7 Usaha Jajanan Rumahan Modal kecil yang laris dipasaran

Menjalankan usaha jajanan rumah bisa dibilang susah – susah gampang. Jika tepat memilihi celahnya, usaha tersebut akan sangat sukses. Jika salah usaha ini akan jalan ditempat saja bahkan kemungkinan bisa gulung tikar. Jadi harus pandai – pandai mengambil peluang jika tidak ingin gagal dalam menjalankan sebuah bisnis.

Salah satu jalan yang bisa diambil untuk usaha ini adalah dengan mencari makanan atau minumanapa yang sedang viral. Namun yang viral ini sekiranya bisa tetap dan bertahan lama. Jadi meskipun usaha tersebut viral, tetap bisa diterima masyarakat sehari – hari dengan mempertahankan rasa dan harganya yang sesuai. Dengan begitu usaha tersebut bisa survive.

Untuk membantu kalian menentukan usaha apa yang viral tapi bisa survive, berikut sejumlah ide makanan yang dapat dipilih:

Jajanan Tokkebi/Hotang (Hot dog kentang)

Tokkebi atau yang lebih sering dikenal dengan hotdog kentang atau corndog merupakan salah satu jajanan kaki lima yang populer di Korea Selatan. Kepopuleran tokkebi ini juga sering muncul di beberapa serial drama hingga reality show.

Tak heran kebanyakan warga Indonesia khususnya pecinta drakor banyak menyukai makanan ini dan keseringan dijadikan sebagai jajanan street food. Masyarakat Indonesia menjuluki makanan ini dengan hotang atau kepanjangan hotdog kentang.

Baca juga : Usaha Rumahan Modal Kecil 

Tokkebi hotang dibuat dengan sosis yang dibalut dengan kentang dan digoreng renyah sehingga menimbulkan rasa lembut dan garing crispy pada saat yang bersamaan. Jajanan ini dapat dijual secara online maupun offline, dan pastinya akan laku.

Tahu Crispy

Tahu crispy bisa menjadi jajanan anak sekolah yang praktis ataupun usaha kaki lima yang menguntungksn karena lagi viral belakangan ini. Makanan kekinian yang mudah dibuat ini juga sangat ekonomis karena bahan dasarnya yang sangat mudah didapat.

Makanan tahu juga salah satu yang paling dinikmati masyarakat karena rasanya yang enak dan memiliki berbagai rasa berbeda yaitu dengan di taburi bumbu tabur. Mulai dari anak kecil, orang dewasa dan lansia bisa mengonsumi makanan ini.

Jajanan Banana Nugget

Keberadaan banana nugget menggeser popularitas pisang goreng yang konvesional karena keunikan rasa dan teksturnya. Dengan popularitasnya yang semakin terbang jauh, bisnis banana nugget rumahan hingga bisa dipasarkan ke mall – mall.

Olahan pisang unik perpaduan antara pisang yang lembut dan manis dibalut dengan tepung roti yang gurih lalu disajikan dengan berbagai rasa saos diatas pisang nya. Makanan ini sangat cocok dijadikan camilan sore ditemani secangkir kopi.

Jajanan Bola Ubi Kopong

Bola ubi kopong ini juga bisa menjadi usaha jajanan rumahan yang laris. Harga bola ubi kopong ini mulai dari Rp 500 – Rp 1.000 per pcs nya. Atau bisa dikemas dalam kemasan Rp 5.000/bungkus tergntung dari target pasar juga.

Bahan dasar pembuatan bola ubi sendiri bisa dibilang mudah dan harga nya pun murah, semua bahan tersedia pada pasar tradisional. Dengan cara pembuatan yang mudah, modal pun dapat ditekan secara kecil karena bisa menggunakan alat masak dirumah.

Jajanan Martabak aneka rasa

Siapa yang tidak kenal makanan khas Bandung ini? Martabak sudah terkenal di kalangan masyarakat dengan harga yang murah hingga mahal. Bukan hanya terkenal saja, namun usaha martabak ini benar – benar menguntungkan.

Pedagang martabak manis sendiri bisa dijumpai dari kaki lima hingga di gerai mall besar. Tetapi bukan berarti usaha martabak ini tidak bisa dijadikan usaha jajanan rumahan. Usaha martabak rumahan biasanya membuat ukuran martabak dengan mini.

Martabak dengan berbentuk bulat dan berloyang kecil ini juga banyak diminati masyarakat, satu kotak kardus biasa ber isi 4 martabak dengan toping bermacam – macam. Pembuatan martabak yang mudah dan bahan baku murah sehingga dapat dijadika usaha jajanan rumahan.

Usaha Bakso Rumahan

Bakso merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Bakso digemari siapapun baik orang kaya ataupun masyarakat biasa. Usaha bakso merupakan jenis usaha makanan yang terbukti telah sukses dijalani banyak orang.  Dimulai dari usaha yang tadinya hanya usaha kecil-kecilan.

Usaha berjualan bakso bukan jenis usaha yang bermodal besar, biaya terbesar mungkin ada pada gerobak jika Anda akan menjualnya dengan cara berkeliling. Usaha bakso rumahan tidak terlalu memerlukan modal besar karena semua perlengkapan menggunakan yang ada dirumah.

Bicara bahan baku juga tidak terlalu memerlukan banyak modal karena tidak 100% bakso terbuat dari daging, melainkan ada campuran lainnya. Sehingga mempersempit modal. Target pasarnya pun mudah dijangkau dari anak kecil hingga orang tua.

Usaha Siomay dan Batagor

Siomay dan batagor (bakso tahu goreng) merupakan makanan yang berasal dari Bandung ini  banyak dijual di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan lain-lain. Peminat dan penikmatnya pun sangat banyak, baik dari kalangan muda maupun tua.

Saat berbisnis siomay, maka secara otomatis juga menekuni bisnis makanan pendampingnya, yakni batagor. Sebab siomay dan batagor merupakan makanan yang tidak terpisahkan. Kedua makanan ini memang terlihat begitu mirip.

Bedanya siomay dibuatnya dengan cara di kukus, sedangkan batagor dibuat dengan cara di goreng. Keduanya sama – sama disajikan dengan menggunakan bumbu kacang yang tak akan ketinggalan.

Memiliki modal yang kecil dan tidak mempunyai tempat untuk membuka sebuah usaha jangan takut untuk memulainya. Karena sebuah usaha bisa dimulai dari rumah dan tentu nya dengan modal yang minim juga. Pada dasarnya usaha rumahan bisa memakai semua alat yang ada dirumah. Jadi tidak perlu memerlukan modal yang banyak untuk membeli perlengkapannya loh!