center

Bentuk untuk pelatihan pengembangan kewirausahaan Badan Usaha Milik Desa berupa program pelatihan dan program pemberdayaan. Kedua program memiliki fokus kegiatan yang akan diberikan saat pelatihan.

1. Program Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan

Dalam program pelatihan ini GoUKM akan mengedukasi mengenai kewirausahaan dengan kategori hard skill dan soft skill.

Kategori Program Hard Skill

Kategori program hard skill akan fokus dalam mengasah keterampilan dan kemampuan dalam menciptakan sebuah produk. produk bisa berupa kuliner atau non-kuliner. Pelatihan kuliner di GoUKM Training Center meliputi :

Pelatihan Bidang Kuliner

  • Pelatihan membuat Bakso
  • Pelatihan membuat Kue Basah
  • Pelatihan membuat frozen Food
  • Pelatihan membuat makanan ringan

Kemudian Pelatihan Bidang Non Kuliner

  • Pelatihan materi mengenai kemasan produk
  • Pelatihan materi mengenai labeling produk

Kategori Program Soft Skill

Program Soft Skill diberikan setelah memahami cara untuk memiliki keterampilan dan mampu menjadi peluang usaha. Program pelatihan soft skill akan mendukung untuk memulai membuka usaha baru.

Program pelatihan soft skill GoUKM Training Center meliputi :

  • Materi Permodalan
  • Materi Pemasaran Online
  • Materi Untuk Perijinan Usaha

(Dan ada lebih dari 40 program Soft skill dan hardskill)

2. Program Pemberdayaan Pengembangan Kewirausahaan 

Diberikan program pemberdayaan bertujuan agar dapat membantu dalam mengembangkan usaha yang akan dijalani setelah mendapatkan hasil dari program pelatihan pengembangan kewirausahaan Badan Usaha Milik Desa.

Program pemberdayaan untuk pengembangan kewirausahaan meliputi :

  • Building Community
  • Brand Inkubasi
  • Mentoring
  • Digitalisasi
  • Mitra Industri

(Masih ada sekitar 40 Program lebih program pelatihan di GoUKM Training Center)

Diberikannya pelatihan berbasis kewirausahaan bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat dan membantu kesiapan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonominya. Selain itu dapat memanfaatkan peluang untuk membuka usaha baru.

Harapannya dari kedua program yang diberikan untuk pengembangan kewirausahaan BUMDes, lebih dari 30% bisa menjadi pelaku usaha baru dan memiliki kesempatan bersaing di dunia industri.

Informasi dan konsultasi seputar layanan edukasi terintergritas inhouse training kewirausahaan program GoUKM Training Center, Anda bisa menghubungi 0813 8831 9900 (Vira)/ 0812 2060 0100 (Suci) Email : [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here