Peluang Bisnis Tata Rias Semakin Cerah, Seiring Permintaan Jasa Rias Wajah

Semakin banyaknya wanita yang mementingkan penampilannya membuka peluang bisnis baru yang menuntungkan, salah satunya bisnis tata rias. Bisnis ini digeluti oleh MUA atau yang disebut juga dengan Make-Up. MUA adalah profesi yang disematkan untuk seseorang yang bisa merias wajah seseorang menggunakan alat dan produk kosmetik.

Kadang profesi sebagai MUA masih disalah artikan sebagai perias untuk para artis. Padalah secara harifahnya, artist yang dimaksud bukanlah actress atau pelaku seni peran, melainkan seniman. Itu artinya make up artist adalah profesi yang membutuhkan keterampilan artistik dan seni tinggi tidak hanya untuk kalangan artis saja.

Baca Juga: Daftar Kompetisi Bisnis 2017-2018 Untuk Mengembangkan Usaha

Tapi kini, para wanita pasti sudah akrab dengan profesi satu ini, sebab MUA sudah mulai populer seiring dengan semakin banyaknya permintaan. Mungkin hampir semua wanita pernah menggunakan jasa MUA, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Seringkali profesi ini terlihat mudah dilakukan cukup modal peralatan dan sedikit teknik mereias wajah, sebagian orang merasa sudah siap terjun ke bisnis ini. Padahal tidak semudah itu, untuk memulai bisnis ini diperlukan keterampilan yang harus dimiliki oleh MUA.

Keterampilan yang harus dimiliki MUA

Untuk merintis bisnis ini kita dituntut untuk memiliki kemampuan mempoles wajah dengan baik, karena bisnis ini hanya bisa berjalan jika kita memiliki skill yang tinggi. Untuk memperdalam keahlian ini tidak cukup hanya belajar secara otodidak sekali atau dua kali saja. Hal ini karena banyak teknik merias wajah yang perlu diketahui.

Peluang Bisnis Tata Rias

Begitu pula dengan gaya riasan yang harus disesuaikan dengan acara apa yang ingin Anda atau klien Anda kunjungi. Selain itu, Anda juga harus bisa membedakan apa saja jenis-jenis make up. Bagi Anda yang belum tahu, ternyata make up memiliki beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Dilansir dari Sindonews.com, seorang beauty expert, Herty Hartati menjelaskan bahwa ada 3 jenis tata rias yang wajib diketahui MUA, yaitu:

  1. Tata Rias Korektif

Riasan yang bersifat menyempurnakan dan mengubah penampilan fisik yang dinilai kurang sempurna. Tata rias inilah yang paling umum digunakan oleh masyarakat, baik pria dan wanita.

  1. Tata Rias Fantasi

Adalah bentuk tata rias yang bertujuan untuk membentuk kesan wajah menjadi wujud khayalan tertentu. Seperti berupa bunga ataupun hewan. Umumnya dilakukan dengan merias bagian wajah, melukis di badan menata rambut dan sebagainya.

  1. Tata Rias Karakter

Merupakan tata rias untuk mengubah wajah seseorang mulai dari usia, bangsa, sifat dan ciri-ciri khusus yang melekat pada satu tokoh atau krakater tertentu yang ingin diadaptasi.

Bukan hanya skill saja yang perlu diperdalam, pemahan alat dan produk kosmetik juga wajib dimiliki oleh seorang MUA.

Modal mulai bisnis tata rias

Bicara bisnis pasti juga membahas modal awal yang diperlukan. Untuk bisnis satu ini, modal yang dibutuhkan diseuaikan dengan kesanggupan dan kualitas seperti apa yang ingin diberikan. Jika ingin riasan yang ditawarkan biasa saja, maka modalnya bisa kurang dari Rp 5 juta. Tapi jika menawarkan jasa riasan yang mengikuti perkembangan zaman yang menggunakan peralatan yang lengkap dan modern maka membutuhkan modal yang harus disalurkan lebih dari Rp 5 juta, bisa sampai Rp 10-20 juta.

Investasikan modal Anda untuk beberapa hal ini

Memulai bisnis make up artist tentu bukan hanya keterampilan yang dibutuhkan, tapi Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal penting lainnya, seperti peralatan make-up sampai beauty case. Nah, Agar modal Anda teralokasikan dengan baik untuk hal-hal yang penting, berikut ini GoUKM akan berikan rincian hal-hal apa saja yang diperlukan untuk mulai bisnis ini.

Mengikuti kursus tata rias

Peluang Bisnis Tata Rias

Modal awal yang harus dimiliki penata rias adalah keterampilan, ini dapat diproleh dengan mengikuti kursus tata rias wajah. Saat ini sudah banyak bermunculan lembaga kursus atau sekolah make-up yang bisa Anda datangi. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi harus belajar di mana, namun pastikan Anda memilih lembaga kursus atau skolah yang berikan fasilitas dan materi yang lengkap. Selain itu, Anda juga perlu tahu siapa pengajarnya dan bagiamana pengalamannya, lebih bagus bila mentor tersebut juga memiliki menggeluti bisnis MUA sehingga Anda bisa menggali lebih dalam ilmu yang ia miliki dan dapat diaplikasikan ke bisnis Anda.

Peralatan makeup lengkap dan berkualitas

Mengintip Bisnis Tata Rias

Setiap klien yang Anda layanani memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Riasan untuk pengantin yang ingin menikah pasti dibedakan dengan pengiring pengantin. Begitu juga dengan riasan calon yang ingin bertunangan atau menghadiri acara wisuda. Belum lagi seorang penata rias harus melayani klien dengan warna kulit yang berbeda-beda. Mana mungkin orang yang berkulit gelap diaplikasikan foundation dengan warna yang cerah bukan?

Dengan banyaknya kebutuhan tersebut tentu Anda sudah membayangkan seorang MUA harus memiliki peralatan yang lengkap. Alat yang digunakan seorang MUA di kelas menengah ke atas bisanya menyediakan produk kosmetik yang lebih mahal dari Rp 500 ribu setiap produknya. Produk-produk yang harus dimiliki MUA, seperti spons, foundation dengan berbagai warna kulit, mascara, eyeshadows, bulu mata palsu, macam-macam kuas untuk make-up, penjepit bulu mata, blush-on, bedak tabur dan padat, eyeliner, dan lainnya. Tidak hanya peralatan kosmetik saja, MUa juga harus memiliki perlengkapan-perlengkapa tambahan lainnya seperti beauty lamp, meja rias, koper make-up dan perlengkapan lainnya.

Gunakan modal untuk promosi

Dengan asumsi jasa Anda belum dikenal sama sekali, maka sangat perlu menganggarkan modal khusus untuk promosi. Anda bisa coba lakukan promosi melalui iklan media cetak atau online. Disamping itu, Anda juga bisa gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter untuk mempromosikan jasa Anda. Selain jadi media promosi, platform seperti Instagram juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan informasi tentang kecantikan dan tutorial makeup. Konten yang berguna seperti itu dijamin akan membuat julah follower Anda bertambah apa lagi jika ditambah dengan hashtag yang berhubungan.

Tambahkan koleksi baju

Uniknya Bisnis Tata Rias Pengantin

Kini banyak konsumen yang tidak hanya mencari jasa rias wajah tapi juga yang sekaligus paket sewa baju dengan alasan ingin menekan pengeluaran tambahan. Anda mungkin pernah menghadiri satu acara yang mengharuskan untuk menggunakan kebaya atau jas tapi tidak punya sehingga pilihannya hanya beli atau pinjam. Pernah? Harga kebaya atau jas pasti tidak murah sehingga akan memakan banyak biaya padahal hanya untuk digunakan di hari itu saja. Oleh karena itu, solusinya adalah pinjam ke jasa tata rias. Sebagai penyedia jasa tata rias dan sewa pakaian, baiknya Anda perbanyak koleksi busana baik itu untuk pengantin, acara wisuda, tunangan, undangan pernikahan. dan lainnya. Pastikan pilihannya beragam dan dengan model terbaru. Untuk melihat tren busana pengantin terbaru, Anda bisa melihatnya di buku, majalah fashion, blog fashion, atau media sosial seperti Instagram dan Pinterest.

Target pasar bisnis rias wajah

target pasar yang jelas bisnis ini tentu saja kaum wanita. Namun bukan berarti kaum Adam tidak bisa dijadikan target sasaran. Tidak sedikit lelaki yang juga ingin tampil lebih fresh dengan menggunakan makeup. Jadi dapat dikataan, bisnis ini memiliki target pasar yang luas. Umumnya bisnis rias wajah ini dibutuhkan orang saat menghadiri acara-acara spesial, misalnya graduation, pernikahan, tuangan, jumpa keluarga, acara makan malam dan ada juga yang membutuhkan jasa ini untuk sehari-hari.

Omzet yang dihasilan dari bisnis ini

Melakoni binsis tata rias ternyata sangat menguntungkan, pasalnya bayaran yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta dalam sebulan. Teku Paisal Pasha misalnya, salah satu make-up-artist asal Aceh yang telah lama merintis bisnis jasa tata rias. Dilansir dari pikiranmedia.co, dirinya mengaku selama dia menjalankan profesinya, penghasilan yang dihasilkan perbulannya bisa mencapai Rp 15-20 juta.

Untuk memperoleh penghasilan sebesar itu tentu tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Dirinya tetap harus melewati hambatan-hambatan, sampai akhirnya pamor dan riasannya diakui oleh masyarakat di Aceh. Untuk menggunakan jasa make-up-artist-nya, Pasha membanderol harga sebesar Rp 350 ribu hingga Rp 12 juta per pelanggan. Harga yang diberikan biasanya disesuaikan dengan produk makeup apa yang digunakan, jika pelanggan ingin menggunakan brand ternama luar negeri maka biayanya pun semakin mahal.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan pendapatan yang menggirukan tadi, Anda juga perlu meningkatkan kualitas riasan dan kosmetik. Ada harga pasti ada kualitas, istilah tersebut benar adanya. Bila Anda mematok harga yang mahal, tentu harus dibarengi dengan kulitas yang baik juga agar tidak mengecewakan konsumen. Untuk itu, omset yang didapatkan oleh penata rias tersebut masih harus dialokasikan untuk membeli kosmetik dan peralatan rias.

Tips jalankan bisnis merias wajah

Meski profesi make-up-artist sedang menjadi tren dikalangan Anak muda, jangan membuat Anda langusng PD terjun ke bisnis ini. Seperti yang sudah dijelaskan barusan banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menjajaki bidang ini, mulai dari keterampilan, perlengkapan hingga cara promosinya. Tapi jika punya, bakat, minat dan passion di make up ada baiknya Anda coba perdalam ilmu bisnisnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Yuk Intip Bisnis Artis, Bisnis Kekinian Dikalangan Para Selebritis

Nah, kalau sudah menjalani profesinya Anda harus bisa komitmen dengan pekerjaan yang Anda pilih ini. Jangan sampai saat orang menyepelekan pekerjaan ini, Anda malah langsung banting setir ke bisnis lainnya. Seringlah bertukar pikiran dengan sesama penata rias, bisa melalui forum khusus fashion dan kecantikan maupun menghadiri seminar dan workshop.

Sementara untuk melengkapi peralatan kosmetik, tahap permulaan sebaiknya Anda coba cari tahu toko kosmetik yang menyediakan produk berkualitas namun murah. Karena kebanyakan perlengkapan make-up-artist cenderung mahal, jadi ini solusi yang tepat jika Anda baru ingin mulai jadi makeup artist. Bila dari hasil permintaan jasa makeup sudah terkumpul untuk beli produk yang mahal, baru Anda beli. Tapi bila Anda ingin menggunakan produk kosmetik yang langsung mahal dan berkualitas, sah-sah saja selama Anda sanggup membelinya. Kalau tidak Anda bisa menabung atau mulai mencicil beli produk yang lebih high end.

Tips bisnis tata rias selanjutnya adalah gunakan media sosial sebagai portofolio Anda. Media sosial kini sudah seperti pemasaran gratis yang tidak ada jengjang waktu. Jadi manfaatkanlah sebaik mungkin untuk bisnis Anda. Caranya bisa dengan memposting foto kilen yang telah Anda makeup sendiri. Namun terkadang konsumen masih ragu soal keaslian foto, mungkin saja foto terlebih dahulu diolah agar model yang Anda makeup terlihat mulus. Agar tidak ada kesanksian maka buatlah video proses makeup berdurasi pendek dan posting juga ke akun media sosial Anda.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY