Point Of Sales Indonesia, Software Kasir Untuk UKM

pos untuk ukm

Point of sales Indonesia atau Akrab dengan POS? Apa itu POS? POS adalah sebuah program yang digunakan untuk mempermudah transasksi penjualan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha retail baik bersekala kecil menengah atau pun besar dengan menggunakan sistem kasir yang tercatat. Dahulu POS disamaartikan dengan mesin kasir (cash register), namun kini istilah ini tidak tepat untuk merujuk mesin kasir. Kasir yang biasa kita ketahui bisanya menggunakan alat-alat bisa, seperti scan kode, laci untuk menyimpan uang, komputer, printer struk dan komputer, nah pada dasarnya sistem ini masih menggunakan sistem perhitungan kalkulator saja dengan tambahan sistem pembayaran kartu kredit, debit maupun e-money.

Namun kini, semakin berkembangnya teknologi sudah banyak startup yang menawarkan aplikasi kasir yang lebih praktis dan lengkap dengan menggunakan sistem point of sales. Aplikasi kasir ini digunakan untuk keperluan baik usaha kecil menengah hingga besar. Sistem POS lebih sederhana, terjangkau dan dengan memanfaatkan smartphone, tablet atau perangkat nirkabel lainnya.

Apa gunannya POS untuk kebutuhan usaha retail?

Ada beberapa keuntungan bila menggunakan aplikasi point of sale ini di antaranya adalah sebagai berikut.

Dapat mendata semua transaksi
Dengan menggunakan aplikasi POS ini pengguna dapat mendata setiap transaksi secara lengkap dan detail. Bukan hanya itu, pengguna juga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada saat itu ataupun dapat dipilih dalam periode waktu tertentu.

Cek stok barang bisa lebih mudah 

Software ini akan sangat bermanfaat bagi usaha retail yang harus dihadapi dengan banyaknya jumlah barang di dalam gudang. Dengan memanfaatkan POS pengguna gapat mengecek persediaan barang di mana pun secara acak. Hal ini akan mengurangi kecurangan atau kelalaian Anda dan para karyawan.

Dapat melihat laporan secara real-time

Laporan penjualan dan pengeluaran akan jauh lebih mudah dibantu dengan aplikasi ini. Di mana pengguna dapat memeriksa laporan-laporan tersebut secara online dan real-time karena menggunakan fitur cloud storage. 

Mengubah harga jual lebih mudah

Pengguna dapat mengubah harga jual secara cepat dan mudah. Misalkan apabila barang yang Anda jual memang biasa naik dan turun mengikuti nilai tukar mata uang asing, pengguna tidak perlu mengganti satu per satu dan memakan banyak waktu, cukup ganti berdasarkan kategori barang.

Transaksi lebih mudah

Mempersingkat proses transaksi dan menjaga kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang berlangsung.

Dari beberapa keuntungan-keuntungan di atas Anda berminat untuk mencoba layanan POS untuk keperluan usaha? Nah, berikut adalah point of sales indonesia POS untuk UKM yang sudah cukup banyak terapkan oleh toko retail di tanah air.

OLSERA

Olsera merupakan aplikasi penjualan yang terdiri dari point of sales (POS) untuk perangkat Android atau iOS. Tidak hanya memberikan layanan POS, Olsera juga membantu pelaku usaha yang ingin mulai menjamah toko online dengan didukung oleh sistem POS yang dapat digunakan melalui smartphone serta tablet milik pengusaha. Olsera didesain untuk keperluan segala jenis toko, restoran, bar dan bisnis retail lainnya. Semua transasksi yang dilakukan (POS dan Toko Online) akan tersimpan di dalam manajemen penyimpanan cloud Olsera. Sehingga baik POS dan toko online dapat berbagi data inventaris, penjualan, laporan dan analisa.

Ada 3 paket yang ditawarkan yaitu Cloud POS, Toko Online, dan mobile app. Cloud POS dibandrol dengan harga Rp 98.000, layanan toko online diberi harga Rp 98.000 perbulan, dan mobile app dengan harga Rp 375.000 perbulan.

Omega Pos

Point of sales Indonesia lainnya adalah Omega Pos Cloud adalah software point of sales online menggunakan dukungan layanan cloud computing 1.0 dari Omegasoft. Dengan layanan tersebut database akan terkoneksikan ke semua cabang usaha pengguna di berbagai wilayah, kota bahkan negara dengan menggunakan sambungan koneksi internet. Jadi saat pengguna berada di luar, mereka tetap bisa mengawasi bisnisnya secara real-time. Paket layanan POS yang ditawarkan oleh Omegasoft dibandrol dengan harga Rp 125.00 perbulan.

Moka

Untuk menggunakan aplikasi Moka POS ini, pengguna bisa memanfaatkan iPad sebagai mesin untuk mengoperasikan aplikasi ini. Dilengkapi dengan teknlogi berbasis cloud pengguna dapat mengatur outlet-outlet dengan menggukan asatu akun. Dengan cukup memfilter laporan dan inventaris berdasarkan outlet. Selain itu, pengusaha juga bisa menelusuri cash flow dengan menggunakan fitur dari Moka POS. Sehingga pengusaha dapat mengetahui pergerakan uang kas masuk dan keluar serta berapa uang kas yang ada di penyimpanan uang.

Deal Pos

Aplikasi POS untuk usaha kecil menengah selanjutnya adalah Deal POS, yang dapat membantu pengusaha untuk mengantur inventory dan mencetak bon. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur offline check out sehingga dapat memungkinakan pengguna mengaksesnya tanpa menggunakan koneksi internet. Bukan hanya itu, Deal POS juga terdapat fitur perhitungan inventory, employe commission dan masih banyak lainnya.

Deal Pos memberikan 2 layanan pilihan yaitu starter dan standard. Starter diberi harga Rp 150.000 dengan ketentuan banyaknya users sebanyak 3 orang dan tidak disertakan fitur Digital Loyalty App untuk membership kostumer. Sedangkan untuk paket standard diberi harga Rp 250.000 per bulan dengan ketentuan user tidak terbatas.

Dokuku

Point of sales Indonesia selanjutnya adalah POS Dokuku. POS ini berbasis Windows dan Android yang bisa diakses secara online amupun offline. Namun bila pengguna ingin memidahkan data transasksi penjualan perlu menggunakan akses internet agar data bisa dialihkan ke pusat alias dashboard dokuku.com. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini salah satunya adalah pengguna bisa memanage harga per cabang. Jadi bila ada pengusaha yang memiliki beberapa cabang di berbagai daerah bisa mengontrol harga dari satu tempat saja.

Selain itu, juga disertakan user level management yang terdiri dari 3 level user yang bisa digunakan, yaitu Admin dengan hak askses full, Supervisor dan User dengan akses yang bisa dibatasi berdasarkan tanggung jawab pekerjaan. Layanan POS Dokuku ditawarkan dnegan harga Rp 200 ribu per bulannya dengan penambahan 1 cash register Rp 150 ribu/ bulan.

LEAVE A REPLY