Kiat Sukses UKM dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global

Menghadapi persaingan bisnis global yang semakin ketat, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) tidak hanya dituntut untuk memiliki modal yang cukup dan teknik produksi yang baik saja. Tetapi juga harus memiliki manajemen pesaing yang baik.

Pasar global, sesuai namanya persaingan bisnis yang dihadapi oleh pengusaha tidak hanya terbatas pada pasar lokal saja. Namun juga melibatkan para pelaku usaha dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Marketplace Penyedia Jasa On Demand Indonesia yang Bisa dimanfaatkan UKM

Digitalisasi bisnis menjadi salah satu faktor yang membuka pintu pasar global ini semakin terbuka lebar. Bisnis berbasis digital ini memiliki kemampuan untuk memperluas akses pasar serta kecepatan untuk bertransaksi dengan pembeli.

Para pelaku usaha dari berbagai belahan dunia bisa dengan mudah memasarkan produknya, tanpa harus membuka lapak atau toko di negara yang menjadi target market-nya.

Hal ini tentunya menghadirkan peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Tanah Air. Tergantung dari kesiapan Anda sebagai pelaku bisnis UKM dalam menghadapinya.

Jika cermat dalam memanfaat setiap peluang, pasar global ini bisa menjadi jembatan untuk bisnis Anda sehingga bisa menembus pasar yang lebih luas lagi. Sekaligus menjadi momentum agar bisa merebut pasar global.

Cara Mengahadapi Persaingan Bisnis Global

Untuk bisa menghadapi persaingan bisnis global memang tidak mudah. Karena produk lokal yang diproduksi oleh UKM akan bersaing dengan produk negara lain. Belum lagi dihadapkan dengan pola pikir sebagian besar masyarakat yang menganggap merek luar itu lebih prestise dibandingkan brand lokal.

Untuk mensiasatinya, diperlukan strategi tepat yang mampu menarik perhatian pasar dan dapat mengembangkan bisnis UKM sehingga bisa bersaing menghadapi persaingan bisnis di pasar global. Berikut adalah strategi yang harus dimiliki pelaku usaha kecil menengah :

Go Modern

Go modern menjadi langkah awal agar produk UKM dapat bersaing di pasar global. Adalah dengan memperhatikan aspek kualitas dan kuantitas produk sesuai permintaan pasar global. Tidak lupa untuk memanfaatkan digital marketing dalam melakukan kegiatan pemasarannya.

Pada saat menentukan produk bisnis, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dulu. Perhatikan tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan lihat seberapa besar peluang pasar dari produk tersebut. Hal ini penting dilakukan sehingga Anda dapat menciptakan produk yang memang sedang dibutuhkan oleh pasar.

Persaingan dalam dunia bisnis, bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur dalam menciptakan produk yang memiliki kualitas pesaing. Lihat dan nilai kelebihan dari produk kompetitor, sehingga Anda dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik.

Anda juga dapat memanfaatkan keberadaan teknologi informasi (IT), salah satunya dengan membuat bisnis UKM menjadi go online. Jangkauan internet yang sangat luas menjadi peluang besar bagi UKM untuk bisa menembus pasar ekspor ataupun internasional.

Memperhatikan Packaging Produk

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah packaging. Memberikan sentuhan baru pada kemasan agar terlihat lebih menarik bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan.

Sebuah kemasan produk yang unik dan menarik menjadi nilai tambah tersendiri di mata para pelanggan, dan dapat mendorong penjualan serta meningkatkan daya saing produk di pasaran.

Penentuan Harga

Selain kualitas, harga juga menjadi pertimbangan lain saat konsumen memutuskan untuk membeli sebuah produk. Buatlah harga produk ideal sesuai dengan target market yang dibidik. Jangan telalu mahal ataupun murah.

Agar terhindar dari kerugian, Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk menentukan harga sebuah produk:

  • Menentukan harga produk berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan. Pada umumnya, keuntungan yang diambil bekisar 30% dari harga produksi.
  • Anda juga bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentapkan harga berdasarkan kompetitor. Sebisa mungkin harga yang ditetapkan, berada di bawah pesaing bisnis Anda.

Sumber Daya Manusia

Terakhir adalah pilih rekan kerja dengan skill yang memang mempuni dalam bidang-nya. Jangan ragu untuk melakukan seleksi kepada calon karyawan dalam bisnis UKM yang akan Anda rintis.

Baca Juga : Apa Itu Marketing Mix? Yuk Pahami Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Itu dia sejumlah tips sukses bagi pelaku bisnis UKM pemula, agar lebih siap dalam mengahadapi persaingan bisnis global. Buang jauh-jauh anggapan bahwa persaingan pada dunia bisnis itu adalah beban.

Selalu berpikir positif dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi bagi Anda untuk terus mengembangkan produk usaha yang mampu bersaing dan dapat bertahan dalam kondisi apapun. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY