Apa Itu Payment Gateway? Apa Pentingnya Bagi Bisnis Online Anda?

Payment Gateway adalah sistem yang biasanya digunakan dalam dunia e-Commerce untuk mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Payment gateway biasanya membutuhkan syarat-syarat khusus yang tak bisa dipenuhi oleh sembarang toko online. Maka toko online menggunakan fasilitas payment gateway bisa dipastikan adalah toko online terpercaya dan Anda sebagai konsumen pun tak perlu khawatir bertransaksi dengan mereka.

Payment gateway disebut juga dengan layanan yang memproses perizinan kartu kredit dan transaksi online lainnya seperti transfer bank antara pedagang dan pembeli. Layanan ini bisa membantu Anda untuk bisa menerima pembayaran (dana dikirim ke rekening Anda). Layanan ini bisa membantu Anda untuk menerima pembayaran (dana dikirim ke rekening Anda) atau melakukan transfer dana (uang dari rekening Anda dikirimkan ke entitas lain). Transaksi ini diproses secara aman dan aktual (real time).

Hadirnya payment gateway bisa mengubah model bisnis pada masa depan. Karena model bisnisnya ke arah transaksi online. Mekanisme yang dijalankan juga serba otomatis dan memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi online.

Baca Juga: Daftar Startup Fintech Peminjaman Modal UKM yang Diawasi Oleh OJK

Keuntungan Payment Gateway Bagi Pembeli

  • Pelanggan bisa transaksi tanpa perlu membuka website penjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi.
  • Mudah dan aman dalam berbelanja secara online.

Keuntungan Payment Gateway Bagi Penjual

  • Lebih cepat dan mudah memeriksa pembayaran dengan kartu kredit atau debit.
  • Payment gateway melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
  • Toko online tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkan ke satu rekening milik toko online.
  • Cepat dan aman untuk transaksi masal karena payment gateway dapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang singkat.
  • User friendly karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual ataupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail, void, dan refund (pengembalian dana) transaksi.
  • Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gateway yang memiliki teknologi fraud detection yang berfungsi mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online.

Bagaimana Mekanisme Kerja dari Payment Gateway

Manfaat payment Gateway

  1. Menggunakan payment gateway lebih aman untuk melakukan transaksi. Apalagi ini layanan yang akan menjamin keamanan transaksi yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Sehingga tak perlu takut terjadinya penipuan kartu kredit dan penipuan transaksi keuangan lainnya.
  2. Dengan menggunakan payment gateway maka jangkauan pelanggan bisa lebih luas hingga ke luar negeri. Karena seluruh konsumen bisa mengakses konsumen hingga ke seluruh dunia.
  3. Anda tak perlu menyewa toko lagi, karena bisnis ini adalah bisnis online sehingga tidak memerlukan tempat yang luas seperti halnya bisnis offline yang membutuhkan tempat yang luas.

Mekanisme Kerja dari Payment Gateway

Karena payment gateway merupakan perantara e-Commerce dengan merchant bank yang aman dan canggih, sehingga payment gateway memiliki mekanisme kerja standar yakni

  1. Pelanggan di toko online memilih dan menentukan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi yang disampaikan pada koneksi sumber payment gateway.
  2. Kemudian payment gateway meneruskan informasi tersebut ke prosessor pembayaran bak Anda.
  3. Setelah itu, prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan misalnya dengan master card atau visa.
  4. Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan tersebut ke payment gateway kemudian akan diteruskan ke website Anda ke pemegang kartu hingga transaksi berhasil.

Bagaimana Standar Keamanan dalam Payment Gateway

  1. Tak semua orang mau melakukan transaksi online karena transaksi ini banyak ancaman untuk melakukan penipuan. Apalagi saat ini banyak aktivitas pencurian data pelanggan. Untuk melakukan antisipasi ini, payment gateway harus memiliki prosedur standar dalam melindungi transaksi pelangganannya melalui tiga sistem pelacakan
  2. Addres Verification System (AVS) melalui alat ini maka rincian tagihan pelanggan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu terdaftar.
  3. Menggunakan 3D Secure Password digunakan sebagai alat untuk mengotorisasi pembayaran.
  4. Biasanya proses keamanan standard harus dilalui pelanggan dan akan dilakukan payment gateway sehingga lebih memastikan transaksi pelanggan aman dan lancar.

Baca Juga: 4 Fintech Terpercaya Sebagai Solusi Mendapatkan Modal Usaha

Jenis Payment Gateway yang Paling Terkenal di Indonesia

  1. FinPay

Merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012. FinPay sudah bekerja sama dengan bank di Indonesia. Termasuk dengan provide kartu kredit, seperti Visa dan MasterCard. Fin pay juga telah berkolaborasi dengan website eCommerce besar seperti LivingSocial, Plase.com, Apps Foundry, Telkomsel, dan TelkomVision.

2. Ipaymu

Berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan layanan internet untuk membayar produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengirimanan uang, dan penarikan dengan tiga model bisnis yakni solusi bisnis e-Commerce, payment gateway dan layanan merchant.

  1. Veritrans

Veritrans menerima berbagai chanel pembayaran kartu kredit dan debit Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT Web, VT Direct dan VT Link sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan online shop.

  1. Doku

Jenis Payment Gateway, Doku, merupakan sebuah dompet elektronik yang dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik atau cash wallet. Anda bisa menggunakan Doku untuk berbelanja maupun offline di merchant-merchant yang telah tergabung di Doku.  Dengan menggunakan layanan Payment Doku, Anda bisa melakukan transaksi onlien meskipun tidak memiliki kartu kredit. Anda juga bisa lebih mudah melakukan pembayaran listrik, air, telepon dan cicilan lainnya.

  1. True Money

Layanan payment gateway yang melayani pembayaran elektronik yang memungkinkan Anda bisa melakukan semua transaksi melalui hand phone, website, dan kartu. TrueMoney sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang yang dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh Indonesia.

6.KasPay

Layanan payment gateway yang menjadikan sebagai solusi pembayaran untuk memaksimalkan aktivitas transaksi individual hingga bisnis. Dengan KasPay, semua transaksi keuangan berada dalam genggaman. Dengan mengirim uang secara online dengan mudah dan gratis antar akun Kaspay, transfer, pembayaran dan pencairan dana kapan saja dan dimana saja.

  1. FirstPay

Payment Gateway yang memudahkan transaksi pelanggan Anda dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia seperti kartu kredit, virtual account, dan e-Money. Dengan First Pay maka tidak ada biaya pemasangan dan biaya maintenance, biaya transaksinya rendah dan integrasi yang sangat cepat dengan website.

  1. Xendit

Dibandingkan dengan payment lainnya, payment gateway Xendit memang terbilang baru di industri Indonesia. Xendit baru saja berdiri pada Juli 2015. Meski tergolong baru, payment gateway yang satu ini memiliki sistem pendeteksian yang canggih. Karena dilengkapi dengan sistem pendeteksian penipuan secanggih sistem yang dimiliki Visa. Sistem ini berdasarkan dari data global dan milyaran yang disesuaikan dengan algoritma mesin yang terus berkembang dan meningkatkan akurasi. Selain itu, semua data sensitif selalu teresnkripsi dan semua transaksi bisa diproses dengan sistem compliant PCI DSS untuk melindungi bisnis Anda dengan standar tinggi yang digunakan Silicon Valley.

Payment Gateway Bisa Menghubungkan Semuanya dalam Satu Koneksi

Payment gateway bisa menyederhanakan kerumitan pembayaran. Karena pedagang membutuhkan solusi seperti payment gateway. Dengan mengintegrasikan bisnis dengan Xendit, pedagang bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga tak perlu lagi membuat beberapa akun untuk menerima pembayaran.

Dengan payment gateway maka pemilik usaha hanya membutuhkan satu rekening utama, kemudian akan mengumpulkan dana dari pembeli yang mengirim dari bank berbeda untuk dikumpulkan menjadi satu dan dikirimkan ke rekening utama. Ini bisa menghemat waktu dan pemilik usaha tak perlu bertele-tele untuk menjelaskan cara pembayaran dan bisa fokus mengurus bisnis.

Solusi teknologi yang ditawarkan oleh payment gateway juga bisa memberikan keuntungan lain untuk para pedagang. Pedagang tak bisa hanya mampu menerima metode pembayaran kartu kredit tapi pedagang juga bisa menerima metode pembayaran via debit langsung.

Bagaimana Rincian BI terhadap Payment Gateway

Bank Indonesia memang tak bisa diam saja dengan merebaknya payment gateway di Indonesia. Makanya Bank Indonesia (BI) mengeluarkan Peraturan Anggota Dewab Gubernur No 19/10/PADG/2017tanggal 20 September mengenai Gerbang Pembayaran Nasional/ National Payment Gateway (PADG GPN). PADG GPN adalah aturan pelaksanaan dari Peraturan Bank Indonesia No 19/8/PBI/2017 tentang GPN.

Inisiasi GPN juga bertujuan untuk mewujudkan interoperabilitas sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien dan andal melalui interkoneksi switching.  Dengan interkoneksi dan interopabilitas dalam GPN (NPG) akan menjadi katalis untuk mengakselarasi transaksi non tunai di Indonesia.

Selain itu, secara garis besar beberapa hal yang diatur dalam PADG GPN, di antaranya pertama BI mengatur prosedur penetapan kelembagaan GPN memastikan pihak-pihak yang akan menjadi penyelenggara GPN, yakni Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service. Kedua mekanisme kerja sama dalam penyelenggara GPN termasuk mekanis kerja sama antara penyelenggara GPN dengan pihak-pihak di luar GPN.

Tak hanya itu BI juga menetapkan kebijakan branding nasional yang terdiri atas logo nasional. Perluasan akseptasi (penerimaan) nasional dan kewajiban pemrosesan domestik. Logo tersebut diwajibkan untuk menggunakan logo nasional pada setiap instrumen yang ditertibkan dan kanal pembayaran yang digunakan dalam transaksi pembayaran domestik melalui GPN, dan tahap waktu implementasi pencantuman logo nasional untuk instrumen kartu ATM dan atau kartu debit.

BI juga kini menetapkan skema harga untuk memastikan berjalannya interkoneksi dan interoperabilitas dalam ekosistem GPN. BI telah menetapkan skema harga kartu debt, dengan tarif yang dikenakan kepada pedagang oleh bank (Merchant Discount Rate-MDR) sebesar 1% dengan pemberian MDR khusus untuk transaksi tertentu termasuk MDR 0% untuk transaksi terkait pemerintah.

Baca Juga: LegalTech Sebagai  Solusi Bagi Pelaku UKM yang Masih Awam dengan Hukum

Kebijakan lain yang ditetapkan oleh Bank Indonesia adalah memastikan berjalannya interkoneksi dan interoperabilitas dalam ekosistem GPN. Salah satunya dengan skema untuk harga uang elektronik. BI pun memerintahkan kepada seluruh pihak dalam penyelenggaraan GPN wajib memenuhi aspek transparansi di dalam pengenaan biaya. Karena BI memang memiliki kewenangan untuk sewaktu-waktu bisa mengevaluasi kebijakan skema harga.

Haruskah Menggunakan Payment Gateway Untuk Bisnis Online

Zaman digital seperti sekarang jika tidak menggunakan internet bisa dibilang ketinggalan zaman. Begitu juga dengan Anda yang memang memiliki bisnis online. Maka, lebih baik menggunakan payment gateway. Apalagi dengan menggunakan sistem pembayaran ini  yang bisa mempermudah transaksi bisnis Anda.

Dan keuntungannya dengan memiliki payment gateway maka tingkat kepercayaan orang terhadap bisnis online menjadi lebih meningkat. Karena untuk melakukan aktifasi akun untuk payment gateway pastinya membutuhkan beberapa persyaratan. Dan jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi maka penjual tidak bisa mengaktifkannya.

SHARE

LEAVE A REPLY