Jenis dan Cara Mendapatkan Pinjaman Syariah dari Bank Syariah Mandiri

Pinjaman Syariah bank syariah mandiri

Saat ini beberapa lembaga perbankan telah menyediakan pinjaman syariah untuk para pelaku usaha. Tentunya pinjaman syariah ini berbeda dengan pinjaman konvensional. Karena menggunakan akad murabahah. Selain itu pinjaman Bank Syariah juga memberikan pinjaman yang diklaim bebas dari riba. Salah satu bank yang memberikan pinjaman syariah adalah pinjaman Bank Mandiri Syariah.

Pinjaman Syariah memang sedang menjadi trend kekinian karena banyak warga Indonesia yang beraga muslim ingin terhindar dari namanya riba. Sehingga Bank Syariah seperti BSM pun mulai mengadakan pinjaman syariah. Sehingga umat muslim bisa mendapatkan pinjaman uang dengan prinsip Islam untuk berbagai kebutuhan.

Bank Syariah Mandiri memberikan pinjaman syariah ini kepada nasabah dengan menggunakan akad atau perjanjian yang tentunya menggunakan rukun dan syarat Islam, yang terdiri dari penjual, pembeli, ijab qobul, harga dan ada barang. Sehingga tak ada pihak yang merasa dirugikan.

Berikut Beberapa Jenis Pinjaman Syariah yang Disediakan Oleh Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri Impian

Pinjaman Syariah

Pinjaman syariah yang satu ini merupakan produk pembiayaan dari bank BSM untuk masyarakat yang menggunakan valuta rupiah. Pembiayaan ini diperuntukkan kepada karyawan tetap pada sebuah perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara kelompok.

Pembiayaan ini mampu memberikan akomodir terhadap setiap kebutuhan yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Untuk akad yang digunakan untuk pembiayaan ini menggunakan akad wakalah wal muraabahah untuk pembelian barang sementara untuk pemanfaatan jasa menggunakan akad wakalah wal ijarah.

Pembiayaan Edukasi Bank Syariah Mandiri

pinjaman syariah

Pinjaman syariah ini diberikan oleh Bank Syariah Mandiri untuk kepentingan pendidikan. Baik itu untuk kuliah, sekolah ataupun membiayai kursus di lembaga pendidikan. Pinjaman ini biasanya dibutuhkan ketika awal masuk semester atau ajaran baru yang memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk akad sendiri yang digunakan adalah akad ijarah.

Baca juga : Cara mengajukan KUR dari bank Mandiri

Akad Ijarah sendiri merupakan akad sewa menyewa atau akad pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa (ujrah) tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan atas barang tersebut.

Fitur dari pinjaman syariah untuk Edukasi ini adalah

  • Untuk membiayai dana pendidikan di sekolah/perguruan tinggi yang telah melakukan kerja sama dengan BSM.
  • Plafon pembiayaan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 250juta, dengan maksimum pembiayaan sebesar 80% dari harga perolehan manfaat layanan pendidikan.
  • Bisa diangsur mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun.
  • Besar angsuran tidak melebihi 40% dari pendapatan bersih bulanan nasabah.

Persyaratan untuk Mendapatkan Pinjaman Syariah ini Adalah

  • Kriteria Nasabah
  1. Merupakan orang tua/wali dari pelajar atau mahasiswa.
  2. Pelajar atau mahasiswa dan telah memiliki penghasilan sendiri.
  • Usia nasabah minimal 21 tahun dan pada saat jatuh tempo fasilitas pembiayaan usia maksimal 55 tahun atau belum pensiun, khusus untuk wiraswasta dam profesional pada saat jatuh tempi pembiayaan usia maksimal 60 tahun.
  • Profesional atau wirausaha berpengalaman di bidangnya minimal 2 tahun.

Pembiayaan Griya BSM

Pinjaman Syariah

Pinjaman syariah yang ketiga adalah pembiayaan Griya BSM yang merupakan pembiayaan angsuran jangka pendek, menengah, jangka panjang atas pembelian rumah dari peminjam. Rumah yang dibeli bisa rumah baru  maupun bekas dilingkungan  develop[er dengan sistem murabahah.

Pada pinjaman Bank Syariah Mandiri ini akad yang digunakan adalah akad murabahah.

Akad murabahah sendiri merupakan perjanjian jual beli antara bank dengan nasabah. Di mana Bank syariah akan membeli barang yang diperlukan oleh nasabah dan kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang telah disepakati antara bank syariah dan nasabah.

Manfaat dari pinjaman syariah ini adalah

  1. Bisa membiayai kebutuhan nasabah dalam hal pengadaan rumah tinggal (konsumer) bik bekas maupun baru.
  2. Nasabah bisa mengangsur pembayaran dengan jumlah angsuran yang tidak akan berubah selama masa perjanjian.

Fitur dalam Pembiayaan Griya BSM

  • Angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiayaan
  • Proses permohonan yang mudah dan cepat.
  • Fleksibel untuk membeli rumah baru atau second
  • Maksimum plafon pembiayaan sampai dengan Rp 5 miliar
  • Jangka waktu pembiayaan yang panjang
  • Fasilitas auto debet dari tabungan BSM

Pembiayaan Untuk Pensiunan

Pinjaman Syariah

Pinjaman bank syariah ini hanya dikhususkan untuk orang yang sudah memasuki usia pensiun dan membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya di hari tua. Pembiayaan ini diberikan kepada pensiunan yang merupakan penyaluran fasilitas pembuatan konsumer termasuk untuk pembiayaan multiguna kepada pensiunan. Dengan pembayaran angsuran dilakukan melalui pemotongan uang pensiun langsung yang diterima oleh bank setiap bulan (pensiun bulanan). Akad yang digunakan adalah akad murabahah atau ijarah.

Baca juga : 10 Situs Online Modal Usaha Online

Kriteria Nasabah

  • Cakap Hukum
  • Pensiunan Pegawai Negeri Sipil Pusat/ Daerah, TNI, POLRI, Pensiunan Pegawai BUMN/Swasta/Asing yang memperoleh penghasilan pensiunan (pensiunan)
  • Pada saat jatuh tempo pembiayaan usia nasabah maksimal 70 tahun.
  • Bersedia memindahkan pembayaran pensiun bulanan melalui BSM

Jenis Penggunaan Untuk Pembiayaan ini adalah

  • Biaya sekolah (akad ijarah)
  • Renovasi Rumah (akad Murabahah)
  • Pembelian peralatan kebutuhan rumah tangga (akad murabahah)
  • Pembelian barang untuk usaha (akad murabahah).

Jumlah dan Jangka Waktu Pembiayaan

  • Jumlah pembiayaan maksimal Rp100juta.
  • Jangka waktu pembiayaan 1 sampai 3 tahun.

Pinjaman Syariah Cicil Emas

Pinjaman Syariah

Pinjaman Bank Syariah Mandiri juga mencakup cicilan emas yang disebut dengan BSM Cicil Emas. Bank tersebut memberikan fasilitas yang akan membantu nasabah untuk membiayai pembelian atau kepemilikan emas berupa lantakan atau batangan dengan cara mudah punya emas dan menguntungkan. Jumlah pinjaman yang diberikan oleh BSM berupa modal yang diberikan untuk membeli emas lantakan dengan jumlah minimal 10 gram.

Namun untuk mendapatkan pinjaman jenis ini harus ada jaminannya yaitu barang yang akan menjadi objek pembiayaan atau emas. Jaminan tersebut tidak bisa ditukar dengan agunan lainnya. Pengikatan jaminan dilakukan selama masa pembiayaan. Dan fisik jaminan disimpan di bank.

Persyaratan Untuk mendapatkan pinjaman bank mandiri syariah

  1. WNI
  2. Pegawai yang usianya minimal 21 tahun s.d maksimal 55 tahun.
  3. Pensiunan yang usianya maksimal 70 tahun saat pembiayaan jatuh tempo
  4. Professional dan wiraswasta yang maksimal 60 tahun.
  5. Menyerahkan Kartu Identitas berupa KTP.

Pinjaman Syariah dengan Menggadaikan Emas

pinjaman syariah

Bank BSM juga menerima pegadaian emas. Karena biasanya ada yang membutuhkan uang dengan cepat. Sehingga  di BSM bisa menggadaikan emas sehingga Anda bisa cepat mendapatkan pinjaman uang. Emas tersebut dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memperoleh uang tunai dengan cepat.

Pinjaman ini peruntukan perorangan. Jenis jaminan yang bisa diterima berupa logam mulai dan perhiasan. Gadai emas di Bank Syariah Mandiri diklaim lebih murah dibandingkan dengan layanan. Keunggulan menggunakan pinjaman gadai emas adalah pricing yang murah, nyaman layanannya dan jarang luas tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia.

Akad yang digunakan adalah akad Qardh dalam rangka Rahn. Akad tersebut merupakan pinjaman dari bank untuk nasabah yang disertai dengan penyerahan tugas agar bank menjadi barang jaminan yang diserahkan. Biaya pemeliharaan menggunakan akad ijarah.

Syarat mendapatkan ketentuan ini adalah

  • Kartu Identitas Nasabah
  • Pembiayaan mulai dari Rp 500.000
  • Jaminan berupa emas perhiasan atau lantakan (batangan)

Jangka waktu empat bulan bisa diperpanjang atau bisa digadai ulang setelah dilakukan penaksiran dan melunasi biaya gadai.

SHARE

LEAVE A REPLY