Manfaat Internet Marketing bagi Pelaku UKM

0
205
manfaat internet marketing

Banyak pelaku UKM yang salah kaprah dengan manfaat internet marketing. Internet marketing dianggap sebagai katalog belaka yang dipindahkan ke dunia maya. Bahkan isinya seperti iklan baris yang membosankan, tidak menarik samasekali. Seharusnya pemasaran digital, menjadi ‘senjata’ untuk menyetrum calon konsumen anda dengan sengatan bahasa marketing yang ampuh. Dibutuhkan pemahaman mendalam agar penjualan anda meningkat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas manfaat internet marketing bagi pelaku UKM.

1. Manfaat internet marketing untuk UKM adalah Memancing konsumen di ‘kolam’ baru, kolam dunia digital

gambar-data-pengguna-internet

Tahukan Anda bahwa pengguna internet di Indonesia tahun 2013 saja sudah mencapai 71,2juta, dan terus meningkat sekitar 50% tiap tahunnya hingga kini. Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan pengguna internet merupakan ceruk yang harus segera dimanfaatkan. Hal ini mempunya implikasi bahwa UKM mempunyai kemungkinan yang begitu besar untuk mencaplok konsumen melalui internet.

Bahkan saat ini dunia digital dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 2% (data: deloite). Jika ini berhasil, tentu saja atmosfir perekonomian Indonesia akan lebih baik. Begitu juga dengan daya beli konsumen meningkat sehingga penjualan anda akan semakin bertambah.

Bila anda belum serius mengerjakan dunia internet marketing, anda sangaat rugi. Jangan sampai keduluan pesaing anda dan anda hanya bisa gigit jari. Mulai sekarang pertimbangkan untuk mencari informasi sebanyak banyaknya tentang internet marketing.

2. Media sosial perusahaan bukan hanya tempat eksis

Fakta yang mengejutkan bahwa ada 2 juta tweet setiap harinya dan saat ini ada 42 juta pengguna Facebook di Indonesia. Namun banyak yang salah kaprah tentang media sosial ini, sebagian besar perusahaan menggunakan media sosial untuk mengumumkan produk dan promosinya saja. Kelihatannya seperti iklan koran yang dipindahkan ke internet. Berikut ini informasi yang harus anda ketahui.

top-10-alasan-pengguna-social-media

Data diatas didapat dari infografis GlobalWebIndex. Dari daftar tersebut dapat dilihat 10 alasan pengguna social media. Dari semua penggunaan terpopuler tersebut, apa ada yang menyebutkan tentang: mencari produk keluaran paling baru dari perusahaan X? Tidak ada! Karena memang pengguna media sosial tidak peduli dengan perusahaan manapun. Mereka menggunakan media sosial untuk mengetahui kabar terbaru dari teman dan keluarga, atau memang mencari konten yang menarik/ menghibur. Membuat post tentang produk terbaru, daftar harga, promosi dan sejenisnya hanya akan membuat anda semakin dijauhi di media sosial.

Internet marketing akan mengajak anda untuk memahami bagaimana seharusnya memanfaatkan media sosial untuk branding. Komunitas merupakan target dalam memanfaatkan media sosial ini.

3. Memahami konsumen anda lebih dalam lagi.

Tadi sudah dibahas kalau konsumen anda tidak peduli dengan perusahaan anda, mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri. Bagaimana caranya agar kita dapat memberikan konten yang sesuai dengan keinginan mereka? Anda harus memahami kemauan mereka, anda harus mengenal konsumen anda.

cara-memahami-konsumen-lebih-dalam-lagi

Cari dan definisikan bagaimana karakter dan persona konsumen anda. Siapakah yang paling memungkinkan membeli barang/ jasa anda? Bagaimanakah lingkungan mereka? Apa yang mereka suka? Apa yang mereka benci? Dengan melakukan Internet Marketing, anda akan mendefinisikan semuanya.

4. Selalu hadir saat konsumen membutuhkan

selalu-hadir-saat-konsumen-membutuhkan

Teknologi internet membuat segalanya serba praktis. Jarak dan waktu dapat dipangkas menjadi lebih efisien. Dengan Internet Marketing konsumen anda selalu merasa puas karena dapat mengontak anda kapan saja. Baik lewat website, lewat email, media sosial, bahkan lewat messenger sekalipun.

Namun kemudahan ini juga jangan disepelekan. Karena dibutuhkan respon yang sangat cepat agar kepuasan pelanggan tetap terjaga. Selain itu anda harus sudah mempersiapkan segala respon yang dibutuhkan dari setiap pertanyaan dan keluhan. Komunikasi langsung dengan konsumen merupakan salah satu hal vital yang harus diperhatikan dalam internet marketing.

5. Peningkatan penjualan yang tak terhingga

Dunia maya membuat segalanya menjadi lebih mudah. Jarak yang jauh menjadi tidak berarti karena semua informasi dapat dikirim dengan seketika. Tidak peduli seberapa besar informasi yang diberikan, semuanya dihantarkan begitu saja. Internet marketing membuat proses pemasaran tradisionel menjadi begitu buruk karena memakan banyak waktu dan biaya.

peningkatan-penjualan-tak-terhingga

Karena jarak tidak lagi menjadi masalah, tentu saja ini sangat menguntungkan sahabat UKM. Jangkauan pemasaran menjadi tidak terhingga dan jumlah konsumen yang tidak terbatas. Internet marketing tentu saja sudah mengungguli pemasaran tradisional baik dari segi jarak, waktu dan biaya. Tidak dipungkiri, hal ini dapat meningkatkan penjualan menjadi tak terhingga.

 

LEAVE A REPLY