Mendukung UKM Go Online, Inilah 5 Startup Pembuat Website & Aplikasi Toko Online

Semakin menjamurnya e-commerce berdampak pada pertumbuhan ekonomi RI. Berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat pertumbuhan ekonomi di Tanah Air pada kuartal I-2017 sebesar 5,01%. Besarnya pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama ini ditopang oleh beberapa sektor, salah satunya adalah informasi dan komunikasi yang naik 9,01% dari tahun lalu. Hal ini terjadi tak lain karena diorong oleh pengguna internet yang meningkat drastis dan juga jumlah pemain di ranah digital sehingga transasksi online pun melonjak tajam.

Diperkirakan persaingan di ranah online ini pun akan semakin seingit dari tahun ke tahaun, diiringi dengan jumlah pemainnya yang akan semakin banyak. Di tengah persaingan pasar digital yang kian ketat ini, pelaku usaha dalam skala kecil atau UMKM pun mau tidak mau harus sudah mulai berbenah untuk mengikuti arus dagang elektornik. Hal ini tidak lain untuk mempertahankan eksistensi UKM di pasar perdagangan yang semakin marak didominasi oleh toko online. Namun sayangnya sebagian pelaku UKM masih sedikit yang memahami akan bidang teknologi dan informasi maka sedikit sekali UKM yang bisa ikut meramaikan pasar digital.

Melihat kendala ini, beberapa startup pun hadir sebagai solusi untuk UKM yang tidak memiliki latar belakang pemograman atau teknologi informasi dan kesulitan menjual produknya secara online. Mereka memberikan layanan seperti pembuatan website toko online dan aplikasi toko online.

Berikut adalah beberapa layanan yang mendukung UKM untuk bisa mengembangkan pasar di ranah digital.

CyberLabs

Startup yang berhasil lolos mengikuti Mandiri Digital Business Incubator ini didirikan oleh Ahmad Syarif dan kedua rekannya pada 2014 lalu. CyberLabs sendiri adalah perusahaan IT yang fokus mengembangkan software atau aplikasi yang berhubungan dengan bisnis. Layanan yang dikembangkan mereka antara lain Hydro, Molecule dan Atom.

Hydro adalah professional e-commerce solution, yang khusus memberikan solusi bagi pelaku usaha yang menginginkan website untuk kebutuhan profile perusahaan atau website dalam bentuk toko online. Molecule merupakan sistem point of sales berbasis cloud untuk membatu UKM melakukan pencatatan stok barang yang lebih efisien dan rapih. Dan yang terakhir Atom layanan untuk pelaku usaha yang menginginkan toko online dalam bentuk aplikasi mobile dengan sistem opreasi Andriod, iOs, maupun Windows.

Untuk jasa pembuatan website, CyberLabs mengedepankan beberapa unsur pada website bisnis rancangan mereka, yaitu Guide The Eye, Spacing, SEO Friendly, Navigation dan Usability. Di mana intinya website akan dibuat seringan mungkin, memenuhi standarisasi search engine optimization, dengan navigasi yang mudah diakses, serta disesuaikan dengan fungsi website itu sendiri.

Sementara untuk layanan pembuatan aplikasi toko online mobile, cyberlabs membuat aplikasi yang dynamic, user friendly dan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini tidak hanya ditujukan oleh perusahaan besar, namun juga UKM dengan kategori kuliner, retail fashion, pemilik toko online, lembaga pendidikan hingga bahkan personal. Pada layanan ini, klien tidak hanya mendapatkan aplikasi mobile toko online namun juga keleluasaan mengubah 6 halaman, aplikasi di publish ke Google Play, App Store dan Windows Store, memperoleh garansi maintenance selama berlanggan, unlimited notification, technical support 24 jam dan aplikasi dipromosikan di Atom Store. Layanan ini bisa Anda dapatkan dengan investasi mulai dari Rp 100.000 per bulan hingga Rp 2.000.000 per tahun.

Nurbaya Initiative

Nurbaya Intitaive adalah gerakan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat Indonesia dengan mengembangkan ekosistem jual-beli online bagi UKM Indonesia. Gerakan pemberdayaan UKM ini dikepalai oleh Andy Sjarif pada 2013. Melalui gerakan ini, Nurbaya mengintegrasikan beberapa komponen elektronik dagang seperti webstore, logistik, iklan online, payment gateway dan analisis pasar ang akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan pemasaran online UKM.

Dalam rangka memperlancar tujuan itu, Nurbaya bekerja sama dengan beberapa instansi yang memiliki visi dan misi yang sama. Antara lain bekerjasama dengan MEKAR yang memiliki database 2 juta UKM di Indonesia, Andara Link yang memfasilitasi akses finansial bagi UKM dan baru-baru ini bekerjasama dengan POS Indonesia dalam hal  pengantaran barang dan sistem pembayaran.

Selain itu, Nurabaya Initiative juga berupaya mengajak social entrepreneur muda sebagai fasilitator digital, individu yang membantu UKM dalam mempersiapkan, memasarkan online dan mengelola toko online milik UKM, serta bekerja membantu mengembangkan usaha dengan sistem bagi hasil.

Bagimana cara UKM mendapatkan layanan Nurbaya? tentunya terlebih dahulu harus mendaftar ke situs Nurbaya Initiative. Setelah terdaftar, pihak nurbaya akan memasangkan UKM dengan fasilitator. Fasilitator ini bisa saja individu atau perusahaan yang berkerjasama dengan Nurbaya Initiative. Lalu fasilitator membuat toko online, dan membuat strategi iklan online dan media sosial. jika terjadi transasksi di toko online tersebut, maka fasilitator akan memberikan laporan kepada UKM bahwa telah ada produk yang terjual. Setelah itu, produk akan dikirimkan melalui jasa logistik yang juga bekerjasama dengan Nurbaya Initiative ke pembeli. Kemudian, pembayaran akan diterima UKM setelah pesanan sampai ke pembeli.

Web Praktis

Platform pembuatan website ini baru beroperasi pada Maret 2014, dengan menyasar pengusaha di sektor bisnis industri dan juga UKM. Baru-baru ini, Web Praktis melakukan pembaruan dengan menambahkan beberapa fitur serta 1 paket pilihan.

Jika sebelumnya terdapat 4 paket, kini sudah tersedia 5 paket yang bisa dipilih pengguna, yaitu Starter Pemula, Premium Dasar, Premium Lengkap, Ultimate Dasar, dan Ultimate Lengkap. Ke limanya dipatok dengan harga mulai dari Rp 680.000 per tahun hingga Rp 3.490.000 per tahun. Disediakan juga kesempatan kepada calon user untuk mencoba platform Web Praktis selama 14 hari tanpa dipungut biaya.

Selain itu, Web Praktis juga memberikan layanan tambahan untuk pelanggannya, seperti konsultasi gratis, jadwal training dan juga Checker. Di fitur Chacker pengguna bisa melihat grafik objek debugger  domain Anda.

Web praktis mengklaim mereka memeliki keunggulan yang membedakannya dengan kompetitor yaitu menyediakan kategori tamplate yang beragam. Ada sekitar 8 kategori tamplate yang tidak terbatas untuk bukan hanya untuk toko online saja, tapi juga situs profil, profesi, organisasi atau kebutuhan website lainnya. Totalnya ada sekitar 100 pilihan desain template yang tersedia di Web Praktis.

Sejak pertama kali didirikan sampai saat ini sudah lebih 1.600 pelanggan yang mempercayakan Web Praktis sebagai penyedia jasa pembuatan website bisnis mereka. Kebanyakan di antaranya adalah pelaku UKM yang ingin meningkatkan penjualannya secara online.

Jarvis Store

Startup layanan pembuat website e-commerce ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2013 berlokasi di Bali. Melalui layanannya mereka mencoba merangkul UKM untuk bisa melebarkan usahanya ke ranah online dengan ikut membangun toko vritual professional dengan cara yang mudah dan singkat.

Saat pertama kali diperkenalkan salah satu pendiri Jarvis Store Frianto mengatakan bahwa platformnya sudah mendapatkan sambutan yang baik dari para pengusaha. Kebanyakan pengusaha yang menjadi kliennya adalah dari UKM dan Individual seller. Oleh sebab itulah ini alasan mengapa Jarvis memfokuskan diri sebagai layanan penyedia toko online bagi pengusaha kelas kecil menengah.

Jarvis Store menawarkan sistem berlanggan paket. Terdapat 3 paket layanan yang bisa dipilih oleh pelanggan, yaitu Starter, Premium, dan Ultimate. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 99.000 per bulan hingga Rp 499.000 per bulan. Itu belum termasuk layanan add-on lain, seperti desain template tambahan dan plugin toko online.

Tidak hanya itu, Jarvis juga menawarkan dua sistem toko online, yakni sistem Pre Order dan sistem Order Inquiry. Sistem Pre Order diperuntukan bagi penjual dengan modal minim karena mereka bisa berjualan tanpa memiliki barang sebelumnya. Kelebihan dari sistem ini klien dapat mengetahui pasti jumlah barang yang harus disediakan dalam priode yang ditentukan. Klien juga dapat mengatur batasan pre order berdasarkan jumlah order ataupun batas waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan sistem inquiry ditujukan untuk klien yang ingin menampilkan informasi produk tetapi tidak menunjukan harga produk pada websitenya. pengaturan sistem ini berguna bagi pengusaha yang harga produknya terbuka untuk ditawar oleh pelanggan. keuntungan dari sistem ini klien dapat memberikan keputusan yang saling menguntungkan antara pihak pembeli dan penjual.

Hingga saat ini, Jarvis Store mengklaim sudah membuat lebih dari dua puluh ribu toko online klien yang tersebar di pulau Jawa, teruatama di Jawa Barat.

Jejualan

Startup yang baru meluncurkan aplikasi mobile untuk toko online merchant sudah berdiri sejak 2013 lalu. Penyedia jasa pembuat website yang berbasis di Yogyakarta ini sudah memeiliki lebih dari 30.000 merchant dan lebih dari 3.000 di antaranya telah berlanggan dan melakukan pembayaran bulanan. Untuk itu tidak mengherankan bila mereka mengembangkan platfomnya dengan menghadirkan aplikasi e-commerce sendiri guna mempromosikan produk serta website kliennya.

Jejualan memberikan berbagai fitur pendukung toko online mulai dari pembuatan website, payment gateway, marketing hingga logistik. Seluruh fitur ini didukung dengan bekerjasama oleh berbagai mitra, contohnya untuk pembayaran Jejualan bekerja sama dengan Paypal, Doku dan Veritrans untuk meneydiakan saluran pembayaran online di luar tarsfer bank. Sementara untuk pengiriman barang, Jejualan bekerja sama dengan JNE dan POS Indonesia untuk pembaruan ongkos kirim.

Untuk tema website yang diterapkan oleh Jejualan pada Website klien mereka menyediakan tamplate beragam dan terupdate dengan berbagai kategori sesuai kebutuhan klien. Mengenai desain, Jejualan juga bermitra dengan Sribu untuk menyediakan jasa desain situs web toko online.

Kelebihan lainnya dari Jejualan adalah mereka menyediakan fitur notifikasi melalui SMS setiap kali terjadi transasksi. Pengguna juga bisa mengatur agar semua foto atau informasi peroduk yang diungga ke situs web bisa tampil juga di akun Facebook atau Twitter yang telah dihubungkan. Mereka juga bisa menampilkan foto yang ada di akun Instagram pada website toko online mereka dengan fitur plugin yang disediakan Jejualan.

Untuk dapat mendapatkan layanan dari Jejualan pengguna bisa memilih 4 paket , yaitu Alfa, Beta, Gamma, dan Delta. Paket berlangganan ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 99.000 per bulan  hingga Rp 999.000 per bulan. Namun bila calon pengguna ingin mencoba layanan-layanannya terlebih dahulu, Jejualan menyediakan percobaan gratis selama 15 hari sebelum pengguna harus beralih ke salah satu dari 4 paket berlangganan di atas.

Kola

Diluncurkan pada 20 Februari 2016 lalu, Kola adalah sebuah layanan pengembangan aplikasi bagi pelaku bisnis di sektor UKM yang dibangun oleh Dani Purnama, Hendi Tridianto dan Idham Budiman. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Kola di desan dengan kelengkapan yang diperlukan untuk pelaku UKM dan dapat dikustumisasi sesuai kebutuhan penggunannya. Selain itu, khusus untuk layanan shopping online, kola juga menyediakan sebuah fitur unik yang mereka kukuhkan fitur pertama yang ada di Indonesia, yaitu Kolaborasi.

Fitur ini berguna bagi pelaku usaha yang tidak mempunyai produk sendiri. Dengan cara mengaktifkan fitur KOLAborasi ini maka mereka bida memiliki sebuah marketplace yang berisi produk-produk siap jual dan dapat memasarkan kepada para pengguna aplikasinya. Dan jika ada produk milik orang lain yang terjual di aplikasinya maka pemilik aplikasi akan mendapatkan komisi penjualan.

Sistem pembayaran yang disertakan pada aplikasinya pun dibuat lebih mudah dan aman. Kola secara khusus menerapkan system pembayaran via Rekening Bersama Kola (RBK) untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik bagi pembeli maupun penjual.

Sementara untuk pembuatan aplikasi marketplace UKM, Kola menargetkan hanya memerlukan 1-2 hari dari mulai pengguna submit asset hungga live di Google Play Store dan siap untuk diunduh oleh public. Sedangkan untuk iOs bisanya sekitar 2 minggu karena mengikuti schedule review dari pihak App Store.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY