Blog : Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Banyak sekali cara mengembangkan bisnis yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan cara mengoptimalkannya melalui blog. Blog adalah singkatan web log yang berarti aplikasi web dengan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting-an.

Biasanya Blog tidak memiliki isi khusus. Semua tergantung pemilik Blog. Bisa jadi Blog berisi aktivitas keseharian, tips kecantikan, hingga bisnis. Tak hanya itu, Blog juga banyak dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan karena dianggap sebagai salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis.

Cara Mengembangkan Bisnis dengan Blog

Dalam dunia bisnis, Blog sudah seperti cara beriklan yang dilakukan di koran atau majalah. Dengan format tulisan, Blog bisa diakses dan dibaca oleh siapa saja. Hal ini membuktikan bahwa Blog memiliki jangkauan yang sangat luas. Lalu bagaimana cara mengembangkan bisnis dengan Blog?

Baca Juga : Ini Cara Belajar SEO Blog yang Mampu Menghasilkan Jutaan Rupiah per Bulan

Tentukan Tujuan Blog

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan tujuan Blog itu dibuat. Tentukan apakah Blog tersebut akan diisi dengan produk saja, tips-tips yang informatif, promo dan diskon, ataukah keseluruhannya.

Pilih Platform Blog Anda

Pilih juga platform yang akan Anda gunakan. Jika Blog digunakan untuk berbisnis, banyak orang menyarankan untuk menggunakan wordpress karena wordpress menyediakan banyak plugin (program aplikasi tambahan) dan sangat bersahabat dengan SEO.

Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri

Usahakan untuk menggunakan domain sendiri. Cara ini dilakukan agar Blog bisnis Anda terlihat lebih profesional. Selain itu, menggunakan domain sendiri juga membuat kredibilitas website dan Blog Anda meningkat dan lebih ramah SEO.

Desain Blog Sendiri

Saat menentukan desain sebaiknya mempertimbangkan hal-hal penting seperti mobile friendly, gambar yang memiliki resolusi tinggi, konten video, memuat halaman dengan cepat, navigasi, dan juga tidak rumit saat harus menampilkan testimoni pelanggan.

Isi Blog dengan Produk

Sesuai dengan tujuan utamanya yakni untuk berbisnis, tentu saja hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mengisi Blog dengan produk-produk yang Anda tawarkan. Jika Anda berbisnis pakaian maka isi Blog tersebut ialah jenis-jenis pakaian yang Anda jual. Jika Anda menjual makanan, maka Blog Anda akan berisi menu-menu makanan yang bisa di pesan.

Jangan lupa untuk memberikan deskripsi mengenai produk yang Anda jual. Berikan info produk dan info kontak secara detail agar tidak membuat pelanggan kebingungan.

Isi dengan Beberapa Artikel Terkait

Jika Blog Anda hanya berisi produk saja, dipastikan para pembaca akan merasa bosan. Agar hal tersebut tidak terjadi, isilah Blog dengan beberapa artikel terkait. Misalnya Anda menjual pakaian, maka buatlah juga konten mengenai tips-tips seputar pakaian.

Dengan melakukan hal ini, Blog Anda akan terlihat informatif. Sehingga akan banyak pengunjung yang penasaran dengan Blog tersebut.

Mudah dibagikan

Mengapa harus mudah dibagikan? Karena jika Blog Anda sulit dibagikan, pengujung Blog Anda akan menjadi sedikit. Balas komentar pelanggan secara responsif. Selain itu, usahakan juga untuk membagikannya di media sosial agar dapat menjaring lebih banyak pelanggan.

Buat Berita Promo

Selain mengisi Blog dengan produk dan artikel terkait, isi juga Blog dengan berita promo yang sedang toko Anda miliki karena biasanya pelanggan akan lebih tertarik dengan promo-promo yang diberikan oleh sebuah perusahaan.

Berikan Kolom Komentar dan Tombol Pesan

Kebanyakan pelanggan merasa enggan jika harus menghubungi kontak yang tertera pada Blog. Oleh karena itu, kolom komentar dan tombol pesan memiliki peran penting. Dengan adanya kolom komentar dan tombol pesan, akan membuat pelanggan menjadi lebih fleksibel dalam bertanya.

Baca Juga : Diana Rikasari, dari Blog Fashion Diary sampai Brand Fashion International

Rutin dan Profesional

Adanya blog sama saja dengan memberikan fasilitas kepada pelanggan untuk mengenal produk dan bisnis Anda secara mendala. Fungsinya bisa disamakan dengan customer service. Blog dapat menghubungkan pelanggan dengan Anda.

Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek Blog Anda agar layanan kepada pelanggan dapat diberikan secara maksimal.

Sebagai referensi, baca juga Blog dari beberapa perusahaan terkenal agar Anda bisa mempunyai contoh dan gambaran saat akan membuat Blog. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here