Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeTips UKM10 Cara mempertahankan bisnis agar tidak mudah tersaingi

10 Cara mempertahankan bisnis agar tidak mudah tersaingi

Untuk menjalankan sebuah usaha itu tidak mudah, sebagai seorang enterpreneur kalian harus mempertimbangkan usaha yang sedang ataupun yang akan kamu rintis. Mulai dari mental, ide dan modal semua harus kalian persiapkan.

Saat memulai sebuah usaha jangan sampai ditengah jalan ide untuk mengembangkan usaha kalian habis atau kalah dari pesaingan sekitar. Sebelum memulai usaha pikiran semuanya secara matang – matang.

Esensi dari mempertahankan bisnis adalah mempertahankan pelanggan dan menciptakan penjualan. Tidak mudah memang untuk membuat konsumen atau pelanggan tetap pada bisnis kalian sedangkan diluar sana banyak usaha F&B yang lebih sukses.

Berikut 10 cara mempertahankan bisnis agar tidak mudah tersaingi:

Memiliki metode pemasaran yang kreatif

Media untuk menginformasikan program tersebut juga harus tepat dan kreatif. Agar dapat menarik perhatian pembeli.

Manfaatkan beberapa media sosial untuk mempromosikan produk kalian. Supaya tidak terlihat membosankan dimata pembeli.

Buat template yang lucu dan menarik dengan menggunakan ilsutrasi atau meme lucu seperti kebanyak orang. Bisa juga dengan menggunakan website untuk menjelaskan detaik produk.

Meningkatkan standar kualitas produk

Standar dan kualitas produk perlu diperhatikan mulai dari penggunaan bahan baku, proses produksi pengecekkan produk, hingga packaging tetap steril dan aman.

Sangat penting perhatikan bahan baku utama yang dipakai tentunya. Jangan asal membeli barang dengan harga murah namun kualitasnya jelek. Jika bahan utama nya saja tidak bagus nanti hasilnya tidak akan maksimal.

Packaging juga harus diperhatikan apalagi orang yang membeli secara online atau takeaway. Dengan packaging yang tidak sesuai standar akan menurunkan kualitas dari makanan tersebut.

Utamakan pelayanan konsumen

Poin ini sangatlah penting karena pelayanan terbaik kepada konsumen adalah cara terbaik untuk membuat mereka tetap bertahan pada kalian.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Kecil Kecilan

Tidak mengherankan jika layanan konsumen berkualitas tinggi harus jadi hal yang dipertahankan, ketika hal hail diubah. Jika perlu tingkatkan level pelayanan usaha kalian.

Berikan kesan yang baik pada saat melayani konsumen. Terlebih harus bersabar dengan konsumen yang meminta banyak permintaan. Saat konsumen terlihat kebingungan tawarkan bantuan yang beri mereka solusi.

Lakukan Inovasi Produk

Jangan merasa cepat puas dengan produk yang sudah dibuat sebelumnya. Zaman terus berubah dan tren pun akan bertambah banyak. Selain melakukan peningkatan kualitas produk.

Kalianpun harus melakukan inovasi pada setiap produk yang dibuat. Inovasi dilakukan agar mencegah konsumen yang cenderung bosan pada suatu produk.

Jika usaha kalian tidak bisa mengimbangi target pasar dengan melakukan inovasi produk, bisa saja konsumen berpindah ketempat lain.

Upgrade Kualitas SDM

Kualitas SDM atau sumber daya manusia sangatlah berpengaruh dalam jalannya dunia bisnis kamu.

Jika kalian ingin menghasilkan produk yang luar biasa, memiliki kinerja bisnis yang baik dan juga melayani pelanggan dengan maksimal, perhatikan selalu kualitas karyawan.

Baca juga : Ide usaha makanan Online 

Idealnya, kalian bisa merekut karyawan – karyawan yang baru memiliki kemampuan tertentu. Tetapi tidak ada salahnya terus meningkatkan kualitas karyawan yang ada.

Selalu menjaga loyalitas pelanggan

Hal ini harus kalian lakukan dalam mempertahakan strategi bisnis yang wajib tanpa terkecuali. Dalam berbisnis, menjaga kepercayaan pelanggan sangatlah penting.

Kalian harus selalu memastikan bahwa pelanggan terus puas dan jangan sampai membuat pelanggan kecewa.

Ketika kalian mempertahankan loyalitas kepada pelanggan, pertumbuhan bisnis kamu naik satu tingkat. Karena tanpa diminta nantinya pelanggan akan terus datang kembali.

Memperluas Jaringan Bisnis

Dengan memiliki banyak relasi atau jaringan, semakin besar pula peluang sukses yang kita miliki. Sehingga tidak heran bila pemasaran usaha semakin pesat.

Perkembangan usaha mengalami peningkatan yang positif. Ingat, semakin kuat kerjasama yang dijalani maka semakin mudah pula jalan kita untuk mempertahankan usaha.

Memperluas jaringan bisa dimulai dengan coba berkolaberasi dengan brand lain. Misalkan kalian berjualan martabak manis cobalah berkolaberasi dengan coklat Toblerone sebagai topingnya.

Fokus untuk mengembangkan usaha

Ketika suatu usaha dikelilingi banyak pesaing jangan pernah takut dan usahakan untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target usaha kita.

Prioritas usaha bisa dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita bisa lebih fokus membawa usaha tersebut semakin kedepan.

Amati gerakan pesaing

Laju pertumbuhan para pesaing untuk usaha sejenis perlu diamati agar pelaku usaha bisa mengetahui seberapa besar ancaman yang ada disekitar.

Juga agar bisa mengetahui startegi apa yang bisa digunakan supaya bisnisnya tidak tenggelam ditengah pertempuran persaingan yang ada.

Ketika pergerakan para pesaing telah berhasil kita ketahui, secara tidak langsung kita akan termotivasi untuk mencari ide baru dan meciptakan inovasi produk unik.

Mempertahankan motivasi usaha

Untuk mempertahakan usaha yang telah dirintis, motivasi harus dipertahankan. Semisalnya motivasi untuk mencari untung dengan halal.

Motivasi merintis usaha untuk membuka lapangan pekerjaan baik dan tidak merusak, atau motivasi untuk mempertahankan perannya dalam pasar.

Motivasi usaha juga harus kalian miliki dari sebelum kalian memulai usaha, karena sebuah kata motivasi membuat kalian ingin terus mengembangkan bisnis kalian.

Gampangnya jika kita memiliki sebuah motivasi kita akan lebih bersemangat karena mengejar kepada tujuan utama kita.

Itulah strategi mempertahankan bisnis yang bisa dilakukan untuk membuatnya terus tumbuh dan tidak mudah tersaingi. Semoga hal ini bisa membantu kalian menjaga dan meningkatkan pencapaian bisnis kedepannya.

RELATED ARTICLES