10 Ide Usaha Kreatif dan Unik ini Terbukti Menghasilkan Banyak Duit. Yuk Coba!

Memiliki ide usaha yang kreatif dan unik adalah sebuah modal besar dalam mendirikan sebuah bisnis. Apalagi saat ini kompetisi semakin tinggi sehingga orang-orang yang membuka usaha dituntut memiliki inovasi yang unik dan kreatif agar membuat konsumen penasaran untuk membeli.

Berikut 15 Ide Usaha Kreatif yang Jarang Dipikirkan oleh Orang di Indonesia

1.       Bisnis Rotan menjadi Peralatan Rumah Tangga Berkarakter Lucu Raup Beromzet Rp50juta/Bulan

10 Ide Usaha Kreatif

Peralatan rumah tangga berbahan baku rotan memang banyak dicari karena bahannya yang kuat sehingga tahan lama. Sayangnya rotan yang dijual di pasaran bentuknya kaku, sehingga membosankan. Namun, ditangan Cismi Cikwati, rotan-rotan kaku tersebut disulapnya menjadi peralatan rumah tangga yang memiliki karakter lucu seperti Hello Kitty, Winie The Pooh, Boneka Sapi, Teddy Bear.

Rotan tersebut dijadikan sebagai keranjang baju kotor, tempat mainan, kota asesoris, tempat lampu tisu dan lain-lain. Inovasinya Cismi yang bermodal awal Rp10juta kini sudah meraup omzet hingga Rp50juta per bulannya.  Harga barangnya bervariasi mulai dari Rp65.000 hingga Rp1,5juta.

Ide bisnis yang dia beri nama Me and Dots ini  dia jual via online dan offline. Anda bisa membelinya di  Gandaria City dan ITC Mangga Dua sementara online melalui instagram dan website resminya. Saat ini telah banyak yang mengikuti bisnis rotan Cismi, sehingga wanita muda ini harus berinovasi terus dengan menambah jumlah karakter animasinya untuk gambar di rotannya.

2.       Usaha Buka Jasa Foto di Rumah Terbalik

10 Ide Usaha Kreatif

Membuka usaha studio foto itu sudah biasa yang luar biasa membuka usaha jasa foto di rumah terbalik. Usaha yang satu ini memang terbilang baru dan masih jarang ditemui namun ternyata banyak yang berminat. Rata-rata pengunjungnya mencapai 100 orang. Dan pada hari libur jumlah pengunjung semakin meningkat.

Setiap harinya upside down world buka mulai pukul sepuluh pagi dan tutup pukul tujuh malam. Dengan tarif Rp80.000 untuk dewasa sementara anak-anak Rp40.000. Biaya tersebut sudah termasuk asuransi bagi setiap pengunjung, Selain itu para pengunjung juga bisa minta difotokan tanpa harus membayar biaya tambahan.

Salah satunya sebuah usaha yang diberi nama Upside Down ini terinspirasi dari film upside down yang memiliki konsep ruangan yang semua perabotannya terbalik. Sehingga pengunjung bisa berfoto dalam ruangan terbalik. Karena benda-benda seperti tempat tidur, sofa, meja makan, lemari hingga kloset tertempel pada langit-langit. Semua barang yang ditempel adalah asli. Meski begitu ketika berfoto jangan khawatir masalah keamanan karena sudah diperhitungkan.

Wisata upside down sudah bisa ditemui di Kota Bandung, Bali dan Yogyakarta.

3.       Jual Bisnis Makanan Duka Cita

Ide Usaha Kreatif

Makan-makan identik dengan suasana suka cita seperti pernikahan, wisudaan, ulang tahun dan lain-lain. Namun, bagaimana jika makan-makan dalam suasana duka cita? Di Indonesia memang untuk jual bisnis makanan duka cita belum semarak yang ada di luar negeri.

Salah satu orang yang mengembangkan bisnis ini adalah David Storke yang merasa miris ketika dia melihat banyak bunga duka cita justru terbuang begitu saja padahal harganya lumayan mahal. Dia pun berpikir bunga duka cita sebenarnya tak perlu dibutuhkan oleh mereka yang sedang berduka. Namun yang paling dibutuhkan adalah makanan duka cita. Karena mereka tak sempat memasak dan banyak tamu yang berdatangan.

 Selain itu menurutnya mengungkapkan rasa bela sungkawa lewat bunga sepertinya sudah biasa. Makanya dia mengabadikan diri di rumah duka selama 27 tahun sambil membuka sebuah bisnis makanan duka yang di pasarkan dalam website dengan nama sympathyfood.com. Makanan yang dijual harganya lebih murah dan bergizi selain itu sehat dan efektif untuk mengungkapkan rasa duka. Sepertinya bisnis seperti ini jika dilakukan di Indonesia akan banyak peminatnya.

4.       Freelance Admin Medsos Tokoh Terkenal

Ide Usaha Kreatif

Saat ini media sosial memang menjadi daya tarik tersendiri.  Tak terkecuali bagi orang terkenal mereka tak mau ketinggalan berseluncur di dunia maya. Namun bagi tokoh terkenal untuk membuat status tentunya tak boleh sembarangan bisa-bisa dia mendapatkan kecaman atau bahkan kehilangan banyak fans. Selai itu mereka terkadang tak sempat untuk membuat status atau membalas komentar oleh sebab itu mereka merekrut admin medsos.

Asyik bukan menyelami profesi menjadi admin medsos. Tipsnya untuk menjadi admin medsos agar tak banyak hatersnya Anda harus pintar membuat kata-kata bijak, tak asal mengeshare suatu informasi bahkan tak boleh asal komentar pedas meskipun Anda dikomentari pedas.

Baca Juga : Ide Usaha Sosial 

Karena Anda menjadi admin seorang tokoh terkenal tak ada salahnya Anda membuat sapaan unik bagi para followersnya agar lebih akrab.  Tak hanya itu, Anda juga harus tahu kebiasaan sang admin, makanan kesukaannya, film kesukaannya, teman-teman akrabnya. Agar ketika ditanya fans Anda tak hanya diam atau salah menjawab pertanyaan.

Selain membuat status dan membalas komentar, seorang admin medsos juga bertugas untuk menambah jumlah followersnya dan jangan sampai menggunakan followers palsu itu sangat memalukan.

5.       Ossan Rental, Bisnis Mendengarkan Curhatan

Ide Usaha Kreatif

Tak semua orang mampu mencurahkan isi hatinya ke orang terdekatnya hingga ia harus menyewa orang lain untuk mendengarkan masalahnya. Hingga membuat seorang narapidana bernama Takanobi Nishimoto membangun sebuah usaha rental curhat bernama Ossan rental.

Pelanggan Takanobi biasanya adalah gadis-gadis sekolah dengan tarif per jamnya USD10 atau setara dengan Rp131ribu. Bagi Takanobi usahanya tersebut adalah hobinya sehingga dirinya tak merasa bosan mendengarkan curhatan yang berbeda-beda.  Pelanggannya yang menggunakan jasanya biasanya hanya meminta dirinya untuk menceritakan sesuatu selama satu atau dua jam namun kebanyakan hanya menyuruhnya untuk mendengarkannya saja.

Menurutnya ide ini keluar untuk membuktikan bahwa para pria seumurnya (48tahun) masih bisa berguna untuk memberikan solusi dari masalah orang lain. Kini Ossan Rental telah berusia 4 tahun dan memiliki 60 pegawai yang rata-rata usianya 45 hingga 55 tahun.

6.       Bisnis Menjual Cincin Orang yang Gagal Menikah

ide usaha kreatif

Bagi sebagian orang yang pernah mengalami kegagalan dalam pernikahan pastinya ingin membuang seluruh kenangan termasuk cincin pernikahan yang gagal diberikan. Namun, karena harganya mahal terkadang sayang juga membuangnya. Lebih baik dijual saja.

Hal tersebut sempat terpikir juga oleh Joshua Opperman, yang gagal menikah dan untuk membuang rasa sakitnya itu dia pun mendirikan sebuah market place yang menjual cincin bekas pertunangan. Bagaimana apakah Anda terinspirasi untuk membuka usaha yang sama? Jika iya, ada maka ada baiknya Anda membuat market place yang bukan hanya cincin yang dijual namun juga barang-barang lainnya seperti gaun pengantin, jas pengantin. Mahar, bahkan bisa juga Anda melelang sebuah gedung yang tak jadi disewa karena pernikahan batal.

7.       Bisnis Es Krim dari Kulit Pisang

ide usaha kreatif

Jika kebanyakan orang ketika mengonsumsi pisang kulitnya dibuang namun tidak bagi sebagian orang yang justru mengolah kulitnya untuk dijadikan bahan baku es krim. Es yang terbuat dari kulit pisang ternyata tak terasa pahit dibandingkan jika kita mengonsumsinya begitu saja. Hal ini karena kulit pisang telah diolah terlebih dahulu.

Es krim ini selain enak juga mengandung vitamin A dan C yang tinggi yang sangat berguna bagi kesehatan mata dan gusi Anda. Selain kulit pisang, kulit manggis juga bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat es krim. Berikut cara membuatnya

Bahan Bakunya adalah

  • Kulit pisang
  • Tepung es krim
  • Coklat
  • Susu

Cara Membuatnya

  • Kulit pisang yang telah dibersihkan direbus hingga 15 menit.
  • Kemudian diblender hingga halus dan saring kemudian diambil sarinya.
  • Setelah itu sari kulit pisang direbus kembali hingga mendidih dan angkat kemudian didinginkan,
  • Setelah itu campur kulit pisang dengan bubuk es krim tambahkan coklat dan susu kemudian diaduk hingga merat lalu masukkan ke dalam cetakan.
  • Setelah agak dingin masukkan ke freezer.

8.       Bisnis Jual 3 Buah Kaos Kaki

Menjual kaos kaki sepasang (dua buah) sepertinya sudah biasa namun jika menjualnya tiga buah sekaligus tentunya luar biasa. Karena sangat langka pedagang yang menjual tiga kaos kaki sekaligus. Tapi jangan meremehkan dulu, pasti banyak peminatnya menjual kaos kaki tiga buah karena seringnya kaos kaki hilang sebelah.

Bisnis tersebut sudah lama dijalani oleh Throw.com  dengan menjalani bisnis yang diberi nama Leftover Sock. Bisnis ini sengaja dibuat karena sering mendengar keluhan kehilangan kaos kaki di tempat laundry, tempat umum bahkan rumah sendiri. Sehingga jika kehilangan satu kaos kaki kita masih punya yang sebelahnya lagi.

Kaos kaki yang di jual di Throw.com berkarakter yang lucu-lucu sehingga menarik pembeli. Harga kaos kaki yang dijual sekitar 10 dolar US atau setara dengan Rp131.600.

9. Bisnis Kursi dari Drum dan Ban Bekas

Ide Kreatif

Drum bekas sering ditemui di sekitar rumah namun hanya sebagai tempat sampah. Sementara ban bekas biasanya terbuang begitu saja. Padahal sayang jika tidak dimanfaatkan. Kedua barang bekas tersebut justru memiliki harga yang tinggi jika di daur ulang.

Misalnya saja mengubahnya menjadi kursi atau sofa yang unik. Salah satu yang mengubah drum dan ban ini menjadi kursi adalah anak binaan dari Rumah Kreatif di Banjarmasin. Mereka berhasil mengubahnya hingga barang bekas tersebut bernilai Rp300.000 per unitnya. Sementara satu paketnya Rp1.200.000.

Kreatif dan menjual bukan? Siapa sangka jika membuatnya kebanyakan dari anak-anak yang putus sekolah. Mereka memang sengaja diberikan keterampilan agar bisa berkarya dan berwirausaha. Hasil karya yang mereka buat ternyata mampu menarik perhatian masyarakat yang lewat. Setiap di pajang di galeri ada saja yang datang membeli.

10.   Jual Sayuran Siap Masak

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, hal yang paling malas dilakukan adalah memotong dan mencuci sayurannya bukan? Bisa menghabiskan waktu hanya untuk merajang dibandingkan dengan mengolahnya menjadi sayuran yang matang.

Sehingga jika Anda meniru untuk membuat bisnis jual sayuran siap masak seperti para ibu akan banyak yang menjadi peminatnya. Tak ada salahnya Anda mencoba bisnis yang telah dilakoni oleh Wita Purbaningsih. Dia membuka bisnis ini karena mengingat sibuknya dia menjalankan aktivitas pagi sebelum berangkat kantor yakni harus memasak terlebih dahulu.

Baca Juga : Ide Usaha Online 

Untuk menghemat waktu akhirnya di saat week end dia melakukan aktivitas mencuci dan memotong sayur-sayuran yang kemudian dia simpan ke dalam kulkas  sehingga keesokan harinya dia tinggal memasaknya saja beberapa belas menit saja. Aktivitas tersebut rutin dia laksanakan hingga dirinya resign dan memutuskan membuka usaha sayuran potong saja.

Usaha tersebut dia beri nama 15 minutes cooking yang dia bangun sejak 23 Juni 2014 silam. Awal pemasarannya dijual ke keluarga, teman dan tetangganya. Lama kelamaan dia mengembangkan usahanya dengan melakukan promosi lewat media sosial via Facebook, Path dan instagram.

Tak banyak modal yang dikeluarkan, hanya Rp500.000 dan peralatan yang sederhana berupa satu buah pisau dan talenan untuk memotong sayuran dan plastik untuk mengemasnya. Harganya beragam mulai dari Rp15.000 hingga ada yang Rp375.000 tergantung dari menu yang dipesan. Satu menu biasanya untuk 4-5 porsi.

Menu yang dijualnya hingga 400 jenis seperti sop, sayur asem, kuah santan, barbeque, hingga santan. Omzet yang dihasilkan bisa mencapai Rp60juta per bulan. Kini Wita tak sendirian menangani usahanya karena sudah memiliki beberapa reseller dan rencananya Rita akan membuka cabang di beberapa kota buka Jakarta saja.

SHARE

LEAVE A REPLY