Inilah Caranya Belajar SEO Blog yang Mampu Menghasilkan Jutaan Rupiah per Bulan

Artikel kali ini, GOukm buat untuk mengajak Anda untuk mengetahui cara mendapatkan uang dari blog hingga ratusan juta rupiah yang bisa ditiru siapapun.

Ini adalah panduan yang GOukm buat untuk pemula. Maksudnya adalah Anda yang belum punya blog atau baru punya blog dan ingin mendapatkan penghasilan dari kegiata blogging.

Pembahasan dibagi menjadi 4, yaitu:

1 . Mindset blogger yang sukses itu seperti apa?

2 . Bagaimana cara memilih topic blogging yang benar-benar menghasilakn (profitable)?

3 . Cara membangun fondasi blog yang kuat

4 . Berbagai cara monetisasi blog yang dijamin berhasil

Diharapkan setelah membaca artikel ini dengan seksama, Anda mempunyai mindset yang benar sebagai blogger sukses, serta paham cara mendapatkan uang dari blog dengan cara yang benar tentunya.

Setiap pembahasan di sini merupakan pengalaman-pengalaman yang sudah teruji dan dilakukan oleh GOukm. Untuk google adsense dan pay per click tidak dibahas, karena sementara ini hanya membahas yang gratis saja.

Mindset blogger yang sukses itu seperti apa?

pada pembahasan topic pertama ini, ada beberpa hal yang perlu Anda ketahui dan ingat.

1 . Blog bukanlah cara instan untuk mendapatkan uang di internet

Saya tekankan kepada Anda, mendapatkan uang dari blog itu tidak instan. Anda membutuhkan kesabaran dan kontinyuitas yang sangaaat panjang.

Artinya jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog maka Anda harus mau melakukan segala macan prosesnya seperti mencari topic, bersabar terus-menerus membuat konten berkualitas, teliti memilih portal untuk mempromosikan konten, membangun list, dan terus hingga nantinya melakukan proses monetisasi.

2 . Sadarilah bahwa dibutuhkan modal untuk mendapatkan uang dari blog

Modal yang dimaksudkan di sini adalah modal pikiran dan waktu. Terutama waktu

Dibutuhkan waktu setiap harinya untuk membangun blog anda menjadi blog yang pantas untuk di-monetisasi. Kesabaran adalah kuncinya. Pastikan setiap langkah yang anda lakukan dalam membangun blog Anda adalah cara yang benar, bukan ajaran sesat.

Agar Anda tidak terjerumus dalam ‘ajaran sesat’ Anda juga harus menginvestasikan uang untuk menambah ilmu yang anda punya untuk membangun kerajaan blog Anda.

3. Mendapatkan uang dari blog merupakan kombinasi beberapa teknik pemasaran

Anda harus mengetahi bahwa blog merupakan serangkaian proses yang saling berhubungan satu sama lainnya. Proses-proses yang dimaksud misalnya: social media marketing, email marketing,dan berbagai kegiatan advertising lainnya.

Kalau mengandalkan blog saja tentu saja tidak cukup. Blog Anda memerlukan traffic yang lebih banyak lagi.

Bagaimana cara memilih topik blogging yang benar-benar menghasilakn (profitable)?

Sekian banyak blog yang mempunyai topik bagus berpotensi, malah tidak berhasil me-monetize blognya. Karena orientasi mereka hanyalah uang, tanpa mengerjakan setiap bagian blognya dengan passion yang mereka miliki.

Karena itu memilih topic yang bagus sebaiknya mempertimbangkan beberapa aspek yang lain selain profit. Langkah menentukan topik yang profitable adalah:

1 . Pastiakan topik yang dipilih adalah kesukaan Anda

Anda akan melakukan hal yang sama terus menerus, dan bila tidak dilakukan dengan konsistensi dan passion maka Anda akan mudah menyerah dan bosan. Oleh karena itu penting sekali untuk memilih topik uang Anda sukai, agar memberikan gaya dorong bagi Anda dalam melalui setiap proses pengembangan blog Anda.

2 . Tanamkan pada pikiran Anda, bahwa harus menjadi orang yang menguasai topik yang Anda pilih

Ebaiknya anda menguasai topik yang anda bahas sehingga pembaca setia mengunjungi blog anda karena anda dianggap kompeten.

3 . Buat topik yang anda pilih menjadi topik yang mempunyai cakupan yang luas.

Jika cakupannya sempit, maka blog Anda akan sulit berkembang. Anda akan merasa kesulitan dalam mengisi konten-konten pada blog Anda.  Sedangkan blogging membutuhka konsistensi yang rutin.

4 . Kesimpulannya topik yang anda pilih menjadi topik yang Anda suka, Anda kuasai, mempunyai cakupan yang luas dan mempunyai potensi untuk di-monetize.

Cara mudah untuk mencari tahu apakah topic anda sudah memenuhi kriteria adalah dengan mncari apakah ada orang yang mencari informasi tentang itu, Apakah bisa dijadikan produk atau jasa, dan apakah orang bersedia membayar anda untuk menjual produk atau jasa tersebut.

Cara membangun fondasi blog yang kuat

Ada dua fondasi yangharus Anda perkuat terlebih dahulu, yaitu:

1 . Trafik

Ini merupakan fondasi utama yang sebaiknya Anda bangun. Karena tanpa trafik akan sangatlah sulit mendapatkan uang dari blogging.

Untuk memulai mendatangkan traffik berarti anda harus membuat konten terlebih dahulu. Karan tidak ada konten maka tidak ada ketertarikan pembaca mengunjungi blog anda. Tentusaja trafik menjadi menurun.

2 . List email

Banyak yang menganggap membangun list email masih belum diperlukan, karena budaya monetize melalui email marketing masih belum membudaya bagi blogger Indonesia.

Bagi saya, membangun email list sangatlah penting karena selain sebagai sumber trafik bisa juga digunakan sebagai sumber profit.

Berbagai cara monetisasi blog yang dijamin berhasil

1 . Menjual produk, layanan atau jasa yang anda ciptakan sendiri.

Karena dengan menjual produk dapat mengangkat brand dan otoritas Anda. Selain itu anda bisa menentukan sendiri system yang anda gunakan dalam menjual produk sendiri.

2 . Menjadi affiliate marketer

Untuk menjual produk affiliate disarankan Anda memilih produk yang relevan dengan topik konten yang Anda buat. Sehingga hasilnya akan lebih maksimal dan terus mengangkat peringkat blog anda

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY