Pelatihan Inhouse Training Kewirausahaan, Pemberdayaan masyarakat, CSR dan Bimtek

inhouse training kewirausahaan goukm

GoUKM Training Center (GTC) merupakan sebuah lembaga edukasi kewirausahaan terintegrasi hadir memberikan program inhouse training kewirausahaan dan pelatihan usaha vokasi dengan konsep mengintegrasikan pelatihan, pemberdayaan (mentoring/konsultasi inkubasi) hingga sosialisasi.

Inhouse Training menjadi sebuah program untuk pelatihan yang akan diselenggarakan perusahaan, pemerintah, institusi, universitas, sekolah, komunitas, badan usaha milik desa dan lembaga yang membutuhkan pelatihan usaha berbasis kewirausahaan.

Format Program Inhouse Training program Kewirausahaan GOUKM

Bentuk program yang dirancang GoUKM Training Center berupa pelatihan, workshop dan mentoring. Progam–program GoUKM terbagi menjadi 2 kategori yang diantaranya program hardskill dan softskill.

Bentuk Kegiatan Inhouse Training program Kewirausahaan GOUKM

Tujuan dari layanan inhouse training program yaitu tidak hanya untuk memberikan solusi pelatihan kepada pemerintah, kementrian maupun dinas hingga desa juga perusahaan, swasta namun dapat mencapai tujuan diantaranya meliputi program-program berikut

  • Program Pelatihan CSR kewirausahan 
    Program Pelatihan CSR kewirausahan program Kewirausahaan Sebagai program yang membantu perusahaan dalam menjalanakan program CSR yang diberikan untuk kelompok binaan maupun masyarakat umum. Pelaksanaan yang dilakukan dengan memberikan pelatihan yang berkonsep kewirausahaan.program pelatihan CSR pembuatan baksoprogram CSR pelatihan kewirausahaan PT PLN


    Pusat Informasi dan pendaftaran Training Kewirausahaan
    GoUKM Training Center
    PT. Eventama Solusi Kreatif
    Pendaftaran dan Informasi, Hubungi 
    WhatsApp/Call  – 081288977785 (Defi) 089513593945 (July) 
    EMail  [ goukmid@gmail.com ]


  • Program Pelatihan Badan Usaha Milik Desa Desa
    Program Pelatihan Badan Usaha Milik Desa Desa merupakan program untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Desa dengan memanfaatkan dana desa untuk membuat program pelatihan yang bisa menghasilkan usaha baru.
  • Program Pelatihan Masa Pensiun berbasis kewirausahaan.
    Program Pelatihan kewirausahaan Masa Pensiun diberikan kepada pegawai yang akan menghadapi masa pensiun. Pelatihan masa pensiun tidak hanya berupa pembekalan spiritual, namun juga diberikan pelatihan untuk membuka sebuah usaha agar menjalani masa pensiun dengan lebih produktif.
  • Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan berwirausaha
    Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan berwirausaha Beberapa kali GoUKM mendapatkan klien guna memberdayakan perempuan bisa lebih mandiri dan dapat membantu perekonomian keluarga. Dengan melahirkan sebuah produk dan membentuk sebuah kelompok wanita agar selanjutnya masih bisa dimentoring.
  • Program Pengolahan Hasil Potensi Lokal untuk meningkatkan ekonomi sektoral.
    Progam pelatihan pengolahan hasil lokal diberikan untuk masyarakat supaya bisa memanfaatkan dan mengembangkan hasil lokal yang berpotensi menjadi produk unggulan.
  • Program Pengembangan Komunitas berbasis kewirausahaan.
    Program Pengembangan Komunitas berbasis kewirausahaan Konsep untuk program ini diberikan kepada komunitas yang dibawahi perusahaan atau komunitas mandiri yang menginginkan perubahan atau perkembangan dalam konteks kewirausahaan.
  • Program pelatihan Bimbingan Teknis Wirausaha Baru
    Dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam bidang usaha.
  • Pemberdayaan Umat berbasis kewirausahaan

Portofolio Program Inhouse Training GoUKM Training Center
Selama satu tahun berjalan, GOUKM Training Center telah memiliki klien yang sudah mempercayakan baik pelatihan kewirausahaan untuk program CSR, pelatihan kewirausahaan Pra pensiun, pelatihan kewirausahaan untuk pemberdayaan perempuan, pelatihan pemberdayaan komunitas,

  • Pengembangan Kewirausahaan untuk mahasiswa Universitas Indonesia, yellow Boothcamp Jakarta-Depok
  • Pelatihan komunitas BFI Jakarta
  • Program Pelatihan dan pengembangan Wirausaha untuk memberdayakan Ex-PMI Purna BP3TKI Jakarta.
  • Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Program Pelatihan Olahan Kopi Kementrian Perindustrian RI.
  • Program CSR Pertamina Gheotermal Energy Lampung, Kelompok Binaan Wanita Tani Dahlia.
  • Program Pelatihan Pengembangan Usaha dan Potensi Lokal di Kab.Kaimana, Papua Barat. Dengan Pelatihan Pengolahan Aneka Kue dan Roti berbahan dasar Pisang.
  • Progam CSR Pelatihan Usaha PT. PLN Jakarta dan Jawa Barat.
  • Program Pemberdayaan Perempuan oleh Vena Energy di Minahasa Utara (Sekaligus menjadi pilot projek layanan edukasi terintegrasi)
  • Program Pelatihan usaha Frozen Food dan hand Craft BNN
  • Program Pelatihan kewirausahaan Program CSR PLN Depok
  • Training persiapan pensiunan berbasis Kewirausahaan Bakrie
  • Program Pelatihan Olahan sabun CIMB Niaga
  • Program Pelatihan Dimsum dan Minuman Kekinian Jasa Raharja
  • Program pelatihan persiapan pensiun usaha kuliner Mitsubisi
  • Program pelatihan persiapan pensiun usaha kuliner BRI Life
  • Program Pelatihan Aneka Olahan Ikan BNN
  • Program Pelatihan Coffee Brewing dan Digital Marketing Badan Penghubung Sumatra Utara
  • Program Pelatihan Aneka Kuliner masa persiapan pensiun Kementrian Pertahanan

Konsep Pelatihan Program Inhosue Training

  • Materi bersifat Praktis dan mudah diterima oleh audiance
  • Trainer Berlatar belakang pengusaha
  • Pendekatan Berbasis teknologi dan kreativitas

Konsep Pemberdayaan Program Inhouse Training

  • Building Community merupakan konsep untuk membentuk sebuah kelompok usaha baru
  • Mentoring konsep ini dilakukan agar mengetahui sejauh mana kelompok usaha tersebut berkembang.
  • Brand Inkubasi menjadi konsep yang menjaga kelompok usaha yang sudah dibentuk agar bisa berkembang dan bertahan ditengah persaingan usaha yang ketat.
  • Digitalisasi sebagai bentuk konsep pemberdayaan agar masyarakat mengerti tentang pentingnya digitalisasi di era sekarang.
  • Mitra Industri menjadi konsep untuk membantu pelaku usaha dalam mencari kerja sama dengan pelaku industri lain.

Goals Dari Inhouse Training Program

Goals dari yang dikerjakan oleh tim GoUKM sebesar 30% peserta menjadi wirausaha baru. Kemudian hadirnya kelompok usaha yang produktif yang siap bersaing dan menjadi wadah untuk anggota lain yang ingin berwirausaha. Selanjutnya untuk meningkatkan hasil ekonomi dan nilai usaha.

Kategori Program Pelatihan Hardskill & Soft Skill

Program Pelatihan Khusus Kuliner dan Non-kuliner

Progam ini menghadirkan kursus pelatihan yang berbasis makanan. Untuk jenis program ini GoUKM Training Center memberikan pelatihan makanan yang menjadi tren usaha yang banyak diminati oleh masyarakat.

Setelah itu GoUKM juga memberikan pelatihan kursus non-food sebagai bentuk pengembangan tindak lanjut dari produk makanan yang di produksi. Sehingga produk yang diproduksi dapat diterima oleh masyarakat.

Berikut beberapa inhouse training program pelatihan kuliner :

Pelatihan Usaha Pempek
pelatihan yang diberikan adalah cara membuat pempek (lenjer, kulit, adaan, kapal selam) dan juga cara membuat cuko khas palembang.

Pelatihan Usaha Mie Ayam
dalam pelatihan usaha mie ayam ini anda akan belajar cara membuat mie, toping, sambal dan tips trik dalam wirausaha mie ayam.

Pelatihan dimsum
Pelatihan yang diberikan adalah cara membuat Dimsum Hakau, Dimsum Shumai, , Dimsum Lumpia Udang, Dimsum Angsio Ceker Ayam, Dimsum Kekkian, dan juga Saus Dimsum.

Pelatihan Rice Bowl
Pada pelatihan rice bowl ini metode belajar dengan cara demo dan praktek, anda akan diajarkan cara membuat rice bowl dan juga toppingnya yaitu membuat chicken katsu, chicken teriyaki dan prawn tempura

Pelatihan Bolu Gulung
pelatihan yang diberikan adalah cara membuat Vanila keju gondrong roll cake, oreo roll cake, peanut roll cake serta beberapa tips dan trik dalam usaha roll cake

Pelatihan Minuman Kekinian
Pelatihan yang diberikan adalah cara membuat boba, brown sugar milk, greentea milk boba, dan lemon water/ Infus water

Pelatihan Frozen Food Hokben
Pelatihan yang diberikan adalah cara membuat Chicken Cheese Nugget, CHicken egg roll, ekkado, dan chicken katsu.

Pelatihan Membuat Kue Basah
Pelatihan yang diberikan adalah cara membuat kue basah, seperti cara membuat rainbow cake, kue lumpur, dan kue basah lainnya.

Pelatihan Membuat Keripik
Pelatihan mengenai pembuatan keripik, pengenalan mesin untuk produksi dan juga pengemasan keripik.

Pelatihan Membuat Bakso
Dalam pelatihan ini Anda akan belajar membuat bakso dan juga cara membuat kuah bakso yang gurih. Pelatihan membuat bakso akan dimentori oleh trainer yang juga seorang pengusaha bakso.

Pelatihan Membuat Frozen Food
Dalam pelatihan ini anda akan belajar membuat makanan beku yaitu otak – otak, fishroll, dan bakso ikan. Metode dalam belajar yaitu demo dan praktik.

Pelatihan Membuat Cupcake
Cupcake menjadi pilihan sebagai pelatihan yang akan diberikan untuk peserta. Pelatihan diberikan dengan materi dan praktik cara membuat cupcake dan menghias nya.

Pelatihan Coffee Brewing / Barista
Dalam pelatihan coffee brewing anda akan belajar seputar dunia coffee, dan praktek berbagai teknik penyeduhan coffe seperti Moka pot, V60 Dripper, Coffe Syphone, aeropress dan banyak lagi.

Non-kuliner

Pelatihan Kemasan

Dalam pelatihan ini peserta diberikan materi tentang kemasan seperti jenis-jenis kemasan yang cocok digunakan untuk produk. Pelatihan ini diberikan agar produk yang sudah dihasilkan langsung memiliki brand dan bisa di klaim sebagai produk Anda.

Workshop kerajinan Tangan (Craft)
di workshop Ini anda akan belajar membuat berbagai kerajinan tangan berbahan dasar kulit diantaranya adalah dompet/pouch

Progam Pelatihan Softskill

Setelah menguasai dalam memproduksi sebuah produk. Anda memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana cara untuk menjual atau memasarkan produk. Hal tersebut masuk ke dalam kategori program pelatihan soft skill.

Berikut progam pelatihan soft skill :
Pemasaran online / Digital Marketing
Untuk bisa bertahan di dunia bisnis saat ini dan mengembangkan usaha dengan memberdayakan teknologi digital.

Perijinan usaha
Untuk mengembangkan usaha menjadi besar dan produknya terjamin tentu harus memiliki ijin usaha. Disini GoUKM akan memberikan materi mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan perijinan usaha.

(Dan masih ada total 41 Program pelatihan yang sudah dilaksanakan GOUKM Training Center)

Pusat Informasi dan pendaftaran Training Kewirausahaan
GoUKM Training Center
PT. Eventama Solusi Kreatif
Pendaftaran dan Informasi, Hubungi 
WhatsApp/Call  – 081288977785 (Defi) 089513593945 (July) 
EMail  [ goukmid@gmail.com ]