Whatsapp Business, Aplikasi Messenger Inovatif untuk Pebisnis Usaha Kecil dan Menengah

WhatsApp Business merupakan aplikasi messenger yang dirancang khusus untuk para pelaku bisnis, sehingga interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah.

Beberapa fitur yang ditawarkan dan menjadi keunggulan dari aplikasi aplikasi messenger milik Mark Zuckerberg ini adalah fitur untuk mengotomatisasi, menyortir dan merespon pesan secara cepat. Menarik ya!

Baca Juga : Aplikasi Chat untuk Jualan Secara Online

Berikut adalah alasan kenapa aplikasi WhatsApp Business ini sangat penting dimiliki oleh Anda selaku pelaku bisnis unit kecil dan menengah (UMKM).

Mengapa Harus Menggunakan WhatsApp Business?

WhatsApps menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Hal ini disampaikan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg saat mengumumkan pendapatan perusahaan sepanjang kuartal empat tahun 2017.

Aplikasi messenger ini memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan atau biasa disebut monthly active users (MAU) dan mengalami peningkatan dibanding MAU WhatsApp pada awal kuartal tiga bulan Juli 2017 sebanyak 1,3 miliar.

Dengan jangkauan yang luas serta pengguna yang begitu aktif, bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda untuk mengembangkan bisnis dengan aplikasi WhatsApp.

Inilah yang membuat WhatsApp Business menjadi tool wajib dan tepat untuk Anda manfaatkan dalam pengembangan sebuah bisnis.

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Penggunaan aplikasi WhatsApp bisnis ini tidak jauh berbeda dengan versi personal, mulai dari pengunduhan sampai proses pendaftaran akun. Fungsinya pun masih sama, yaitu untuk chatting atau layanan pesanan instan.

Hanya saja, WhatsApp bisnis ini dilengkapi dengan beberapa fitur untuk keperluan usaha. Anda bisa membuat deskripsi singkat tentang profil bisnis, jam operasional, alamat toko, situs dan lain sebagainya. Secara tampilan hampir sama seperti page di Facebook.

Nah bagi Anda yang tertarik menggunakan tool bisnis yang satu ini, berikut tahapan atau cara penggunaan WhatsApp Bisnis.

Unduh Aplikasi di Play Store

Tahapan awal untuk bisa menggunakan layanan WhatsApp Bisnis adalah dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play. Sementara, aplikasi ini hanya tersedia di platform Android. Sehingga para pengguna IOS belum bisa menggunakan layanan tersebut.

Sign-Up

Setelah Anda meng-instal aplikasi WhatsApp Bisnis, tahap selanjutnya adalah sign-up atau registrasi. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, lalu memasukkan kode unik yang dikirim via SMS sebagai bagian dari verifikasi data.

Perlu diketahui, saat proses registrasi Anda tidak bisa menggunakan nomer yang sudah pernah dipakai atau sedang digunakan pada WhatsApp personal. Jika ingin menggunakan nomer yang sama, Anda harus memilih salah satu. Tetap menggunakan versi standar atau beralih menjadi versi bisnis.

Username pada Akun WhatsApp Bisnis

Jika proses sign-up telah berhasil, secara otomatis akan beralih ke halaman penamaan akun bisnis. Nama akun yang sudah terdaftar tidak bisa diubah lagi. Jadi pastikan saat proses penamaan akun, Anda mengisinya secara benar.

Lengkapi Profil dan Form Fitur Auto Response

Langkah terakhir, lengkapi profil atau informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari alamat, deskripsi, jam operasional, email, website, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mengisi form pada fitur auto response, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini diperlukan, agar proses komunikasi dengan pelanggan dapat berjalan dengan baik.

Itu dia beberapa tahapan pembuatan akun WhatsApp Bisnis. Setelah selesai melakukan proses registrasi, Anda bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan pelanggan dari bisnis yang dijalankan.

Fitur Unggulan yang Tidak Dimiliki WhatsApp Personal

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp Bisnis yang tidak dimiliki akun personal.

Bisa Menggunakan Nomer Telepon Perusahaan

Berbeda dengan akun personal yang hanya bisa menggunakan nomer telepon selular, proses pendaftaran WhatsApp Bisnis ini dapat menggunakan nomer telepon perusahaan. Hal ini tentu akan memudahkan Anda, dalam memisahkan percakapan yang bersifat personal dan bisnis.

Fitur Profil Bisnis

Perbedaan yang kedua adalah WhatsApp Bisnis ini dilengkapi dengan halaman informasi yang bisa Anda isi sesuai dengan identitas bisnis yang dijalankan. Mulai dari profil singkat, website, email, jam operasional, dan alamat bisnis lengkap dengan maps.

Fitur Pesan Otomatis atau Auto Respon

Fitur pesan otomatis yang dihadirkan WhatsApp Bisnis ini hampir sama dengan fitur auto-responder yang ada pada email.

Anda bisa menggunakan tiga layanan pesan tambahan, seperti Away Message (respon otomatis ketika kita tidak sedang membuka WhatsApp), Greeting Message (untuk menyapa setiap nomor baru yang mengontak Anda), serta Quick Replies (template pesan instan menggunakan kode bot seperti: thanks untuk pesan yang lebih panjang).

Fitur Statisitik Pesan Terkirim atau Diterima

Keunggulan lain yang tidak dimiliki WhatsApp personal adalah adanya fitur statistik. Dimana bisa menampilkan jumlah pesan dikirim (sent), terkirim (delivered), dibaca (read) dan diterima (received).

Baca Juga : Inilah Aplikasi yang dapat Mengotomatisasi Sebagian Pekerjaan Bisnis Anda

Untuk bisa membaca analisis pengguna WhatsApp Business, cukup tekan opsi yang ada di kanan atas percakapan, kemudian masuk pengaturan dan pilih statistik. Fitur ini tentu akan membantu dan memudahkan Anda dalam mengevaluasi kinerja customer care.

Itu dia penjelasan singkat seputar penggunaan dan keunggulan fitur yang dimiliki aplikasi WhatsApp Bisnis. Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY