Punya Impian Buka Usaha Butik? Ini pilihan Kursus Menjahit atau Sekolah Fashion

Kursus menjahit atau sekolah fashion merupakan kursus keterampilan yang cukup banyak diminati. Sebab peluang usahanya banyak dan potensi bisnisnya pun terbilang cukup menjanjikan. Berbekal kemampuan menjahit, seseorang bisa merintis usaha konveksi, jasa permak, bahkan menjadi designer. Tapi tidak banyak orang yang memiliki kemampuan ini, sehingga mau tidak mau harus belajar sana sini agar mahir membuat serta mempermak bahan menjadi pakaian yang indah. Oleh karena itu, tempat kursus menjahit bertebaran di mana-mana.

Di Jakarta sendiri ada sekitar 75 lembaga kursus aktif yang telah mendapatkan sertifikasi dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. Bagaimana di kota-kota lainnya? Nah kali ini, GoUKM akan membahas beberapa tempat kursus menjahit yang mungkin dapat dijadikan referensi bagi Sahabat UKM yang ingin belajar menjahit.

Tempat Kursus Jahit dan Sekolah Mode di Jabodetabek

Monalita

Kursus menjahit Monalita sudah berpengalaman lebih dari 42 tahun membimbing calon designer dan pengusaha garment.  Perjalannya yang panjang membuat lembaga kursus ini dipercaya lebih dari ratusan siswa. Ditambah lagi dengan koleksi penghargaan yang telah didapatkan tempat kursus Monalita, salah satunya penghargaan sebagai tempat kursus menjahit terbaik dan juara I Se-DKI Jakarta periode September 2005 sampai dengan September 2010.

Melihat dari sepak terjang kursus ini, tidak heran bila biaya yang dikenakan ke peserta lebih mahal. Tingkat pemula, peserta harus mengeluarkan uang sebesar Rp 13,5 juta. Namun dari fasilitas dan pengajaran yang diberikan sebanding dengan harga yang diberikan. Untuk mendidik peserta kursus, Monalita mengklaim menggunakan sistem pendekatan individual layaknya kursus privat. Bagi yang berminat mengikuti kursus ini ada 3 kategori pelatihan yang bisa dipilih siswa, yaitu pemula, termapil, dan mahir. Jenjang waktu kursus tiap kategori biasanya memakan waktu sampai 6 bulan.  

Esmod Jakarta

Untuh Sahabat UKM yang punya passion di dunia adi busana, sekolah fashion satu ini mungkin bisa dicoba. Esmod adalah sekolah mode bertaraf international yang berpusat di Paris, Prancis dan telah memiliki banyak sekali cabang yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ESMOD sudah mendirikan cabangnya di bilangan Cilandak, tepatnya jalan Asem Dua No 3-5, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah mode ini menyelenggarakan empat program, yaitu Fashion Design & Creation selama 3 tahun, Fashion Design & Pattern Drafting selama 1 tahun (program intensif), International Fashion Business selama 3 tahun, dan Course Center yang diselenggarakan setiap bulan. Fasilitas yang didapatkan peserta mencakup perpustakaan, komputer, laboratorium fashion, produk hingga kafe. Untuk biaya, Esmod membandrol mulai dari Rp 83 juta hingga Rp 86 juta untuk sekolah fashion. Sementara kursus peserta dikenakan biaya mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 4.5 juta.

Kursus Juliana Jaya

Tempat kursus yang berada di bilang Jakarta Pusat ini sudah cukup terkenal dan sudah dipercaya sejak tahun 1975. Adapun pelatihan yang diajarkan lembaga kursus ini adalah kursus menjahit, kursus mengemudi mobil, kursus internet marketing, kursus komputer dasar & programing. Untuk kursus menjahit, lembaga pelatihan ini mematok biaya mulai dari Rp 10 juta. Selain bisa mengikuti pelatihan dengan pengajar professional, peserta juga akan mendapatkan mesin jahit dan peralatannya, serta modul pembelajaran.

Sampai saat ini Juliana Jaya telah memiliki lebih dari 25 cabang di seluruh Indonesia yang telah diakui keberhasilannya mencetak lulusan yang ahli dan professional. Jika ada Sahabat UKM yang berminat berikut ini alamat beberapa lokasi cabang Juliana Jaya:

Pusat

Jl. Mampang Prapatan VI (Buncit III) No.3 JakSel

Cabang

Jl. Raya Cipulir No.1 (Ps. Cipulir Lemigas) Keb. Lama JakSel – Telp 725 4519

Jl. Raya Cilandak KKO No.10 (Depan Mall Cilandak) JakSel – Telp 782 7204 – HP 0816 190 7280

Jl. H. Ipin Ps. Pondok Lau JakSel – Telp 765 8084

Jl. Raya Lenteng Agung Ps. Minggu JakSel – Telp 782 1189

Kursus Nadya Jaya

Lembaga kursus Nadya Jaya, peserta yang telah lulus pelatihan dipastikan dapat membuka Usaha rumah mode sendiri atau menjadi pekerja professional di butik hingga pabrik Garment Besar. Apa saja yang dipelajari di sini? Di tempat ini siswa akan mempelajari cara memotong, mengukur, dan merancang pakaian oleh pengajar yang kompeten.

Biaya untuk mengikuti kelas menjahit Nadya Jaya memberikan 3 paket berdasarkan level pembelajarannya, yaitu Tingkat Dasar dengan biaya sebesar Rp 3.800.000, Tingkat Terampil dengan biaya sebesar Rp 4.200.000, dan Tingkat Mahir sebesar Rp 4.500.000. Dengan biaya tersebut, siswa akan mendapatkan bahan praktek selama 10x dan satu set peralatan menjahit. Tempat kursus ini menerima lebih kurang lebih 10 siswa dalam satu kelas. Untuk mendaftarkan diri, Sahabat UKM bisa kunjungi tempatnya di Jalan Masjid Nurul Iman II Rt.007/02 No.80 Dwi Kosambi, Jakarta Barat.

Blassed Modiste

Kursus jahit Blessed Modiste sudah berdiri sejak 2010 dengan menawarkan pengajaran kursus menjahit yang peraktis dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Blassed Modiste menawarkan 7 program menjahit untuk pesertanya, yaitu kursus busana dasar wanita, kursus busana wanita advance, busana dasar anak, kursus baby stuff, kursus bedding, kursus softbag (tas jain) dan kursus handbag (tas kulit). Program-program ini bisa diikuti oleh peserta dengan biaya mulai dari Rp 2.250.000 sampai Rp 4 juta. Bila ada sahabat UKM yang berniat untuk mengikuti kursus ini silahkan datang langsung ke tempat kursusnya di jalan Paseban Raya, Salemba, Jakarta Pusat atau kantor cabang di Tanggerang Selatan yang berada di Cendana Residence, Pamulang II, Tanggerang Selatan.

Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo

Di dunia fashion tanah air nama Susan Budihardjo pasti terdengar tidak asing. Ketertarikannya pada dunia fashion mengantarkannya menjadi designer kenamaan di Indonesia dan juga mendorongnya mendirikan lembaga pelatihan yang ia namai dengan Lembaga Pengajaran Tata Busana  (LPTB) Susan Budihardjo pada tahun 1980. Bertempat di jalan Cikini Raya RT 14/RW 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, dirinya dan tim pengajar berhasil mencetak lebih dari ribuan lulusan.

LPTB Susan Budihardjo, membuka program yang sangat beragam, di anataranya Textile Design Class, Fashion Design Class, Anatomy Drawing Class, Fashion History Class, Sewing & Pattern Making Class, atau Computer Design Class. Bila belum menemukan pilihan yang tepat, LPTB Susan Budiharjo juga memiliki kelas lain seperti Moulage, Textile Design Industry, Fashion Research, Monumental Textile, Grading, Visual Merchandising, dan Textile Printing.

Mengenai biaya, lembaga pengajaran tata busana ini menawarkan harga yang bervariatif sesuai dengan program apa yang dipilih oleh siswa. Misalnya untuk biaya kursus jahit selama 1 tahun sekitar Rp 45 juta samapai Rp 60 juta.

Tempat Kursus Jahit dan Sekolah Mode di Bandung

Linna Lea School

Sekolah mode yang didirikan oleh designer professional Linna Lea ini berdiri sejak 1990. Awal mulanya Linna Lea membuka sebuah rumah mode dengan nama Linna Lea dan telah berpengalaman membuat beberapa collection untuk department store dan memenangkan beberapa lomba. Didirikannya sekolah mode ini bertujuan untuk menciptakan perancang-perancang muda yang memiliki pengalaman mumpuni untuk menjadi seorang fashion designer.

Linna Lea School membuka berbagai macam program, seperti pelajaran pola tingat dasar mahir dan advance, pelajaran design tingkat dasar mahir dan tingkat advance, serta pelajaran paket kusus yang meliputi design komputer, pajet, border, printing/air brush dan seminar. Siswa akan diberikan pembelajaran selama 6 bulan dengan jumlah pertemuan 2-5 kali dalam satu minggu. Sekolah mode ini berlokasi di jalan Sadewa No.9, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung.

Islamic Fashion Institute

Semakin berkembangnya fashion busana muslim membuat geliat bisnis di sektor ini pun kian banyak pemainnya. Sahabat UKM pasti menyadari hal ini bukan? Sekarang ini, mulai banyak orang yang menjual pakaian muslim dan hijab atau kerudung. Nah, kalau Sahabat UKM punya niatan untuk ikut terjun ke bisnis ini namun ingin jual produk muslim sendiri tapi belum punya keahlian, tenang karena sekarang ada sekolah fashion busana muslim.

Adalah Islamic Fashion Institute pelopor sekolah fashion muslim pertama yang berlokasi di Bandung. Sekolah mode muslim yang berlokasi di Jalan Banda No.40, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung ini memadukan materi pembelajaran fashion dan kaidah agama isalam di dalamnya. Ada tiga program belajar yang ditawarkan Islamic Fashion Institute, yaitu Fashion Stylist, Fashion PR dan Marketing, dan Fashion Designer. Biaya mengikutinya mulai dari Rp 16 juta hingga Rp 46 juta.

Rumah Syifa

Berlokasi di Jalan Sastra Bendungan Telur 01/08 Solokan Jeruk Majalaya, Bandung. Rumah Syifa menawarkan program pembelajaran seperti mendesain pakaian dan membuat border. Dengan menggunakan software khusus pinching anda akan dimbimbing oleh pengajar professional yang sudah berpengalaman. Bila berminat bisa hubungi nomor berikut ini (022) 9182-100.

Kursus Menjahit Yani

Bertempat di Jalan Cigadung Raya Tengah, No 57, Bandung, lembaga pelatihan keterampilan ini di dirikan untuk siswa yang ingin bejar menjahit dan fashion. Adapun pemebelajaran yang diberikan adalah cara pengambilan ukuran badan, membuat pola dasar, pecah model, merancang bahan memotong bahan dan menjahit, serta belajar cara menggunakan mesin jahit dan segala fungsinya. Ada 4 program yang bisa dipilih oleh siswa bila ingin mengikuti kursus ini, yaitu tingkat dasar, terampilm mahir dan mahir lisensi.

Selain itu, juga ada program khusus bagi yang ingin terjun ke bisnis garment. Di program ini siswa mempelajari segala macam teknik jaitan, membuat bermacam-macam saku, manset kemeja, kerah kemeja, pasang resleting dan lain sebaginya. Untuk biayanya, tempat kursus Yani mematok harga mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu.

Tempat Kursus Jahit dan Sekolah Mode di Surabaya

Arva School Of Fashion

Arva adalah sekolah mode yang cukup ternama di kota Surabaya. Sekolah mode ini bahkan sudah banyak sekali mencetak nama-nama designer lokal ternama. Arva School of Fashion mempunyai program yang fokus di seputar bidang mode dengan diimbangi fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut seperti ruang pamer, ruang serbaguna, kafe ruang proyek lepas, kantor dan lainnya. Arva menawarkan program Workshop Subtraction Cutting (Advance Level) di mana program ini peserta mendapatkan 4 pola subtraction, 2 pola pattern, 2 pola zero waste. Workshop ini akan berlangsung selama 1  hari dengan biaya sebesar Rp 1 juta per peserta.

Alvera Fashion

Alvera Fashion adalah sekolah desain kenamaan yang berlokasi di Surabaya. Program pendidikan yang bisa dipilih oleh peserta terdiri dari full program, short course dan private course. Selain itu juga ada kelas khusus pegawai yang biasa diadakan setiap hari sabtu. Adapun materi pendidikan yang diberikan ke peserta adalah belajar pola dan menjahit, konsep fashion design, textile dan detail.

Yoeyoen Mode

Tempat kursus yang berlokasi di jalan Kedondong No 25, Perum Graha Asri sukodono, Siduarjo, Surabaya ini termasuk tempat kursus menjahit yang juga sering dijadikan rekomendasi. Di sini Anda bukan hanya keahlian menjahit peserta kursus saja yang diasah namun juga keterampilan membongkar mesin jahit dan obras. Program-program yang diberikan antara lain program standard, program khusus, dan program bisnis. Di dalam program bisnis, Sahabat UKM akan mendapatkan materi tentang mendirikan bisnis konveksi, belajar pecah pola, membuat daun penganting dan border komputer. Biaya yang ditawarkan lembaga kursus ini terbilang terjangkaui, mulai dari Rp 600 ribu untuk satu program belajar.

Demikian beberapa rekomendasi tempat kursus menjahit yang bisa sahabat UKM coba ikuti. Untuk memilih tempat kursus yang tepat, sebaiknya pilih berdasarkan kebutuhan Anda. Misalnya apabila Sahabat UKM berencana mendirikan butik tidak ada salahnya untuk ikuti sekolah fashion karena materi yang diberikan sangat lengkap dan ilmu yang diberikan  sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Semoga informasi ini berguna.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY