Harga Emas Antam Hari Ini & Melihat Peluang Investasi Emas dan Cara Membeli Emas Antam

Mencari informasi Harga Emas Antam Hari Ini. Ini adalah harga emas antam hari ini kami tampilkan dalam widget di bawah berikut ini. Informasi harga emas antam berikut ini merupakan realtime atau harga terbaru.


Logam mulia atau emas nayatanya banyak diminati masyarakat untuk dijadikan investasi jangka panjang. Maka tidak heran saat harga emas turun banyak masyarakat yang berbondong-bondong mengincar emas batangan maupun perhiasan dan menyimpannya sebagai bentuk investasi. Apa sih yang perlu diketahui saat memilih berinvestasi emas? Selain kualitas emas, kita pun juga perlu memperbaruhi informasi tentang harga emas. Meskipun harga jual emas belakangan ini lebih cenderung turun, namun tidak membuktikan bahwa investasi dengan menggunakan emas bukan langkah yang tepat.

Dikutip dari liputan6.com hal ini karena secara historical harga emas masih cukup tinggi. Ini bisa dibuktikan pada tahun 2001 emas pernah dijual dengan harga US$250 per ounce. Sebaliknya pada September 2011, harga logam mulia favorit dunia ini melambung hingga US$ 1.900 per oumnce. Meskipun naik turun, namun harganya tetap stabil. Maka dari itu, emas masih pantas dijadikan investasi jangka panjang.

Trik dan strategi investasinya juga beragam, ada dengan kredit emas di bank, menggunakan teknik berkebun emas, dan ada pula yang masih menggunakan cara konvensional, yaitu dengan menimbun logam mulia, emas batangan maupun perhiasan dan menjualnya saat harga emas naik. Cara terakhir ini sudah dikenal cukup lama dan terkesan lebih aman dari cara investasi emas yang lain. Mengapa? Nah, untuk mengetahuinya berikut ini penjelasan cara investasi emas yang paling umum dipilih masyarakat.

Investasi emas dengan cara tradisional

Cara ini adalah cara sederhana, mudah dan cukup aman dilakukan, yaitu dengan membeli emas pada saat harga turun dan dijual kembali saat harga emas tinggi. Penurunan harga emas biasanya berbanding terbalik dengan kenaikan dollar Amerika. Jadi saat priode dolar amerika melemah ini lah saat yang tepat untuk Anda menimbun emas baik batangan maupun perhiasan. Tapi Anda perlu menunggu satu sampai dua tahun sampai harga emas naik. Pasti sangat mudah dimengerti bukan? Bila belum berikut GoUKM akan berikan simulasi investasi dengan cara tradisional.

Simulasi investasi emas tradisonal

Misalkan Rojak memiliki modal Rp 14.000.000, dan pada saat ini harga beli emas adalah Rp 587.000 per 1 gramnya. Maka dengan modal 14 juta, Rojak bisa membeli 25 gram emas logam Antam. Setelah 3 tahun kemudian harga naik 30% berarti harga emas adalah 763.100 per gramnya. Maka total yang kita dapatkan dari menjual emas tersebut adalah Rp 19.077.500.

Investasi Cicilan Emas di Bank

Kini bank sudah menyediakan layanan perbankan untuk nasabah yang ingin mencicil emas. Jadi untuk nasabah yang ingin investasi emas tapi tidak mempunyai dana program ini dapat membantu. Tak hanya itu, layanan cicilan kredit emas ini juga dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan emas yang sudah dibeli.

Simulasi pembiayaan kredit emas:

Rojak ingin mengajukan pendanaan kredit emas dengan nilai taksiran sebesar Rp 27.450.000 yang akan dicicilnya dengan jangka waktu 24 bulan atau 2 tahun. Jadi berapa jumlah cicilan yang harus diangsur oleh Rojak perbualannya? Berdasarkan kalkulator pembiayaan Bank BNI, rinciannya adalah sebagai berikut;

– Uang muka sebesar Rp 5.490.000.

– Nilai pembiayaan yang perlu dilunasi sebanyak Rp 21.960.000.

– Total Pembiayaan Rp 25.429.680.

Angsuran per bulan sebesar Rp 1.059.570.

– Minimal pendapatan debitur minimal harus sebesar Rp 2.648.925.

Nah, jadi sudah ada bayangan untuk masalah cicilan emas? Bila Anda tertarik, silahkan ajukan kredit ini ke bank atau lembaga pinjaman seperti Penggadaian. Tapi pastikan Anda sudah memenuhi persyaratan berikut.

– Berstatus sebagai pegawai aktif/ professional/ pengusaha dan lainnya

– Pemohon minimal berusia 21 tahun, pada saat pembiayaan lunas berusia maksimum 55 tahun untuk pegawai, 60 tahun untuk kalangan professional dan pengusaha

– Mempunyai penghasilan tetap dan kemampuan mengangsur.

Bila Anda memenuhi persyaratan di atas, silahkan mengajukan permohonan pendanaan dengan mendatangi langsung kantor lembaga terkait dan membawa dokumen pendukung seperti form premohonan pembiayaan, fotocopy KTP, fotocopy NPWP, dan fotocopy Kartu Identitas Pegawai.

Investasi Emas di Penggadaian

Pegadaian adalah peusahaan BUMN di sektor keuangan yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa. Pada sektor emas, pegadaian memberikan layanan ivestasi emas yaitu dengan memberikan fasilitas menitip, mencicil tabungan emas, gadai emas dan arisan emas.

emas pegadaian
Ilustrasi proses Konsinyasi Emas

Menitip dan Menjual Emas (Konsinyasi Emas)

Konsinyasi emas adalah layanan titipan jual emas batangan di Pegadaian sehingga Nasabah bisa lebih aman menyimpan emas yang mereka beli di Pegadaian dengan biaya yang murah. Kelebihan lain menitip emas di Pegadaian, adalah emas Anda akan diasuransikan, jadi tidak perlu khawatir emas akan hilang atau rusak. Untuk biaya jasa penitipan emas di Pegadaian Anda hanya cukup membayar Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Jadi, bila Anda menitipkan emas seberat 2 kilogram Rp 400.000.

Lalu bagaimana proses penjualannya?

Emas yang Nabah beli di Pegadaian dapat langsung dikonsinyasikan di pengadilan. Jika emas yang dikonsinyasikan terjual, maka nasabah akan mendapatkan pembagian hasil penjualan, namun bila tidak nasabah tidak akan rugi karena emas yang dimiliki mendapatkan tempat penitipan secara gratis yang diasuransikan sebagai jaminan keamanan selama penitipan. Emas yang dikonsinyasi bisa terjual hanya 1x per akad. Setiap akad berlaku 3 bulan. Setelah itu pembayaran bagi hasil penjualan akan diberikan setelah emas pengganti diterima.

Bila Anda berminat, kunjungi cabang pegadaian di sekitar ANda dengan membaywa fotocopy identitas diri (KTP/SIM/Passport) yang masih berlaku, kuitansi pembelian emas atau Berita Acara Serah Terima Emas yang dibeli di Pegadaian, dan mengisi dokumen pengajuan konsinyasi dengan Materai 6000 (sebanyak 2 lembar).

Mencicil Emas

Selain membeli Anda pun juga bisa menyicil emas di pegadaian dengan layanan Mulia. Layanan ini diperuntukan bagi masyarakat untuk membeli emas batangan secara tunai ataupun angsuran dengan proses yang mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Ada 3 jenis pembiayaan logam mulia pada layanan ini yaitu Umum, Angsuran, Kolektif dan Arisan.

– Untuk program Umum, logam mulia yang diberikan adalah cap Antam atau Pegadaian dengan jangka waktu 3-36 bulan. Uang muka yang harus dibayarkan sebesar 15% dengan biaya administrasi Rp 50.000.

– Pembiayaan kolektif, setiap anggota bebas memilih logam mulia Antam atau Pegadaian, bebas memilih jangka waktu angsuran 3-36 bulan (minimal 6 oarang). Uang muka yang harus dibayarkan sebesar 10% dengan biaya admin sebesar Rp 50.000 per anggota.

– Pembiayaan arisan, logam mulia yang bisa dipilih cap Antam atau Pegadaian jangka waktu bisa ditetapkan oleh anggoota minimal 6 orang dan maksimal 36 orang. Uang muka yang harusdibayarkan sebesar 10% dan 15%. Persyaratan pengambilan logam mulia, yaitu satu keping per bulan, untuk UM 10% dimulai setelah angsuran ke-2, untuk UM 15% dimulai setelah angsuran ke-1. Biaya admin yang dikenakan sebesar Rp 50.000

– Pembiayaan cicilan, uang muka yang dikenakan pertama sebesar 20-30 persen dari nilai emas. Untuk janga waktu cicilan antara 1 bulan hingga 36 bulan, selain itu nasabah juga bisa menentukan jumlah cicilan perbulannya. Untuk jenis pendanaan emas umum kolektif dan cicilan, logam mulia bisa diterima 1-2 minggu setelah cicilan lunas.

Tabungan Emas

Tabungan emas adalah layanan yang diusung oleh Pegadaian untuk pembelian emas menggunakan fasilitas titipan dengan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Konsep tabungan emas ini adalah membeli emas yang dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram atau sebesar Rp 5.440.  emas yang dibeli juga bisa dititipkan di Pegadaian dan bisa dicaitkan sehingga sama seperti mengambil tabungan. Untuk harga emas di tabungan emas disesuaikan dengan harga ketika transasksi dilakukan kali pertama. Begitu pula bila Anda ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan saat itu.

Prosedur tabungan emas:

– Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang pegadaian hanya dnegan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/SIM/Passpor) yang masih berlaku.

– Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000.

– Proses pembelian emas dapat dilakukan dnegan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp 5.440 (Sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan harga emas pergramnya)

– Apabila membuktikan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp 517.000.

– Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keeping dnegan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

– Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram

– Transasksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Investasi Emas di BRANKAS LM PT Antam

Bagi yang tidak tahu apa itu Brankas, adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas yang ditawarkan oleh Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia. UBPP Logam Mulia ini adalah salah satu unit bisnis dari PT Antam (persero) Tbk. Seperti yang kita ketahui bersama, perusahaan BUMN tersebut adalah satu-satunya yang memproduksi emas di Indonesia. Brankas memiliiki tujuan utnuk mengedukasi public tentang perencanaan emas jangka panjang dengan menawarkan keamanan, tata kelola yang baik, serta menawarkan emas yang bersertifikat LBMA dnegan kemurnian 99,99%. Bagi Anda yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Brankas berikut ini tata cara dan prosedurnya.

– Calon anggota terlebih dahulu harus melakukan registrasi yang dapat dilakukan di Kantor Logam Mulia Pulogadung atau Butik Emas yang tersebar di Indonesia, dengan membawa kartu identitas diri dan kartu NPWP (jika ada) serta mengisi formulir pendaftaran.

– Calon angota perlu memilih layanan Brankas apa yang ingin dipilih. Layanan yang dimaksud terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Individu Gold, Individu Platinum dan Individu Diamond. Di mana biaya yang dikenakan dan coverage jaminannya berbeda.

Individu Gold Individu Platinum Individu Diamond
Biaya tahunan Rp 300.000 Rp 500.000 Rp 1.500.000
Cover Jaminan s.d. 500 gram s.d. 1000 gram s.d. 2.500.000 gram
Minimal Masa Titip 3 bulan 3 bulan 3 bulan
Minimal Pembelian 1 gram 1 gram 1 gram
Saldo Minimal 1 gram 1 gram 10 gram

– Calon Anggota menyetujui Syarat dan Ketentuan keanggotan Brangkas LM yang berlaku dengan menandatangani formulir.

– Setelah selesai proses registrasi, pelanggan akan diminta saldo minimal.

– Kemudian anggota diberikan User Name Brankas LM dan Kode Aktivasi untuk proses aktivasi account Anggota pada website Brankasls.com.

– Selanjutnya, anggota bisa login ke laman tersebut untuk melihat saldo, melakukan pembelian, melakukan penjualan, order untuk penarikan fisik, serta apabila diinginkan Angota dapat menghitung serta membayar zakat emas secara online.

Cara Pembelian Emas di Brankas LM

Untuk pembelian emas di Brankas LM selain datang sendiri ke Kantor Logam Mulia Pulo Gadung atau Butik Emas, Anggota juga bisa melakukan pembelian emas online pada laman brankaslm.com dengan cara sebagai berikut.

– Silahkan login menggunakan user ID dan password  yang diberikan oleh Pihak Logam Mulia. lalu masuk ke menu pembelian, dan masukan Sumber dana dan tujuan transaksi, pilih besaran yang akan dibeli lalu pilih metode pembayaran.

– Metode pembayaran yang bisa melalui transasksi online, sperti transfer Mandiri dana kun Virtual Bank Permata. Namun jika Anggota memilih unruk melakukan metode pembayaran secara tunai, debit atau pun kartu kredit dipersilahkan mengunjungi Kantor Logam Mulia Pulogadung atau Butik Emas Terdekat.

– Setelah pembayaran berhasil dilakukan, maka secara otomatis saldo pembelian emas sudah bertambah.

Pembelian melalui di Butik Emas Antam

Seperti yang sudah dijelaskan, pembelian juga bisa dilakukan di kantor Butik Emas Antam. Proses pembeliannya pun sama-sama mudah seperti membelinya melalui online. Anda cukup mendatangi cabang Butik Emas Antam terdekat dengan membawa kartu identitas diri dan NPWP (jika punya). Setelah diminta identitas diri, Anda diminta untuk menentukan berapa gram emas yang akan dibeli. Kemudian akan dijelaskan mengenai biaya serta pembayarannya.

Untuk metode pembayaran di Butik Emas, pembeli bisa menggunakan kartu debit maupun kredit selain itu disediakan juga layanan mobil ATM bagi yang memilih cara pembayaran antar rekening. Setelah melakukan pembayaran, pembeli melakukan validasi. Lalu Anda akan di berikan receipt untuk pengambilan emas. Setelah itu, receipt diserahkan ke loket untuk mengambil emas yang Anda beli. Jika emas sudah ditangan, pastikan jumlah gram yang ada beli tertulis di logam mulia.

Penjualan Kembali Emas Antam (Buyback)

Selain membelinya secara online, pelanggan yang sudah terdaftar menjadi Anggota Brankas LM, juga bisa melakukan penjualan kembali atau yang disebut dengan Buyback. Sama seperti pembelian emas online, penjualannya pun juga bisa dilakukan melalui laman brankaslm.com caranya ialah:

– Pelanggan diminta login terlebih dahulu pada brankaslm.com dengan user ID dan password miliknya.

– Pilih menu Transaksi, lalu pilih Buyback

– Setelah itu pilih nomor rekening saldo emas Anggota dan masukkan jumlah yang akan di jual. Kemudian klik “Lanjut”.

– Setelah memeriksa detail transasksi, Anggota akan diminta untuk memasukan nomor Token sebagai verifikasi transasksi. Nomor token akan dikirimkan secara otomatis ke alamat email dan nomor handphone Anggota yang terdaftar.

– Apabila transasksi berhasil, maka notifikasi buyback akan dimunculkan oleh system. Hasil transasksi buyback akan ditransfer kepada rekening bank milik Anggota yang melakukan penjualan pada saat didaftarkan paling lambat 3 hari kerja setelah transasksi dilaksanakan. Jadi simpanlah bukti transaksi tersebut sebagai referensi.

– Dan apabila pada proses tersebut Anggota ingin mengubah nomor rekening bank, maka harus memberitahukan Custemer Service BrankasLM untuk update data. Proses update biasanya dapat berlaku valid setelah 5 hari kerja.

Gadai Emas untuk Modal Usaha

Salah satu cara agar investasi emas lainnya adalah dengan menggadaikan emas untuk mendapatkan modal usaha. Cukup banyak para pengusaha yang menggunakan metode ini untuk memperoleh pendanaan. Namun bila Anda mimilih langkah ini harus ada pertimbangan yang matang, pastikan bahwa usaha yang akan Anda rintis profitnya lebih besar. Sebab jika tidak, maka emas yang Anda gadaikan bisa hilang karena tidak bisa tertebus. Bila Anda berminat menggadai emas tapi tidak mengetahui caranya, berikut langkah-langkahnya.

 – Sebelum menggadaikan emas pastikan Anda sudah melengkapi beberapa persyaratan dan dokumen yang diperlukan seperti fotocopy KTP atau identitaslaunnya dan barang jaminan.

– Datangi kantor cabang Pegadaian terdekat. Setelah bertemu dengan pihak pegadaian Anda akan dijelaskan mengenai nilai taksiran dan nilai pinjaman maksimal yang ditentuakan oleh pegadaian. Nilai taksiran itu sendiri adalah estimasi harga barang yang digadai, sedangkan nilai injaman merupakan besar pinjaman maksimal yang diberikan oleh Pegadaian. Contoh emas yang digadai seberat 5 gram yang ditaksir sebesar 1.600.000. maka nilai pinjaman maksimal yang bisa diperoleh sekitar Rp 1.400.000.

– Sebelum menandatangani Akad Pendanaan pastikan Anda sudah mempelajari semua prosedur pengembalian kredit, seperti jangka waktu pengembalian, bunga dan administrasinya. Pada umumnya ada 4 golongan penggadaian. Dimulai dari golongan A dengan bunga paling kecil dan nilai pinjam sekitar RP 50.000 – Rp 500.000. Sedangkan  golongan D besar pinjamanannya Rp 20 juta ke atas dnegan bunga 1% per 15 hari.

Untuk beban biaya administrasi awal gadai adalah sebesar 1 persen dari jumlah pinjaman. Satu lagi yang perlu Anda ketahui bahwa jangka waktu gadai adalah 120 hari atau 4 bulan. Oleh karena itu, pastikan memperkirakan semuannya, apakah keuntungan bisnis Anda bisa untuk mengangsur cicilan tersebut atau tidak. Kalau Anda yakin maka tidak ada salahnya untuk memilih alternatif ini.

Investasi Dengan Cara Berkebun Emas

Cara ini juga terbilang konsep lawas yang sering digunakan oleh masyarakat pada saat berinvestasi emas. Apa maksudnya investasi berkebun emas dan bagiamana melakukannya? Teknik investasi ini adalah cara lipat gandakan investasi emas dengan menggadaikan dan berspekulasi harga dari investasi emasnya. Di mana nasabah akan menggadaikan emasnya untuk membeli emas baru dengan nilai yang sama seperti emas yang sebelumnya digadaikan. Dan cara gadai-beli baru ini dilakukan berulang-ulang, jika modal yang dimiliki sudah habis maka nasabah akan menebus emas yang sudah digadaikan dengan emas terakhir yang mereka beli ditambah modal sisa yang mereka punya.

Memang beresiko, tapi konsep investasi ini sempat terkenal pada tahun 2010-an. Lama-kelamaan mulai ditinggalkan karena banyak yang merasa tidak mendapatkan untung yang lebih dengan menggunakan cara ini. Belum lagi, Bank Indonesia tegas melarang pembiayaan gadai emas yang bertujuan untuk spekulasi seperti halnya berkebun emas dan angsa emas.

Simulasi investasi berkebun emas:

Misalnya Rojak mempunyai uang Rp 500 juta kemudian membeli emas sebanyak 1 kg. setelah itu, emas tersebut dijaminkan dengan cara digadaikan sehingga dia mendapatkan dana pinjaman Rp 400 juta. Lalu, uang dari hasil menggadaikan tadi digunakannya kembali untuk membeli emas 0.8 kg, sehingga dnegan uang Rp 500 juta sekarang ia sudah memiliki emas 1.8 kg.

Kemudian, bila seandainya harga emas naik menjadi Rp 550 ribu dari 500 ribu per gram, maka keuntungan jika hanya berinvestasi emas biasa hanya Rp 50 ribu dikalikan 1.000 gram sama dengan Rp 50 juta. Namun dengan digadai, keuntungannya itu Rp 50 ribu dikalikan 1.800 gram sama dnegan Rp 90 juta dan totalnya Rojak akan menerima Rp 590 juta.

Teliti Saat Membeli Emas Untuk Investasi

Untuk persolaan investasi kita tentunya haru jeli memilih alat investasi itu sendiri. Seperti halnya saham, pada investasi emas kita pun perlu teliti pada saat membelinya. Berhati-hatilah pada calo yang menawarkan harga emas yang murah karena banyak sekali laporan penipuan dengan kedok tersebut. Lalu bagaimana membeli emas yang aman dan terhindar dari penipuan?

Tips dalam membeli emas

  1. Carilah tempat jual emas yang sudah berizin atau lembaga jual emas

Untuk mencari produk yang aman patokannya adalah tempat tersebut sudah bersertifikat atau belum. Bila sudah berarti usaha tersebut sudah dilegalkan oleh pemerintah sehingga kecil sekali kemungkinan terjadi kecurangan. Tempat aman membeli emas yang bisa Anda pilih adalah Pegadaian. Gedung Pusat Antam, Unit Bisnis Antam, Cabang Antam, Butik Emas Mobile, Bank Syariah atau toko emas yang sudah bersertifikat dan memiliki reputasi yang baik.

harga emas
Harga emas
  1. Ketahui kurs harga emas saat ini

Alih-alih bertanya langsung kepada penjual ada baiknya Anda mengetahui harga emas terbaru terlebih dahulu. Bukannya salah kalau bertanya, tapi dengan begitu Anda bisa memperkirakan sesuaikan budget dengan berapa gram emas yang akan dibeli. Untuk mengetahuinya sekarang sudah sangat mudah, Anda bisa mengecek harga pasaran hari ini melalui website harga-emas.org atau dengan mengunjungi situs Pegadaian. Untuk saat ini harga emas sebesar Rp 470.796 per gramnya, untuk emas logam mulia Antam berkisar Rp 545.000 sampai 252.800.000 perbatang dengan beras 1-500 gram.

  1. Periksa keadaan fisik emas

Meskipun Anda memeblinya ditempat yang sudah bersertifikat, tapi pastikan kembali bahwa emas yang Anda beli berkondisi baik. Pastikan emas yang Anda pilih bersih tanpa noda hijau di pori-porinya. Itu berarti tandanya emas belum dicuci dengan benar dan meninggalkan sisa-sisa kimia di pori-porinya. Selain itu, goresan dan cekungan pada emas juga harus Anda teliti.

  1. Menanyakan kadar kemurnian emas

Untuk mengetauhi kemurnian emas, bisa diketahui dari besar karatnya. Kemurnian emaas diukur berdasarkan jumlah presentase emas murni yang terkandung dalam satau logam. Di Indonesia sendiri kadar standar emas berbeda dengan internasional. Emas 24 karat adalah 90% emas, emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan lainnya. Nah jadi bila Anda membeli emas jangan ragu untuk tanyakan berapa kadarnya dalam persen. Karena yang menjadi patokan harga sebenaranya adalah kadar emasnya, semakin tinggi kadarnya maka semakin mahal juga harganya.

Nah, setelah membeli emas yang sesuai dengan yang Anda inginkan pastikan surat pembelian telah Anda terima. Setelah mengetahui cara investasi dan membelinya, bagaimana sudah siapkah Anda berinvestasi emas? Selamat berinvestasi sahabat UKM.