Platform Investasi Online, Tempat Jual Beli Emas Online Hingga Saham Perusahaan

investasi online

Bagaimana respons Anda bila diajak oleh seseorang untuk investasi online ? Banyak di antara Anda pasti tidak akan mau karena tidak ada bentuk fisik investasinya sehingga sangat berisiko. Memang benar tingkat risikonya tinggi, tapi itu kalau Anda tidak bisa memilah-milih mana investasi yang terpercaya mana yang bodong. Saat ini sudah cukup banyak startup fintech yang menawarkan jual beli emas dan saham online investasi terpecaya melalui platform yang mereka dirikan.

Investasi Online Emas Antam

jual beli emas online

Emas merupakan salah satu alat investasi yang sering dipilih sebab mekanismenya sangat mudah. Inilah beberapa website yang menyediakan investasi emas antam online.

Orori

Bertahun-tahun sudah berkecimpung di dunia perhiasan, perusahaan ORORI Indonesia mulai merambah e-commerce di tahun 2014 dengan didirikannya situs www.orori.com. Di portal ini, tidak hanya melayani pembelian emas perhiasan saja, namun juga menyediakan logam mulia, emas batangan Antam dan PAMP, Serta batu permata bersertifikat GIA untuk pembeli yang ingin berinvestasi. Selain itu, layanan titip emas, gadai dan jual emas juga tersedia di situsnya.

Baca Juga: Cek harga emas antam hari ini

Indo Gold

IndoGold.com adalah perusahaan yang bergerak di ranah trading emas logam mulia yang bersertifikat PT Antam. Saat ini situs ini melayani jual beli berbagai macam emas logam dan menyediakan layanan tabungan emas, cicilan, Gadai Emas, dan Market Trade untuk member indoGold. Pada layanan tabungan emas member dapat membeli dan menjual Barang hingga berat terkecil 0.001 gram. Dengan layanan cicilan member dapat mengikat harga pembelian atas barang yang diinginkan. Untuk gadai emas, member bisa menggunakan layanan pinjaman dengan agunan emas yang akan dikenakan biaya titip atas layanan ini. Sedangkan market Trade adalah forum jual beli untuk para member agar dapat saling melakukan transaksi.

BukaEmas (Bukalapak)

Setelah sukses membangun marketplace, Bukalapak melebarkan sayapnya dengan memperkenalkan produk terbaru yaitu BukaEmas dan BukaReksa. Dengan fitur BukaEmas, para nasabah bisa bertransaksi produk emas dengan mudah dan aman melalui BukaDompet. Produk emas yang ditawarkan oleh BukaEmas bersertifikat international dan resmi dari PT ANTAM yang sudah tersertifikasi LBMA. Untuk sini pembelian emas pembeli bisa mencicil dengan batas minimum pembelian 0.005 gram. Bila saldo emas sudah mencapai 0.5 gram, maka pembeli bisa mendapatkan kepingan emas beserta sertifikatnya.

Baca juga : Inilah Jenis Investasi yang Bagus untuk Investor Pemula

Investasi Online Reksa Dana

Reksa dana adalah produk investasi pasar modal yang paling mudah dilakukan dan berpotensi memberi keuntungan yang lumayan dalam jangka waktu panjang. Keuntungannya bisa mencapai rata-rata 20% dalam setahun. Ini tentu saja lebih tinggi dibandingkan tabungan deposito yang di bawah 5%. Berikut ini adalah daftar website menyediakan reksa dana online yang bisa jadi tempat Anda melakukan transaksi jual-beli alat investasi ini.

Bareksa

Bareksa adalah marketplace reksa dana online pertama di Tanah Air di bawah naungan PT Bareksa Portal Investasi berdiri sejak Februari 2013. Portal ini menyediakan layanan untuk melakukan jual beli reksa dana secara online, selain itu memberikan layanan data market dan alat investasi reksa dana, saham dan obligasi, serta berita dan analisis untuk investor.

BukaReksa (Bukalapak)

Produk investasi lainnya dari Bukalapak adalah BukaReksa. Produk ini merupakan layanan investasi reksadana untuk para pengguna yang terdaftar di situsnya. Untuk berinvestasi di BukaReksa Anda bisa memulainya dengan dana minimal Rp 10.000.  Banyak kelebihan yang bisa dilakukan pengguna Bukalapak dengan menggunakan fitur ini, salah satunya pengguna Bukalapak bisa mendapatkan return yang lebih tinggi dari tabungan konvensional di bank dengan dana minimum yang sangat kecil.

Indo Premier (IPOTFUND)

Website insetasi reksadana lainnya adalah IPOTFUND yang merupakan situs investasi di bawah naungan PT Indo Premier Sekuritas. Di situsnya, Indo premier mengklaim platformnya merupakan supermarket reksadana online pertama di Indonesia yang menaearkan ragam reksadana terlengkap dengan 29 Manajer Investasi (MI) ternama di Indonesia, lebih dari 166 produk reksadana baik pasar uang, pendapatan tetap, campuran maupun saham.

Klikmami

Investasi reksadana online ini adalah salah satu layanan yang diberikan Bank Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). MAMI menawarkan 20 produk reksa dana yang terdiri dari reksa dana saham (termasuk saham syariah), pendapatan tetap, campuran dan pasar uang. Seluruh rangkaian produk Reksa Dana Manulife dikelola oleh tim pengelola investasi yang secara rata-rata memiliki pengalaman selama 12 tahun.

Investasi di platform P2P Lending

Peer-to-peer lending atau P2P lending adalah platfrom investasi di mana uang yang diinvestasikan dipinjamkan untuk orang lain yang membutuhkan. Pada umumnya dana ini digunakan untuk kebutuhan usaha, pendidikan, atau kesehatan. P2P lending adalah salah satu solusi bagi Anda yang ingin berinvestasi dari nominal yang kecil, dengan modal Rp 100 ribu. Setiap investasi tentu saja memiliki risiko yang dan aturannya masing-masing. Untuk mengetahuinya ini lah perusahaan rintisan yang menawarkan layanan investasi dengan metode P2P lending.

Baca juga : 4 Fintech di Indonesia Solusi untuk Mendapatkan Modal Usaha

KoinWorks

Koin Works merupakan website peminjaman modal yang menghubungkan antara peminjam modal dan investor. Semenjak resmi diawasi dan terdaftar oleh OJK, startup peminjaman modal ini kian berhasil merangkul 10 ribu investor. Melalui KoinWorks, investor bisa menaruh modal dengan sangat mudah, mulai dari Rp 100 ribu. Proses investasinya pun bisa dilakukan via online dan investor bisa memilih sendiri peminjam (borrower) yang ingin didanai. Selain memfasilitasi peminjaman modal, KoinWorks juga menerima peminjaman untuk biaya pendidikan.

Crowdo

Website investasi selanjutnya adalah Crowdo, merupakan perusahaan crowfunding yang sudah tersebar di beberapa negara di Asia, seperti Singapura, Malaysia, dan baru hadir di Indonesia pada 2015 silam. Tujuan utama dari Crowdo adalah untuk membantu peminjam mendapatkan modal kerja dalam berbisnis, sehingga dapat berpartisipasi dalam menciptakan ekosistem fintech yang sehat di Indonesia. Untuk saat ini investor yang sudah bergabung dengan crowdo tercatat sudah melebihi 31 ribu anggota yang sudah berhasil mendanai lebih dari 3 ribu proyek di Indonesia.

Amartha

Amartha sudah berdiri sejak 2010 dan kini telah terdaftar sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi oleh OJK. Saat ini Amartha mengklaim telah berhasil menyalurkan dana ke lebih dari 38.216 pengusaha mikro di Tanah Air dengan total pembiayaan yang telah disalurkan sebesar Rp 100 Miliiar.

Investree

Investree mengklaim telah memfasilitasi 629 pinjaman dengan total Rp 160 miliar. Dengan berinvestasi di Investree, investor akan mendapatkan pengalaman berinvestasi return tinggi sebesar 14-20% dengan modal Rp 1 juta dalam kurun waktu 1 tahun.

Modalku

Modalku menyediakan layanan pinjam dengan metode peer to peer (P2P) lending yang memiliki tujuan mulia ingin mendukung pertumbuhan UKM. Dalam rangka mewujudkannya modalku juga bekerja sama dengan marketplace besar seperti Tokopedia dengan menjadi penyedia modal bagi mitra usaha atau seller Tokopedia.

Di sini peminjam atau investor dapat memilih pinjaman mana yang ingin di danai berdasarkan informasi yang disediakan situs Modalku mengenai peminjam, jenis usaha, jumlah pinjaman yang dibutuhkan serta suku bunga pinjaman. Setiap pemberi pinjaman minimal memasukkan 1 juta rupiah ke dalam setiap proyek UKM yang ingin di danai. Melalui skema ini, pemberian pinjaman mendapatkan pengembalian dari bunga kurang lebih sebesar 12-18%.

Gandeng Tangan

Platform investasi online lainnya adalah GandengTangan. Layanan crowdlending ini memberikan kesempatan bagi para investor untuk membantu mengembangkan bisnis pelaku UKM. Di sini para investor akan mendapatkan imbal hasil yang sesuai dengan pertumbuhan usaha mikro dan kecil yang mereka danai. GandengTangan mengklaim telah mengumpulkan kurang lebih 700 pemberi pinjaman dan membantu pendanaan 20an bisnis dengan menciptakan dampak sosial bagi lebih dari 3500 orang.

iGrow

iGrow merupakan layanan pinjam dengan metode P2P lending yang fokus terjun dalam bidang agribisnis. Melalui layanan ini investor memungkinkan untuk “bertani” tanpa harus memiliki lahan dan kemampuan bercocok tanam. Mereka dapat memilih tanaman dan lahan yang bisa dijadikan investasi mulai dari kurma hingga tanaman durian. Lahan digarap oleh petani yang dibiayai dan ketika panen bisa langsung dijual. Dan hasil penjualan tersebut akan dibagi dengan persentase 40 % untuk pengguna layanan, 40% untuk rekanan pengelola kebun dan 20% untuk iGrow. Selain iGrow, masih banyak situs investasi dengan sistem p2p lending di bidang agribisnis, contohnya seperti iwak.me, Growpal, Eragano dan lainnya.

Investasi dan Trading Saham Online

Untuk investasi saham pada umumnya tidak ada perusahaan yang menyediakan layanan trading secara langsung di website. Jadi Anda harus mengunduh aplikasi untuk trading saham yang disediakan perusahaan sekuritas pilihan Anda. Setiap aplikasi saham selalu berbasis online karena pembeli saham perlu tahu kondisi pasar yang realtime. Berikut adalah beberapa sistem investasi saham yang disediakan oleh perusahaan sekuritas.

Baca Juga : Mau Investasi Rumah? Ini Cara Mengajukan KPR 

Zaisan BNI Sekuritas

Zaisan adalah platform online trading yang berbasis web dari BNI Sekuritas dan dilengkapi oleh berbagai fitur yang bermanfaat bagi online trading pengguna. Fasilitas transaksi saham online Zaisan diciptakan khusus bagi nasabah yang memiliki orientasi transaksi saham secara mandiri tanpa bantuan perantara sales. Fasilitas layanan online ini pertama kali di luncurkan pada 2014. Dengan menggunakan Zaisan, Anda dapat berinvestasi saham dengan minimum deposit Rp 1 juta saja.

Trimegah Investment

Trimegah adalah sistem trading saham yang dihadirkan oleh PT. Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Perusahaan tersebut merancang aplikasi trading saham Trima, untuk investor dapat melakukan pembelian dan penjualan produk-produk pasar modal secara real time seperti saham dan reksa dana melalui satu aplikasi.

Indo Premier IPOT Stock

IPOT adalah sistem trading saham online milik PT Indo Premier Sekuritas. Tidak hanya saham saja, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya IPOT juga dapat digunakan untuk bertransaksi reksa dana. Cara investasinya sangat mudah, Anda cukup mengunduh aplikasi IPOT, kemudian transaksi saham ataupun reksa dana bisa dilakukan di mana pun Anda berada.

Samuel Trading

PT Samuel Sekuritas Indonesia menghadirkan aplikasi Samuel Trading Active Realtime (STAR). Layanan trading saham yang sebelumnya bernama e-Samuel Online Trading ini memiliki kelebihan dari sisi fitur antara lain real time market info, real time order status, portfolio & costumer statement, charts, dan fasilitas order alert dan done alert melalui SMS atau email. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan investor baik perorangan maupun trader yang secara aktif melakukan transaksi secara online.

First Asia Smart Trading (FAST) FAC Sekuritas

First Asia Smart Tranding adalah sistem perdagangan saham yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi jual beli saham secara mandiri yang terintegrasi dan real time. Untuk melakukan transaksi tersebut nasabah bisa menggunakan aplikasi FAST yang merupakan produk dari FAC Sekuritas melalui beberapa platform, yaitu FAST App, FAST Web, dan Fast Mobile.

LEAVE A REPLY