Marketplace Penyedia Jasa On Demand Di Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan UKM

Marketplace jasa on demand

Di era digital seperti saat ini segala sesuatunya sudah bisa dilakukan secara online dengan bantuan teknologi internet. Mulai dari belanja, belajar hingga menemukan segala macam jasa dalam bentuk layanan on demand. Anda pasti akrab dengan aplikasi GoJek bukan? Nah, Gojek adalah salah satu contoh bentuk layanan jasa on demand yang sudah sangat berkembang.

Seiring dengan perkembangan bisnis tersebut, kini mulai banyak bermunculan startup-startup asal Indonesia yang ikut melibatkan diri dalam persaingan bisnis jasa on demand. Ada yang masuk ke dalam sektor jasa pembersih dan ada yang berupa marketplace yang merangkul seluruh jenis penyedia jasa. Nah, jika bisnis Anda termasuk di bidang jasa, kali ini GoUKM akan membahas startup yang menawarkan layanan marketplace penyedia jasa on demand yang dapat menjadi tempat mempromosikan bisnis jasa Anda.

Klik Tukang

Sejak pertama kali di luncurkan sejak Juli 2015 Klik Tukang sudah memiliki pengguna lebih dari 15.000 pengguna dengan puluhan transasksi per hari. Klik Tukang menyediakan jasa perawatan, perbaikan dan pemasangan untuk AC, kunci, listik, ledeng, dan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, microwave dan lainnya.

Untuk SDM teknisinya, Klik Tukang bekerjasama dnegan puluhan vendor perusahaan teknisi yang telah diseleksi. Tercatat jumlah tukang yang dimiliki sekitar 1.020 orang dengan keahlian yang beragam sesuai layanan yang ditawarkan oleh Klik Tukang.

Selain bekerja sama dengan vendor, Klik Tukang juga berkolaborasi dengan perusahaan training guna menyiapkan SDM agar bekerja sesuai dengan SOP Klik Tukang. Selain itu, untuk lebih meyakinkan pengguna, penyeleksian vendor juga diperketat, salah satunya perusahaan harus sudah memiliki SIUP (surat Izin Usaha Perdagangan) dan memiliki Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Bila Anda berniat untuk mendaftar sebagai vendor kunjungi link berikut https://kliktukang.com/.

Seekmi

Sekmi adalah platform yang dapat menghubungkan kebutuhan konsumen dengan para penyedia jasa yang sesuai dengan mudah dan cepat. Cakupan jasa yang ditawarkan, antara lain jasa laundry, pembersihan, hingga service AC. Dari sisi layanan seekmi memberikan jaminan atas kualitas vendor yang dimilikinya. Untuk itu, penyedia jasa yang tergabung di Seekmi perlu melalui seleksi yang ketat. Vendor harus memiliki referensi dari customer mereka dan ditambah dengan pelatihan-pelatihan agar penyedia jasa terutama pelaku usaha kecil menengah bisa go online.

Untuk pelanggan yang ingin menggunakan layanan jasa dari Seekmi, pelanggan hanya cukup menulisakan form job request, setelah itu Seekmi yang akan mencarikan beberapa rekomendasi penyedia jasa professional beserta penawara harganya. Bagi setiap vendor yang memberikan penawaran dari request yang masuk, mereka akan dikenakan flat fee sebesar Rp 10 ribu. Bila antara pengguna dan penyedia jasa sudah melakukan persetujuan Seekmi tidak akan menarik biaya apapun dari vendor.

Melalui platform ini, Seekmi memiliki target dapat bekerja sama dengan 20.000 vendor, agar jenis jasanya bisa semakin beragam. Muali pertama kali diluncurkan, Seekmi baru berhasil merangkul sekitar 5000 penyedia jasa dan sudah melayani pelanggan di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, tanggerang, Bekasi dan Cikarang.

Ahlijasa

Hadir sebagai kompetitor dari Seekmi, Ahli Jasa muncul dengan konsep marketplace layanan jasa on demand yang menjembatani kebutuhan konsumen dengan penyedia jasa. Platfom yang sudah berjalan pada Januari 2016 awalnya hanya menawarkan jasa laundry kelas premium dengan harga yang menengah. Berjalannya waktu, Ahli Jasa pun mulai merambah bidang jasa lainnya, yaitu home cleaning dan service AC.

Untuk pengguna yang membutuhkan layanan-layan tersebut bisa memesannya melalui aplikasi Ahli Jasa yang dapat diunduh di Google Play ataupun App Store. Mengenai biaya layanan, pengguna dapat melihatnya setelah melakukan pemesanan melalui aplikasi. Transparansi harga ini bertujuan agar pengguna tidak khwatir tertipu oleh vendor nakal yang suka asal tembak harga.

Saat ini sudah lebih dari 15.000 telah menjadi pengguna Ahli Jasa dan vendornya sudah melayani wilayah Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi. Untuk harga, AhliJasa mematok layanannya berkisar dari Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu.

Tukang.com

Sesuai dengan namanya tukang.com adalah marketplace yang memberikan layanan khusus pada perbaikan atau renovasi rumah untuk pengguna. Tukang.com resmi beroprasi pada akhir Juli 2016 berupaya untuk menemukan mitranya dengan pengguna aplikasinya. Platform ini memiliki tiuga belas kategori jasa perbaikan rumah, yaitu tukang kayu, tukang atap, ledeng, AC, kolam, kusen, plafon dan lain sebagainya. Sementara jenis layanannya dibagi menjadi 3, harian, borongan dan shield.

Harian adalah pemanggilan tukang harian dengan maksimal jam kerja 6 jam per hari. Borongan pemanggilan tukang secara borongan atau per proyek dengan skala pekerjaan mengengah sampai besar dan meliputi pekerjaan yang tidak cukup diselesaikan dalam 1 hari. Sedangkan shield adalah layanan yang belum diluncurkan, menawarkan jasa pemeliharaan properti secara berkala dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan properti.

Harga yang ditetapkan mulai dari Rp 200.000 per hari dengan hitungan 6 jam waktu bekerja hingga Rp 250.000 untuk beberapa kategori tukang. Sementara untuk pilihan borongan, tim Tukang.com akan melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan harga. Namun begitu, baik jenis layanan harian dan rombongan belum termasuk biaya material yang dibutuhkan selama perbaikan bangunan.

Untuk pemilik jasa Tukang.com juga membuka kesempatan untuk menjadi vendor atau mitra. Bila Anda berminat silahkan kunjungi https://tukang.com/home/jadi-mitra.

Beres.id

Aplikasi Beres.id adalah layanan jasa on demand yang pertama kali beroprasi di Malaysia, Singapura dan Filipina. Melihat di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan aplikasi yang serupa akhirnya diluncurkanlah Beres.id pada akhir Februari 2016. Platform ini bertujuan untuk membantu usaha kecil menengah yang bergerak di bidang jasa agar dapat menambah banyak pelanggan dan juga memudahkan pengguna untuk menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Layanan jasa yang ditawarkan mulai dari service elektronik, jasa pembersihan, jasa kelistrikan, jasa pindah atau relokasi, ketring hingga jasa kesehatan dan kecantikan bisa ditemukan dengan menggunakan platrom ini.

Demi memudahkan para pengguna mereka di startup yang berpusat di Malaysia ini tidak hanya merilis situs berbahasa Indonesia saja, tapi mereka juga meluncurkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS yang juga bernama Beres. Sejak pertama kali diluncurkan jumlah pesanan yang masuk telah naik 20 kali lipat. Jika berminat menjadi mitra Beres.id Anda bisa kunjungi link berikut ini https://www.beres.id/service-providers/welcome.

Sejasa.com

Marketplace satu ini serupa dengan Beres.id, yaitu merupakan platform untuk mencari layanan jasa terbaik di Indonesia mulai dari jasakonstruksi rumah, event organizer, fotografer, arsitek, sampai tutor belajar. Berdiri sejak Oktober 2015 Sejasa sudah merangkul lebih dari 5000 penyedia jasa dengan lebih dari 90 layanan kategori jasa yang bervariasi.

Bagi penyedia jasa yang telah bergabung melewat sistem verifikasi yang cukup ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penyedia jasa yang bergabung adalah penyedia jasa yang valid dan berkualitas. sehingga pelanggan akan lebih percaya untuk menggunakan penyedia jasa di Sejasa.com.

Mengenai harga, sama seperti lainnya pelanggan dapat menentukan penyedia jasa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Transparansi biaya dapat dilihat saat mendapatkan penawaran dari beberapa penyedia jasa. Tak hanya menginformasikan harga, pelanggan juga akan mendapat detail informasi layanan yang diberikan oleh penyedia jasa.

Melalui platform ini, tim sejasa berharap dapat menguntungkan kedua pihak, baik pengguna dan juga penyedia jasa. Di satu sisi, pengguna yang membutuhkan jasa dapat menemukan solusinya di Sejasa, di sini lain, penyedia jasa yang tergabung akan memiliki kesempatan yang besar untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha mereka. Nah, bagi Anda yang berminat untuk bergabung Anda bisa kunjungi link ini https://www.sejasa.com/penyedia-jasa.

Cari Jasa

Situs satu ini berbeda dari yang lain. Pasalnya di sini pengguna harus mengisi form permintaan terlebih dahulu, kemudian Cari Jasa akan mengirimkan detail pesanan itu akan dikirimkan ke penyedia jasa. Setelah beberapa jam pelanggan akan mendapat beberapa penawaran dari para penyedia jasa yang tertarik kemudian menawarkan tarif mereka ke pencari jasa. Lalu pengguna tinggal memilih penyedia jasa yang cocok sesuai kebutuhan dan budget yang mereka miliki dengan mengecek laman Penawaran.

Selain cara kerjanya yang berbeda, Cari Jasa juga menyediakan layanan pinjaman yang dapat diajukan oleh mitra atau provider Cari Jasa yang ingin meningkatkan omset melalui penambahan aset atau merencanakan ekspansi bisnis. Untuk besar pinjaman disesuaikan dengan jaminan yang diberikan oleh peminjam. Untuk masa cicilan pinjaman (tenor) peminjam bisa memilih 1 tahun sampai 5 tahun.

Tidak hanya itu, Cari Jasa juga bisa bantu pengguna menemukan mobil rental di manapun pengguna berada dengan memanfaatkan layanan sewa mobil. Pilihan mobil beragam dan jangka pemakaiannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, bisa per jam, hari, atau kapapun. Bagi pemilik jasa yang ingin menjadi mitra dari cari jasa bisa mendaftarkan usahanya di https://www.carijasa.co.id.

StarOfService

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2013, marketplace jasa on demand ini telah hadir di lebih dari 80 negara di dunia termasuk di Indonesia. Platrom ini menghadirkan layanan yang dapat menghubungkan pelanggan dalam hal ini pengguna aplikasi StarOfService dengan dengan jasa profesional seperti jasa katering, jasa asisten rumah tangga, pengacara, fotografer, dan lainnya.

Cara kerja StarOfService sedikit hampir sama dengan Cari Jasa, pertama pengguna harus mengetikan jasa apa yang dibutuhkan di kolom pencarian. Bedanya jika di Cari Jasa pengguna harus mengisikan informasi detail tentang jasa yang dibutuhkan, sedangkan StarOfService pengguna akan berikan pertanyaan terkait jasa yang mereka inginkan. Setelah itu, tim StarOfService akan menghubungkan pelanggan dengan jasa professional yang paling sesuai.

Bagi UKM atau para profesional yang ingin mendaftarkan layanan mereka di StarOfService untuk mendapat pelanggan baru dan membangun reputasi bisnis Anda dapat mendaftarkan diri di www.carijasa.co.id. Setiap tenaga professional yang mendaftar akan diverivikasi. Selanjutnya, profesional baru dapat mengajukan penawaran sesuai dengan permintaan dai pengguna.

LEAVE A REPLY