Peluang Usaha Katering sebagai Usaha Industri Rumahan untuk Pelaku Usaha Pemula

Peluang usaha katering memang sudah banyak diminati. Namun, dengan berkembangnya teknologi digital, usaha ini semakin menyusut karena banyaknya pengusaha katering yang belum mempelajari tentang pemasaran di era kini.

Maka dari itu untuk membuka sebuah usaha, terutama catering ini, Anda membutuhkan strategi baru. Tidak hanya dari strategi pemasarannya saja, makanannya pun juga harus bervariasi. Berikut beberapa rekomendasi bisnis katering yang masih jarang diminati pengusaha.

Baca Juga: Hanya Modal Kursus Memasak, Impian Buka Usaha Katering Terbuka Lebar

Bisnis Katering Makanan Sehat

Membuka sebuah usaha catering sehat ternyata masih jarang diminati lho. Katering makanan sehat ini biasanya diminati oleh beberapa orang yang ingin menurungkan berat badan atau orang yang senang dengan memakan makanan bergizi dan sehat.

Salah satu pengusaha sukses yang kini tengah menjual catering dengan makanan sehat yaitu Katering Bree Kitchen. Dilansir dari siapbisnis.net, Bree Kitchen ternyata berawal dari kegemaran seorang ibu yang bernama Azinar Nusrsyahida dalam memasak. Kini, Bree Kitchen telah meraup omzet hingga ratusan juta rupiah.

Usaha Katering khusus Anak-anak

Kata siapa anak-anak tidak butuh nutrisi? Pengusaha catering kini tengah menembak bisnis katering  untuk bekal anak-anak kecil. Ini disebabkan karena banyaknya para orang tua terutama yang ibunya adalah seorang wanita karir, kurang memiliki waktu untuk membuat bekal yang bergizi untuk anak-anaknya. Mengapa harus bergizi? Karena anak-anak apalagi yang masih bersekolah tingkat TK sampai SD, membutuhkan nutrisi yang baik untuk perkembangannya.

Dilansir dari bisnisukm.com, dua pengusaha catering di Jawa Timur kini tengah sukses memasarkan usaha kateringnya sebagai catering untuk anak-anak yang bernama Cathlea Kid Catering. Sekarang, catering ini tengah berhasil mendapatkan pelanggan di sekolah-sekolah terkenal karena usahanya yang terkenal bersih dan juga disukai anak-anak.

Manfaat Membuka Bisnis Katering Rumahan

Penasaran dengan usaha catering? Mengapa harus berbisnis katering rumahan? Katering industri rumahan ternyata banyak sekali diminati para pengusaha terutama ibu rumah tangga. Inilah yang menjadi salah satu kesempatan emas bagi Anda sebagai salah satu cara membantu perekonomian di rumah. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam berbisnis catering rumahan.

Katering Rumahan Lebih Dipercaya oleh Masyarakat

Sebagai pengusaha rumahan, apalagi memang benar-benar dibuat dengan tangan sendiri biasanya akan mendapatkan kesan bersih dari masyarakat. Anda bisa melihat restoran fast food yang padahal hanya bermakna makanan siap saji menjadi berkesan negatif karena beberapa faktor seperti proses pengerjaannya yang kurang higienis.

Baca Juga: Beberapa Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Menambah Penghasilan Anda

Untuk itu, banyak sekali masyarakat terutama di Indonesia memilih makanan yang memang disajikan dari usaha rumahan seperti warung tegal, nasi uduk, dan lain sebagainya.

Berlatih untuk Berpikir Kreatif dan Inovatif

Untuk menjadi seorang entrepreneur, pastinya Anda dituntut untuk menjadi orang yang berpikir kreatif dan juga inovatif agar dapat memproduksi produk yang dapat menarik perhatian pelanggan. Apalagi pengusaha catering. Seperti catering anak-anak di atas. Pastinya Anda dituntut untuk membuat sebuah ide makanan yang menarik dan lucu agar anak-anak tersebut bisa menyukai makanan catering Anda.

Tips-tips Memulai Usaha Katering untuk Pemula

Anda tertarik untuk membuka bisnis catering tapi belum siap melakukannya? Tenang saja, walaupun Anda seorang pemula, pastinya Anda akan belajar seiring berjalannya usaha tersebut. Karena menjadi seorang pengusaha bukan hanya kerja keras tetapi dibarengi niat dan juga doa agar usaha akan terus berkembang. Berikut beberapa tips memulai usaha catering untuk pelaku usaha pemula.

Mempunyai Usaha Katering Makanan yang Bervariasi

Katering makanan yang Anda sediakan hanya nasi kotak saja? Memang nasi kotak merupakan salah satu jenis katering yang masih banyak diminati pelanggan, tetapi Anda bisa saja memiliki inovasi catering yang lebih berbeda seperti makanan sehat, makanan khusus tanpa minyak, dan masih banyak lagi.

Buatlah sebuah makanan yang mempunyai USP (Unique Selling Point) supaya mendapatkan perhatian dari banyak pelanggan. Tidak perlu hanya makanan, kemasan juga bisa menjadi nilai pasar jika Anda mempunyai desain katering yang menarik. Pastikan juga Anda selalu melakukan research dengan produk kompetitor agar bisa membandingkan produk Anda dengan produk orang lain.

Mencari Supplier Bahan Makanan Katering yang Ekonomis

Supplier atau tempat membeli bahan merupakan hal penting terutama dalam usaha katering ini. Karena tidak semua supplier memiliki bahan yang berkualitas sama. Untuk itu, Anda perlu melakukan pencarian seperti melewati teman, internet, atau bahkan dengan kompetitor Anda.

Kompetitor bukanlah seorang musuh karena merekalah yang membuat Anda kini ingin membuka usaha sendiri. Maka dari itu, bikinlah semua kompetitor adalah teman Anda karena ilmu tidak terbatas hanya karena sebuah kompetisi.

Memasarkan Jasa Katering Online dengan Media Internet

Banyak sekali masyarakat yang kini menggunakan media internet sebagai salah satu tempat pemasaran online atau digital marketing seperti media sosial, website, dan lainnya. Hal ini bisa menjadi kesempatan emas karena usaha toko daring atau online shop kini tengah banyak digeluti pengusaha-pengusaha baru.

Biasanya media internet yang pas untuk jasa katering online yaitu media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan fasilitas periklanan seperti Facebook Ads atau Google Ads sebagai salah satu promosi katering makanan Anda.

Baca Juga: Panduan Mendapatkan Sertifikat Halal MUI untuk Usaha Perseorangan atau Perusahaan

Mendaftarkan Sertifikasi Halal khusus Usaha Katering

Usaha katering juga butuh sekali sertifikasi halal. Hal ini dikarenakan banyaknya pelanggan pintar yang kini mulai detail dalam masalah membeli makanan. Makanan sendiri merupakan hal penting karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas muslim paling banyak.

Di tahun 2019, pemerintah akan memberlakukan kewajiban sertifikat halal untuk usaha. Maka dari itu, mempunyai sertifikasi halal sangat penting bagi para pengusaha katering mumpung masih tahun 2018. Untuk melihat lebih lanjut, persyaratan sertifikasi halal dari MUI untuk katering sudah tersusun dalam panduan buku HAS 23000 tentang restoran atau katering.

Memanfaatkan peluang usaha katering untuk bisnis rumahan ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi untuk Anda sebagai ide untuk membuka usaha. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan manajemen perusahaan katering Anda karena manejemen yang baik akan menghasilkan perusahaan yang baik pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here