MOKA POS, Menawarkan Ekosistem Menyeluruh Mulai dari Sistem POS Hingga Permodalan Bagi UKM

Aplikasi kasir toko – Tahun 2025 Indonesia diprediksi akan menjadi negara kepulauan yang memiliki nilai ekonomi internet terbesar di Asia Tenggara. Untuk berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital sekaligus menjadi negara berpenghasilan menengah tersebut, Indonesia hanya membutuhkan sekitar 2% pertumbuhan.

Hal tersebut yang mendorong perusahaan–perusahaan berbasis digital mulai bermunculan dan mengembangkan layanannya. Seperti bidang Point-Of-Sales (POS) atau aplikasi kasir misalnya. Belakangan POS tengah menjadi tren dan digunakan banyak pelaku usaha guna memudahkan transaksi menjadi lebih efisien.

Berbeda dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir toko modern ini sudah berbasis komputasi, sehingga dapat terhubung secara online di manapun dan memberikan manfaat lebih besar dibandingkan dengan mesin kasir konvensional yang serba terbatas.

Salah satu stratup penyedia layanan point-of-sale atau sering disebut sistem kasir digital adalah Moka. Dengan menjadi aplikasi yang dapat memberikan ekosistem menyeluruh bagi operasional bisnis sehari-hari, terutama untuk mendukung kelancaran bisnis dari Usaha kecil Menengah (UKM).

Saat ini, Moka telah dipercaya oleh lebih dari 12.000 merchant di 200 Kota dan Kabupaten di Indonesia. Moka juga sudah menjangkau hingga ke Papua, melayani bisnis ritel dan jasa. Sejauh ini presentase industri merchant Moka terbagi menjadi tiga lini bisnis yaitu sebanyak 64% dari F&B, 22% bisnis ritel dan dari 14% bidang jasa.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, merchant aktif Moka terbilang meningkat mencapai 60,5% dengan peningkatan transaksi sebanyak 172,5%. Dalam satu tahun terakhir, Moka telah menyelenggarakan 102 kegiatan untuk mengedukasi UKM, serta melibatkan sekitar 97 pelaku bisnis untuk menginspirasi pelaku bisnis lainnya.

Sebagai upaya menjalankan sebuah visi yang akan memberikan manfaat kepada semua orang dalam ekosistem bisnis, Moka  menghadirkan berbagai rangkaian produk yang dapat memberikan solusi kepada pemilik bisnis dalam mengoperasikan bisnisnya untuk sehari-hari.

Moka sendiri telah menjadi point-of-sale pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan mobile payment, sehingga merchant dapat mudah menerima pembayaran cashless secara langsung dari satu system POS. Saat ini partner yang sudah terintegrasi adalah TCASH, OVO, Dana, AkuLaku dan Kredivo.

Selain memberikan layanan aplikasi kasir toko, baru-baru ini Moka memperkenalkan “Moka Capital”. Sebuah layanan permodalan bagi merchant Moka, melalui kerja sama dengan beberapa P2P lenders seperti KoinWorks, TaraLite dan Modalku. Sejak Juli 2018 Moka Capital telah menyalurkan lebih dari 10 Milyar Rupiah untuk peminjaman modal UKM hanya dalam waktu setengah tahun.

Moka juga memiliki ‘Moka App Marketplace’ yang langsung bisa diakses oleh merchant Moka untuk mendapatkan solusi dari aplikasi lain. Saat ini Moka telah terintegrasi dengan Sleekr di Moka App Marketplace sebagai solusi akuntansi utuk merchant.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here