Mengapa Pelaku UKM Perlu Mengikuti Kursus UKM Sebelum Memulai Usaha

Memulai usaha tidak bisa dilakukan secepat kilat, apa lagi bila bisnis yang ingin dijalani adalah bisnis kuliner. Untuk yang memiliki keahlian memasak mungkin lebih mudah, namun bagi pengusaha pemula pasti akan lebih sulit. Kenapa? Karena belum ada keahlian dan juga pengalaman. Untuk itu mengapa para pengusaha pemula di bidang kuliner perlu mengikuti pelatihan atau kursus untuk ukm sebagai bekal memulai usaha. Namun kursus memasak saja memang tidak cukup karena selain memerlukan wawasan mengenai bagaimana mengolah makanan, diperlukan juga pengetahuan tentang strategi pemasaran, mengetahui pasar bisnisnya, cara pengoperasian mesin untuk membuat makanan, dan lainnya.

Manfaat Kursus Untuk UKM

Seorang pengusaha kuliner tidah hanya harus pintar memasak namun juga paham strategi pemasaran dan tahu menginvestasikan modalnya pada bisnis yang akan mereka jalani. Karena semakin ketatnya persaingan membuat pengusaha mau tak mau harus menguasai hal-hal tersebut. Jika tidak, biarpun Anda memiliki skill layaknya chef professional lama kelamaan usaha Anda juga akan tersisih oleh saingan Anda yang lebih kreatif. Nah, ketiga hal itu bisa Anda dapatkan melalui kurus usaha kuliner. Selain itu apa saja keuntungan yang Anda dapat dari kursus atau pelatihan ini?

Mengetahui cara mengolah bahan-bahan dengan benar

Sama seperti pelatihan memasak pada umumnya tujuan kurus usaha kuliner juga mengajarkan peserta agar bisa memasak menu yang ingin mereka kuasai. Bukan hanya itu, di kursus usaha kuliner ini peserta juga akan diberi edukasi tentang bagaimana memilih bahan-bahan makanan yang segar untuk dioleh menjadi menu andalan usaha mereka. Jadi peserta akan mendapatkan resep rahasia, juga akan diberikan tips-tips memilih bahan makanan yang bermutu.

Mengetahui mesin yang cocok untuk usaha

Usaha kuliner pasti tidak luput dari mesin makanan. Misalnya usaha bakso, Anda pasti membutuhkan setidaknya mesin penghalus daging agar proses pembuatan bakso bisa lebih cepat dan tidak memakan banyak biaya. Tapi tidak jarang banyak pengusaha yang sulit menentukan mesin yang berkualitas. Ada yang baru pakai beberapa bulan sudah rusak dan harus diservice. Ini pasti akan mengeluarkan biaya tambahan bukan?  Bagi pengusaha pemula ini jadi salah satu masalah kecuali mereka punya kenalan yang ahli di bidang mesin makanan. Kalau tidak ada, kursus usaha kuliner inilah solusinya. Peserta akan diberikan rekomendasi mesin yang tepat untuk keperluan usaha. Selain itu, dipraktikan juga cara pemakaiannya.

Dapat menganalisa usaha

Kursus UKM untuk usaha kuliner akan menjawab pertanyaan Anda mengenai berapa keuntungan yang didapatkan karena hal itu akan diulas secara dalam oleh pemberi materi. Bukan hanya itu, Anda juga akan diajari bagaimana memberikan harga yang rasional untuk satu produk agar usaha menguntungkan. Hal ini bisanya ditentukan dengan melihat target pasar, daya beli masyakarakat, dan biaya oprasional pembuatan makanan.

Mengetahui pengemasan yang tepat

Kemasan adalah salah satu faktor penentu larisnya sebuah produk. Apalagi makanan, banyak konsumen yang lebih memerhatikan kemasan terlebih dahulu sebelum memilih produk. Kemasan dengan desain yang menarik dan tepat lebih banyak dipilih oleh kebanykan orang. Ingat sekarang ini konsumen sudah sangat pintar menilai mana kemasan yang aman dan mana yang tidak untuk kesehatan. Nah, di kurus usaha kuliner ini Anda akan diajarkan bagaimana memilih kemasan yang sesuai. Dan juga mengetahui cara mengawetkan makanan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Ikuti Kursus untuk UKM Kuliner Untuk Jadi Pengusaha Kuliner Sukes

Seperti yang sudah dijelaskan kursus usaha kuliner ini tidak hanya belajar memasak saja, Anda bisa mengetahui pasar usaha, mesin untuk usaha, menajemen pembuatannya, cara menetapkan harga, dan pengemasan makanannya. Untuk itu Goukm menawarkan kursus untuk pelaku UKM yang ingin mengembangkan atau baru mau menjalankan usahanya. Program-program kursus usaha kuliner yang diberikan beragam, seperti kursus untuk usaha bakso, kripik, roti dan lain sebagainya. Info lebih lanjut bisa hubungi 0813 1048 9705 atau email ke goukmid@gmail.com.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY