10 E-Commerce Pasar Muslim Indonesia. Channel Promosi untuk Produk Islami UKM

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Sekitar 85.2% atau 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk beragama muslim. Banyaknya umat muslim di Indonesia memberi banyak pengaruh terhadap bisnis di Indonesia. Contohnya karena kebanyakan konsumen adalah umat Islam, maka mulai banyak produsen yang menawarkan produk syariah serta bisnis-bisnis syariah yang bermunculan.

Hal ini sebab mereka ingin relevan dengan target konsumen yang ingin mereka capai. Misalnya perbankan, di kebanyakan negara kemungkinan Anda tidak akan menemukan bank berbasis syariah, tapi di Indonesia rasanya hampir semua bank lokal dan swasta menawarkan produk syariah. Hal ini karena mereka sadar sebagian besar konsumennya adalah umat muslim untuk itu dibuatlah layanan yang sesuai dengan kaidah umat islam.

Tidak hanya itu, pasar e-commerce secara perlahan juga mulai melirik konsumen muslim. Saat ini beberapa e-commerce sudah banyak yang menawarkan produk dan jasa bernuansa Islami. Sebagian besar berbentuk marketplace islami dan hanya menyentuh segmen di bidang Fashion. Munculnya toko online fashion seperti ini tak lain juga didorong oleh tren hijab yang berkembang di tengah masyarakat. Tren ini pun lama-kelamaan menjadi lifestyle untuk masyarakat yang beragama muslim.

Marketplace-marketplace islami ini tidak hanya menghadirkan konsep bisnis B2C (business to customer), tapi ada juga yang bermain di segmen B2B (business to business), seperti misalnya Azzam Trade. Situs ini hadir memberikan solusi penyediaan stock barang untuk korporasi maupun pelaku usaha.  Nah, untuk Anda yang berniat untuk mulai usaha fashion atau keperluan ibadah umat muslim, ini dia marketplace islami penyedia stock barang usaha Anda dan bisa jadi tempat mempromosikan produk Anda.

HijUp

E-commerce yang didirikan pada tahun 2011 ini adalah salah satu mall online fashion islami terbesar di Indonesia. Hijup menjual berbagai produk fashion muslim seperti busana muslim, hijab, syal, tas, sepatu, serta aksesoris muslim lainnya. HijUp sudah bekerjsa sama dengan desainer-desainer lokal di Indonesia produk dari Hijup sudah dikenal hingga ke Malaysia, Singapura, Australia, Prancis, Inggrism Jerman, Rusia Dubai, Arab Saudi, Kanda, dan Amerika Serikat. Terkenalnya situs ini diluar negeri salah satunya karena didukung ddengan sistem pembayarannya yang mudah.

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan international, selain ada layanan berbahasa asing, hijup menyertakan sistem pembayaran payment gateway dengan PayPal. Harga produk pun sudah dikonversi dalam mata uang dollar. Sementara untuk pelanggan Indonesia, pembayaran masih manual dengan transfer. Untuk menjadi tenat HijUp pendaftarannya sangat mudah. Pengusaha cukup mengisi formulir pendaftaran di link berikut https://www.hijup.com/id/vendor_applications/new.

Saqina.com

Situs marketplace yang dimotori oleh putri-putri Indonesia ini memfasilitasi pelaku usaha kecil menengah di Indonesia dengan optimasi platform B2C dan Marketplace. Mereka berupaya mengundang para produsen dan pemilik brand untuk produk fashion maupun kreatif muslim, serta para disainer untuk bergabung dan tumbuh bersama Saqina. Dengan tagline “Fashion & lifestyle muslim family” melalui websitenya, Saqina menampilkan lebih sekitar 25 grup kategori yang mewakili semua kebutuhan fashion dan lifestyle keluarga muslim.

Bukan hanya itu saja, Saqina juga menghadirkan kategori Haji & Umrah yang meliputi perlengkapan Haji dan Umrah hingga oleh-oleh. Bagi Anda yang berniat untuk memasarkan produk-produk Saqina, marketplace ini memberikan Anda kesempatan untuk bergabung menjadi reseller mereka. caranya bagaimana? Silahkan mendaftar menjadi member Saqina di link berikut ini http://www.saqina.com/customer/account/create/.

Hijabenka

Sukses dengan situs belanja fashion onlinenya perushaan Berrybenka, menambah lini online shopnya dengan menghadirkan Hijabenka pada 2016 lalu. Situs ini fokus menjual fashion muslim wanita, seperti hijab, busana muslim, tas, mukena dan aksesoris lainnya. Selain menjual fashion muslim wanita, Hijabenka juga menawarkan fashion muslim pria seperti baju koko.

Situs ini memberikan sistem pembayaran yang mudah dengan menyediakan beragam metode transaksi yakni kartu kredit, transfer bank, dan cash on delivery (COD). Melalui laman kemitraan pada webistenya, Hijabenka juga menawarkan peluang kerja sama bagi Anda yang ingin memasok barang-barang Anda. Caranya mudah silahkan kirimkan detail produk ke sales@berrybenka.com.

MuslimMarket.com

Layaknya Saqina dan juga Aladdin, Muslimmarket adalah marketplace islami yang menjual berbagai produk fashion wanita dan pria, serta perlengkapan ibadah dan produk islami dan halal lainnya. Marketplace ini sudah memiliki lebih dari 2000 varian produk dari kurang lebih 70 merchant yang terdaftar. Mereka menglaim dengan produk-produk yang bekualitas dari desainer dan pengusaha fashion tanah air mereka menargetkan  masyarakat kelas menengah. Untuk sistem pembayaran, Muslim Market menawarkan berbepa metode pembayaran yang mudah untuk pembeli, yakni transfer bank, kartu kredit, hingga cash on delivery (COD).

AladdinStreet.com

Pasti Anda mengenal Lazada atau Alibaba bukan? AladdinStreet.com serupa seperti kedua marketplace tersebut namun perbedaaannya di sana, produk yang dijual hanya yang berlebelkan Halal. Berkantor pusat di Malaysia, Aladdin mengembangkan pasarnya ke Global dengan membuka kantor cabangnya di beberapa negara. Baru-baru ini Aladdinstreet sudah resmi membuka cabangnya di Indonesia pada Oktober 2016 lalu.

Aladdin Street ini memberikan kesempatan bagi UKM untuk menjajaki perdagangan digital. Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Aladdinstreet sedikitnya sudah merangkul 55 UKM di Indonesia. Di sini pelaku UKM tidak hanya menjual ragam produk dan busana muslim saja, tetapi juga menjual produk khas Indonesia, seperti batik hingga buku lokal.

Azzam Trade

Marketplace yang baru didirikan pada 2016 tahun lalu ini berupaya untuk membantu memasarkan produk muslim lokal ke ranah mancanegara dengan cara penjualan grosir dengan konsep business to business (B2B). Ada dua segmen yang disasar oleh Azzam Trade yaitu pemasok (supplier) produk dari pasar Indonesia dan segemen pembeli international (importir) yang membeli barang dalam jumlah grosir. Azzam Trade sudah memiliki satu respersentative ambassador di Amerika Serikat, Bahrain, Australia, Malaysia, Turki dan Singapura.

Untuk pembayaran Azzam Trade hanya menyediakan satu pintu guna menjaga kepercayaan antara importir dengan supplier. Setelah proses pemesanan diselesaikan, pihak importir diwajibkan membayar uang muka (down payment/DP) sebesar 50% dari total transaksi ke rekening Azzam Trade. Baru lah setelah itu, Azzam akan mengirimkan pembayaran tersebut ke supplier tetapi hanya 30%nya. Hal ini berguna untuk memastikan ke supplier bahwa pemesanan tersebut tidak fiktif.

Zoya

Awalnya Zoya merupakan salah satu lini bisnis dari Shafco Enterprise, sebuah holding company yang bergerak dalam bidang Muslim fashion sejak tahun 1989 dengan kantor pusat di Bandung, Indonesia. Sejak tahun 2013 bisnis ini dikembangkan dengan dibukanya toko online Zoya.com. Berbagai macam pilihan fashion wanita ditawarkan oleh Zoya, mulai dari busana muslim, hijab, aksesoris, hingga kosmetik yang mereka produksi sendiri. Untuk metode pembayaran, Zoya menawarkan layanan pembayaran melalui transfer bank, PayPal, Western Union, dan BCA ClickPay.

Elzatta

Elzatta pada dasarnya sama seperti Zoya. Situs e-commerce ini menawarkan berbagai mancam produk fashion wanita dengan brand sendiri. Brand busana muslim ini mulai dikenal sejak 2011 lalu. Perjalanan pemilik brand hijab ini tidaklah mulus kabarnya sang pemilik sempat di gugat oleh brand International  yang sangat terkenal di Indonesia yaitu Zara karena menggunakan nama brand yang hampir serupa, yaitu Zatta. Namun kini dengan brand yang baru, Elzatta hijab sudah memiliki total 63 toko yang tersebar di seluruh Indonesia di antaranya di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, Pontianak, Makasar, Pekanbaru, Padang dan masih banyak lagi.

Sajadahstore.com

Berbeda dari marketplace lain, Sejadahstore tidak menawarkan busana muslim, tapi lebih fokus menjual produk-produk ibadah umat Islam, seperti sejadah, sarung, kerudung, sorban, peci, tasbih, mukena, bahkan keperluan haji dan sovenirnya. Selain menerima order eceran, tersedia pula pembelian secara grosir untuk pelaku usaha yang ingin menjual kembali produk yang dibeli.

Kelebihan lainnya, seperti yang tertera di halaman websitenya Sajadahstore memberikan free ongkir atau bebas biaya kirim & COD daerah Jakarta untuk pembelian dalam jumlah banyak/grosir. Metode pembayarannya, Sajadahstore menawarkan pembayaran transfer antar bank melalui BCA dan Mandiri. Bila cutomer sudah melakukan pembayaran ada proses konfirmasi yang harus dilakukan, caranya dengan mengisi form konfirmasi pembayaran.

Pasarmuslim.id

Berbeda dari marketplace kebanyakan, situs berikut ini merupakan toko online yang menjual produk alat belajar solat bagi anak-anak berupa kartu viritual yang mereka sebut Kartu Muslim. Media belajar solat ini menggunakan teknologi Augmented Reality yang menyediakan materi pendidikan secara Audio Visual 3 Dimensi. Jadi dengan membeli kartu dan mendonload aplikasinya anak-anak bisa belajar bagaimana cara solat dan Wudhu dengan menonton animasi 3D yang menarik dan sangat mudah diikuti. Alat pembelajaran ini tidak hanya ditujukan bagi para orang tua di rumah, juga bermanfaat bagi kalangan akdemis seperti pengajar Madrasah, TK atau SD.

LEAVE A REPLY