Yuk Intip Bisnis Artis, Bisnis Kekinian Dikalangan Para Selebritis

Bisnis Artis

Bisnis artis tahun ini semakin mewabah. Padahal bukan rahasia umum lagi jika menjadi artis uangnya bejibun. Namun itu hanya sementara ketika mereka ada di puncak ketenaran. Bagaimana jika nama mereka sudah mulai tenggelam? Bisa-bisa mereka memiliki banyak utang.  Sehingga tak sedikit artis yang mencoba bisnis kuliner artis, bisnis fashion artis, bisnis hiburan artis,  event organizer, property artis,  hingga bisnis kecantikan.

Karena bagi mereka dunia keartisan tak lama. Banyak pemain baru yang akan menggantikan mereka. Apalagi jika usia sudah menua dan wajah sudah tak lagi muda. Sehingga mereka memang sudah mempersiapkan berbagai bisnis artis sesuai dengan keahlian mereka.

Bisnis Kuliner Selebritis

Bisnis kuliner artis salah satu menjadi usaha yang para selebritis incar. Tentunya karena kuliner memang banyak yang mencarinya. Orang Indonesia juga memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga ingin mencicipi langsung bisnis kuliner artis favoritnya. Selain itu bisnis kuliner juga digadang banyak konsumennya, mudah dijalankan dan menghasilkan untung yang besar.

Sehingga bisnis kuliner artis memang menjadi incaran. Tak sedikit media yang memberitakan bahwa para selebritis sedang membuka rumah makan, baik di ibu kota maupun di daerah. Dengan label artis yang dimilikinya tentunya bisa menjadi penglaris. Karena jika orang biasa harus berusaha semaksimal mungkin untuk memasarkan produknya.

Baca juga : Mau Buka Usaha Makanan? Ini Ide Bisnis Makanan Unik, Kreatif Tapi Menguntungkan

Bisnis kuliner artis ini biasanya yang dirambah adalah kuliner luar negeri atau kuliner khas suatu daerah. Dengan begitu rumah makan mereka menjadi berbeda dengan rumah makan pengusaha kuliner lainnya. Tentunya untuk promosi, mereka memanfaatkan para teman sesama artis. Hitung-hitung mentraktir teman sekaligus endorse gratis.

Bisnis Artis

Dengan banyaknya artis yang nongkrong maka banyak pula orang yang tertarik untuk makan. Hanya sekedar ingin berjumpa atau berfoto dengan artis biasanya orang rela untuk membayar mahal makanan. Ditambah lagi kini maraknya media sosial, biasanya teman sesama artisnya yang makan disana disuruh menguploud foto beserta makanan dan tempatnya.  Menguntungkan bukan menjadi artis yang berbisnis rumah makan.

Beberapa artis yang bisnis kuliner adalah Mike Luwis yang  memiliki rumah makan bernama Mid Town di kawasan SCBD, Jakarta Selatan yang menyajikan makanan khas Asia, Italia dan Western. Tamara Bleszynsky dengan rumah makan Prive Club & Mezza9 yang letaknya di FX Plaza. Titi Kamal yang membuka rumah makan khas Sunda yang bernama Riung Sari, Warung Tekko Khas Iga Sapi dan Ayam Jerit, sementara Dona Agnesia dan Revalina S Temat yang membuka restoran Teriminale Takigawa.

Indy Barend yang membuka restoran Italia bernama Pizza Otentik Italia. Gunawan juga membuka rumah makan yang tenar dengan nama Bumbu Dapur. Begitu juga dengan Bunga Citra Lestari yang membuka rumah makan dengan hidangan western dengan nama TGI Friday yang artinya Thanks Godness It’s Friday. Aktor muda yang sedang bersinar namanya juga tak mau kalah dengan membuka rumah makan CJ Tomyum Seafood Thailand.

Bisnis Oleh-Oleh Khas Artis

Tahun ini para artis berbondong-bondong untuk bisnis oleh-oleh artis. Tepatnya bulan ramadhan tahun ini. Para selebritis tersebut pun melakukan sesi foto bersama dengan produk oleh-oleh yang diusungnya. Ternyata mereka memang dinaungi oleh manajemen yang sama Jannah Corp (j-Corp) yang membawahi bisnis oleh-oleh artis yang memproduksi makanan khas daerah.

Bisnis Artis

Sebut saja,  Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan Gigi Eat Cake,  Prilly Latuconsia dengan Really Cake Khatulistiwa, Laudya Chyntia Bella dengan Makuta di Bandung, Mika Thambayong dengan Mivil Cake Manado, Ussy Sulisetyawati dengan Cirebon Kelana. Irwansyah dengan Palembang Lamonde, Dewi Sandra dengan Semarang Wing Korolls, Sarwendah dengan Jambi Jambe, Ruben Onsu dengan Smarang Thal Cake, Ria Ricis dan Oky Setiana Dewi dengan Surabaya Patata, Chelsea Olivia dan Glenn Alinsky Semarang Wife Cake, Ayu Ting Ting dengan nama Solo Den Ayu.

Bisnis Kecantikan Artis

Orang akan rela bayar mahal demi mendapatkan wajah yang cantik. Hal tersebutlah yang membuat para artis mencoba peruntungan di bisnis kecantikan artis. Selain modal ketenaran nama mereka, para artis pun sudah memiliki modal kecantikan mereka. Jadi mereka tak perlu repot meyakinkan semua orang untuk produk kecantikan mereka.

Tak sedikit artis wanita yang mencoba peruntungan di bisnis kecantikan artis ini misalnya Ashanty yang mengeluarkan produk kecantikan berupa beauty cream, Aurel yang mempromosikan lip creamnya, Febi Febiola dengan Masker Kefirnya, Prilly Latuconsina yang memasarkan prudk kecantikan dengan merek ILY cosmetics yang measarkan produk seperti bedak, pelembab, pembersih dan sejenisnya.

Tak ketinggalan Ussy Sulistiawaty yang bisnis kecantikan artis dengan produk mulai dari lipstick, bedak, pelembab, pembersih, bulu mata dengan merek Dissy, kependekan dari namanya Andika dan Ussy. Meski namanya sudah lama tenggelam ternyata Nafa Urbach sedang sibuk bisnis kecantikan yang ia geluti karena hobi dandan. Produk kecantikan yang dia beri nama Daita ini sudah ada distributornya di beberapa kota besar. Produknya berupa krim pencerah wajah hingga bulu mata. Penyanyi Dangdut Inul Daratista pun tak mau ketinggal. Di samping bisnis karokenya dia pun berbisnis kecantikan yang dijualnya mulai dari lispstick, bedak, hingga skin care.

Pemain film setenar Dian Sastrowardoyo ini juga memanfaatkan ketenarannya sebagai artis dengan membuka salon. Tak hanya itu artis yang namanya pernah mencuat kemudian menghilang, Bunga Zaenal sedang sibuk bisnis kecantikan dengan produk yang namanya sama dengan dirinya Bunga Skin Care. Begitu juga dengan artis pendatang baru yang usianya masih 19 tahun, Natasha Wilona yang bisnis kecantikan produk masker Kefir.

Bisnis Event Organizer

Bisnis Artis

Banyaknya artis yang membuat event, membuat sebagian artis pun menjadikan bisnis event organizer menjadi  bisnis sampingannya. Salah satu artis yang sukses bisnis event organizer adalah Rina Gunawan. Istri dari aktor Teddy Syah ini sudah lama mengembangkan bisnisnya sejak tahun 1992, namun karena sibuk di dunia akting dan tarik suara dia tak fokus sehingga bisnisnya terbengkalai.

Namun karena kini dia mengurangi jadwal di dunia keartisannya bisnis event organizer miliknya pun kini sudah berkembang pesat. Beberapa artis besar dan pejabat sudah menggunakan jasanya. Sebut saja Krisdayanti yang menggunakan EOnya untuk ulang tahun putra putrinya, Eko Patrio dan Viona untuk pernikahannya, Ussy Sulisetyawati, Dude Herlino dan Alysa Subandono, Fery Maryadi, Nico Siahaan, dan Adinda Bakri yang menggunakan jasanya untuk wedding.

Salah satu artis yang juga mencoba peruntungan di dunia event organizer adalah Teuku Zacky.  Dia mendirikan PT Kwartet Vaganza Indonesia yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah event di seluruh penjuru Indonesia mulai dari kota besar hingga mancanegara. Pasangan suami istri artis, Mona Ratulio dan Indra Brasco ini juga sedang sibuk menjalankan bisnis event organizer. Salah satu event yang ditangani oleh mereka adalah acara Musik Jazz Festival (JJF) di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran Jakarta.

Bisnis Artis di Bidang Property

Property ternyata menjadi bisnis lahan basah yang menarik bagi siapa saja termasuk di kalangan selebrity. Property bahkan dijadikan sebagai smapingan bahkan utama dari bisnis artis. Sebut saya Maia Estianti yang beberapa tahun ini mencoba menjual beli apartemen mewah. Nikita Willy yang bersama sang ibu membangun bisnis cluster yang bernama Winona Residence. Selain cluster Nikita juga menekuni jual beli apartemen, tanah dan townhouse. Andika Pratama dan Ussy Sulistiawati yang berhasil membangun 9 unit  cluster di daerah Pondok Labu Jakarta Selatan dengan Dissy Desari Residence.

Baca juga : Mau Investasi Rumah? Cara Mengajukan KPR Paling Ampuh Agar Tidak Ditolak Bank

Tak ketinggalan penyanyi pop Indonesia, Rossa yang juga turun ke bisnis properti ini sejak tahun 2002. Sebelum dia menjual rumah dia merenovasi dulu rumahnya. Kemudian Titi Kamal, yang selain bisnis kuliner dia juga terjun ke bisnis properti ini dengan menjual apartemen dan rumah di Jakarta dan Bandung serta vila mewah di Bali. Tak ketinggalan aktris pemain Tukang Bubur Naik haji yang menekuni bisnis properti karena melihat properti merupakan kebutuhan pokok jangka panjang dan naik setia tahunnya.

Bisnis Aksesoris/Perhiasan

Bisnis Artis

Dengan kehidupan yang sangat hedon tentunya perhiasan menjadi sarana pelengkap bagi para artis. Dan ternyata tak sedikit yang memanfaatkan kesempatan ini.  Perhiasan dijadikan sebagai salah satu sampingan bisnis artis.

Baca juga : 10 Ide Usaha Kreatif dan Unik ini Terbukti Menghasilkan Banyak Duit. Yuk Coba!

Misalnya saja Happy Salma yang sudah cukup lama menggeluti bisnis perhiasan ini. Dia menekuni bisnis ini lewat Tulola Jewelry. Untuk perhiasan seperti cincin, kalung, anting, gelang dan lain-lain dirinya sendiri yang mendesain. Happy mendesainnya dengan menggabungkan motif modern dan tradisional. Sehingga cocok dikenakan di setiap acara mau santai atau pun acara resmi tradisional.

Aktris cantik Pevita Pearce juga mencoba peruntungan dari bisnis artis. Dia mencoba bisnis perhiasan artis dan aksesoris. Pemain tenggelamnya kapal Van Der Wicjk ini menggunakan label Hippearce untuk perhiasan dan jewelry yang dihasilkannya. Hippearce sendiri telah memproduksi kalung, gelang cincin, anting dan crown secara online.

Bisnis Ternak dan Perkebunan

Bisnis yang satu ini memang jarang dijadikan bisnis artis. Karena memang agak sulit dalam mengelolanya. Namun ternyata Dona Agnesia justru menekuninya, dia mencoba peruntungan dengan berbisnis ternak dan perkebunan. Padahal dirinya tak memiliki keahlian dalam bidang pertanian dan peternakan.

Bisnis yang dicobanya adalah bertanam kayu jati, jabon, ubi jalar dan berternak ayam. Dona memulai usaha ini dengan mengumpulkan sepetak demi sepetak tanah hingga sekarang dia sudah memiliki  hektar tanah yang sudah ditanami dengan pohon kayu jabon, jati dan ubi jalar yang berada di daerah Kabudungan, Sukabumi, Jawa Barat. Sementara untuk mengembangkan bisnis ternak Dona Agnesia telah memiliki lahan seluas 1 hektar untuk mengembangkan bisnis ayamnya. Dona tentunya tak sendirian dalam berbisnis ini, dia dibantu oleh para penduduk yang dijadikan Dona sebagai pegawainya.

Bisnis Fashion Artis

Bisnis Fashion artis memang tiada habisnya. Tentunya yang jadi market dari bisnis fashion artis ini ya artis itu sendiri. Karena para artis biasanya tak mau mengenakan baju yang sama ketika pergi ke suatu acara. Sehingga peluang ini dimanfaatkan oleh sebagian artis untuk membuka bisnis ini.

Sebut saja Risty Tagor, yang sejak mengenakan hijab dia mulai menekuni bisnis pakaian muslimah dengan fashion hijab syar’i. Tak tanggung-tanggung bisnisnya sudah menembus pasar internasional dengan brand Ristyland.

Bisnis Artis

Selain Risty Tagor, yang menekuni bisnis fashion artis yang sejenis dengan Risty Tagor adalah  adalah Lyra Virna, Zaskia Sungkar, Zaskia Adya Mecca. Selain dunia hijab ada lagi Aktris yang memang sudah lama menekuni dunia fashion yaitu Ivan Gunawan. Sebelum tenar menjadi artis Igun panggilan akrabnya memang sudah terlebih dahulu terjun ke bisnis fashion artis.

Dan ada lagi artis yang mencoba peruntungan di dunia fashion seperti Raffy Ahmad dengan jeansnya yang diberi nama RA Jeans. Begitu pula dengan Daniel Mananta, VJ MTV ini sudah beberapa tahun ini mencoba peruntungan di dunia bisnis artis dengan membuka bisnis kaos yang berlabel Damn! I Love Indonesia. Tak mau ketinggalan juga Luna Maya yang sudah membuka bisnis fashion artinya dengan brand Luna Habit.

Meski banyak artis yang menekuni dunia bisnis. Namun tak semua artis yang memiliki banyak bisnis hingga disebut sebagai artis yang memiliki kerajaan bisnis karena sangking banyaknya bisnis yang digeluti dan tergolong sukses. Berikut Contoh Artis yang Sukses Berbisnis

  1. Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Bisnis Artis

Pasangan selebritis ini sebelum menikah memang sudah melakoni bisnis masing-masing. Tak heran jika setelah mereka menikah semakin melejit. Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini pun disebut-sebut menjadi kerajaan bisnis. Karena ada 9 bisnis yang mereka berdua geluti.

Bisnis yang paling awal digeluti oleh Raffi Ahmad adalah bisnis otomotif. Karena memang dia memiliki hobi mobil mewah hingga motor gede. Dan sebelum menikah Raffi Ahmad sudah berbisnis properti dan apartemen sejak tahun 2009 dan mulai serius menekuninya di tahun 2013 dengan apartemen mewah di SCBD Sudirman, Tanggerang, Bali, dan Kepulauan Seribu.

Bisnis tersebut seperti kuliner dengan nama nasi lidah raden dan Bakmi RN yang merupakan singkatan dari nama mereka berdua. Bakmi RN sendiri kini telah memiliki 14 outlet di Jabodetabek dan sudah ada di kota besar seperti Medan, Bandung, Palembang, Makassar, Bogor dan  Surabaya. Bisnis kecantikan pun mereka dua garap, mulai tahun 2016 mereka meluncurkan sebuah merek masker yang diberi nama Rans Probiotic Mask dengan harga Rp200-Rp560ribu.  Mereka pun mencoba bisnis fashion dengan brand RA Jeans yang telah mereka berdua geluti sejak tahun 2015 silam.

Raffi Ahmad pun semakin mengembangkan sayapnya dengan mengeluarkan produk berupa parfum dengan nama mereka Raffi Nagita. Dalam bisnis yang satu ini Raffi bekerjasama dengan salah satu bank. Raffi Ahmad dan Nagita pun tak berpuas diri mereka pun melebarkan sayap lagi ke bisnis furnitur dengan brand Rans. Furnitur yang mereka jual seperti tempat tidur, meja, kursi, sofa dan bantal kursi.

  1. Bisnis Maia Estianti

Meski sudah menjadi musisi papan atas dan mengorbitkan artis-artis ternama bukan berarti Maia Estianti tak ingin menekuni bisnis artis. Dia justru membuka beberapa usaha untuk bekalnya di hari tua. Karena dunia keartisan hanyalah sementara. Berikut sederet bisnis Maia Estianti yang bisa menginspirasi Anda.

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang ditekuni, ibu tiga putra ini. Karena menilai bisnis properti merupakan bisnis yang jangka panjang. Di awal dia membeli apartemen yang kurang bagus kemudian dia mendesain kembali agar lebih cantik dan meningkatkan nilai beli pembeli. Tak hanya itu bisnis Maia Estianti pun tak jauh dari dunia keartisan yakni bisnis karaoke keluarga yang berlabel Alegro Family KTV yang kini memiliki tiga cabang di Jakarta, Medan dan Batam. Omzetnya pun tak main-main bisa mencapai Rp1 Miliar rupiah perbulan.

Tak hanya itu bisnis Maia Estianti pun merambah ke bisnis klinik kecantikan bekerjasama dengan dr Novita Pristiwaningrum dia mencoba mengelola klinik kecantikan yang bernama CnC. Selain membuka klinik kecantikan, Maia pun mencoba peruntungan dengan membuka bisnis kosmetik dengan label EMK yang terdiri dari berbagai produk seperti serum, night cream yang produknya berasal dari Amerika Serikat. Dan meski belum menggunakan hijab, Maia mencoba merambah ke bisnis hijab yang dijualnya dengan harga bersahabat mulai Rp70.000.

  1. Bisnis Jesica Iskandar

Meski telah sukses menjadi aktris, penyanyi, presenter bahkan pelawak bukan berarti Jesica Iskandar tak ingin melakoni bisnis artis. Bahkan kini ibu satu orang putra ini telah menjalani lima bisnis sekaligus untuk investasi hari tua dan anak semata wayangnya. Berikut bisnis artis yang akrab disapa Jedar ini.

Bisnis clothing line menjadi bisnis yang dipilihnya, dia memberi nama label produknya dengan nama JESS mirip seperti namanya. Tipe baju yang dijual adalah baju-baju casual ready to wear yang kini cukup laku di pasaran. Selain itu Jedar pun mencoba peruntungan di bisnis kosmetik. Dia menjual produknya dengan merek JEDAR, dari mulai lotion hingga BB cream.

Tak hanya itu, dunia kuliner pun mulai dilirik oleh pemain utama Dealova ini. Dia mencoba menjual Roti kasur yang diberi label anaknya, Barack Bakery. Selain itu Jedar juga membuka bisnis fashion anak, dengan anaknya menjadi brand sekaligus modelnya. Dengan nama Kimi Kids. Jedar juga siap meluncurkan klinik kecantika turunan dari bisnis kosmetiknya yang diberi nama Jedarskincare.

LEAVE A REPLY