Trik Jitu Sukses Jualan Online di Instagram

Kini berjualan secara online sudah sangat mudah sejak adanya marketplace atau pasar online yang sudah merajai metode berbelanja di Indonesia. Kini Anda berbelanja tidak harus pergi ke toko atau repot-repot menyediakan waktu. Cukup duduk santai di rumah sambil membuka laptop atau handpone kegiatan berbelanja sudah bisa dilakukan.

Sudah sangat enak bukan? Coba bandingkan saat belum ada situs belanja online, kita harus rela macet-macetan untuk mendatangi toko atau mall dan jalan beratus meter untuk menemukan barang yang sedang dicari. Selain marketplace juga ada media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi dan penjualan.

Sekarang yang jadi pertanyaan apakah produk atau brand yang dijual secara online melalui marketplace atau media sosial akan berhasil? Mungkin saja, namun ini tidak bisa dipastikan dalam jangka panjang. Alasannya adalah karena Anda berjualan pada lapak orang lain kemungkinan suatu saat usaha Anda bisa saja ditutup bila tidak mengikuti ketentuan dari pemilik marketplace atau sosial media yang Anda gunakan. Selain itu, usaha Anda juga sulit berkembang dan karena tidak ada bedanya dengan usaha online lainnya di marketplace dan media sosial. Terus harus bagaimana jika kita ingin usaha online namun ingin juga berkembang? Solusinya adalah gunakan keduanya, buatlah website khusus untuk usaha Anda dan promosikan lewat media sosial atau marketplace.

Untuk usaha di media sosial, sekarang ini sedang ngetren sekali jualan online di Instagram. Karena menurut engagement rate-nya Instagram lah yang lebih tinggi ratingnya ketimbang media sosial lainnya. Facebook sendiri  sebagai platform media sosial terbesar dan lebih banyak penggunanya memiliki engagement rate sekitar 0,05-1%, masih di bawah Instagram. Sehingga membuat foto yang diposting pada Instagram lebih banyak mendapatkan interaksi berupa komentar dan like. Nah, berdasarkan rating tersebut tentunya Anda sekarang lebih percaya bukan kalau media ini lebih efektif untuk usaha online? Berniat untuk memulai usaha di Instagram?

Berikut tips jualan online di Instagram

Lengkapi Bio pada Akun Instagram

Apa gunanya bio? Bio ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai usaha Anda dan tempat untuk memberikan informasi kontak yang biasa dihubungi untuk melakukan pemesanan. Apa saja yang ditulis di dalam Bio akun Instagram. Nama brand, nomor telpon, website dan format pemesanan (jika diperlukan). Pastikan informasi-informasi lengkap tertulis di dalam bio.

Gunakan hastag

Tips jualan online di Instagram berikutnya adalah dengan menggunakan hastag. Sebenarnya apa sih gunanya hastag? Peggunaan tagar ini dalam dunia Instagram diperlukan untuk mengelompokan suatu pesan. Jadi bila Anda memulai usaha lewat Instagram gunakan tagar atau hastag yang sesuai dengan produk yang sedang Anda promosikan. Ini bertujuan agar foto produk milik Anda lebih mudah ditemukan dengan hanya mengetikan keyword sesuai dengan yang Anda gunakan. Misalnya produk yang Anda promosikan adalah baju muslim maka gunakan lah #bajumuslim. Ingat jangan gunakan spasi bila keyword yang Anda gunakan lebih dari satu kata.

Gunakan foto yang berkualitas

Karena Instagaram merupakan media sosial yang lebih banyak mempublikasikan foto, maka gunakanlah foto yang menarik dan kembangkan wawasan Anda tentang bagaimana cara pengambilan gambar yang bagus. Dengan begitu produk Anda akan lebih baik di mata calon konsumen dan kemungkinan akan meningkatkan penjualan produk Anda.

Berikan detail produk secara lengkap pada caption

Selain memposting foto atau gambar produk yang bagus indah Anda juga perlu menyertakan detail produk pada bagian caption. Anda bisa memberikan harga bisa juga tidak. Tapi kami anjurkan untuk tidak memberikan harga karena hal ini dapat memicu rasa penasaran konsumen sehingga konusmen langsung menanyakan lewat kontak yang sudah Anda berikan atau melalui kolom komen. Nah, jika begitu Anda bisa dengan cepat mengesekusi pelanggan agar membeli produk Anda dengan rayuan dan godaan yang Anda miliki. Jika Anda belajar mengenai bagaimana cara menghadapi konsumen tentu ini akan sangat mudah Anda lakukan.

Gunakan Instagram Ad

Seperti halnya Facebook kini Instagram sudah dilengkapi dengan fitur advertising, dengan adanya Instagram Ad. Di mana bila Anda memiliki budget yang lebih, Anda bisa mencoba beriklan dengan menggunakan fitur tersebut. Bagaimana langkah menggunakan layanan iklan berbayar ini? langkah pertama adalah Anda harus masuk ke Power Editor dan Ad Manager kedua situs ini langsung terkoneksi dengan akun facebook Anda.

Jangan berkomentar spam ke foto orang lain yang tidak berkaitan

Spam tentu saja akan sangat menggangu apalagi foto yang dispam tidak berkaitan. Tentunya ini akan merugikan Anda nantinya akun Anda direport sebagai spam oleh orang lain yang anda bom bardir kolom komennya. Boleh saja melakukan promosi melalui kolom komen akun lain namun jangan lakukan berkali-kali. Maksimal lakukan lah 5 kali untuk 5 akun berbeda dalam satu hari.

Perhatikan jumlah post perharinya

Sama halnya dengan spam yang sebelumnya kita bahas, konsumen atau followers Anda akan sangat tergangu bila pada satu hari Anda memposting lebih dari 5 foto secara beruntut. Jangan pernah Anda lakukan ini biarpun usaha Anda baru dirintis sekali pun. Bila pada hari itu produk yang ingin Anda posting memang banyak buatlah jeda waktu, misal pada pagi hari Anda memposting 2 produk dan malam hari 2 produk sisanya lakukanlah besoknya.

Libatkan followers untuk promosi

Tips jualan online di Instagram berikutnya adalah dengan melibatkan konsumen juga bisa dilakukan bila sangat diperlukan. Yang dimaksud melibatkan konsumen adalah adakan lah kuis setiap 3 bulan sekali dengan memberikan hadiah. Langkah ini selain berguna untuk promosi juga bisa untuk menambah followers Instagram Anda.

LEAVE A REPLY