Inilah Aplikasi-aplikasi yang Bisa Mengotomatisasi Sebagian Pekerjaan Bisnis Anda

Anda masih membuat pembukuan usaha secara manual atau mendata absensi karyawan menggunakan kartu absen? Ini waktunya Anda mengubah metode tersebut dengan menggunakan alat yang sudah terkomputerisiasi dan bisa diopersikan secara otomatis. Pasalnya metode kerja seperti itu lebih cepat dan efesien ketimbang bekerja dengan sistem konvesional. Sebagai bentuk otomatisasi diperlukan adanya alat yang dapat menunjang proses kerja tersebut. Berikut ini adalah sistem aplikasi untuk usaha Anda.

Accounting Tools

Akuntansi merupakan salah satu pekerjaan yang menyita waktu dan sangat memusingkan. Bagaimana tidak, Anda bukan hanya harus membuat 1 atau 2 laporan saja, tapi bisa lebih dari 5 pembukuan, seperti buku cash flow, buku penjualan, buku hutang dan piutang, catatan stock dan lain sebagainya. Jika pekerjaan ini dibantu oleh beberapa orang mungkin tidak jadi masalah karena bisa membagi tugas, tapi bagaimana kalau semua itu dilakukan pemilik usaha sendiri atau oleh 1 karyawan. Bisa jadi akan banyak kesalahan yang dilakukan. Untuk itu aplikasi akuntansi sangat berguna untuk membantu pekerjaan tersebut.

Sekarang ini sudah cukup banyak aplikasi akuntansi yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha kecil menengah. Layanan-layanannya pun bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki pelaku usaha serta kebutuhan usahanya. Berikut ini beberapa aplikasi akunting yang bisa pilih.

  • Zahir, merupakan aplikasi akuntansi yang dapat membantu pengusaha mengelola dan menyajikan berbagai laporan keuangan seperti penjualan, pembelian, stock, keuangan, akuntansi, aset, proyek, dan lainnya.
  • Wave, aplikasi akuntansi online ditujukan untuk pengusaha kecil menengah dalam membuat invoice, pembayaran credit card, akuntansi dan perhitungan gaji karyawan.
  • CPSSoft Accurate, juga tersuk ke dalam aplikasi akuntansi online untuk membantu mengelola dan membuat berbagai laporan, seperti laporan pembelian, penghitungan pajak, slip gaji karyawan, stock barang dan dilengkapi dengan fitur aset per lokasi untuk memudahkan pelaku usaha mengetahui aset tetap yang dimiliki perusahaan, khususnya untuk badan usaha yang memiliki banyak lokasi atau tempat usaha.
  • Mas Software, software akuntansi untuk membuat laporan keunaganm laba-rugi, neraca dan kegiatan akuntansi lainnya. Mas Software menawarkan tampilan yang user friendly maka cocok digunakan untuk pelaku usaha yang awam dengan pekerjaan akuntansi.
  • Fina (Financial Accounting), software ini sudah cukup banyak digunakan lebih dari 800 perusahaan.  Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur utama yaitu reporting system, sinkronisasi semi online, discount dan promo.

Baca Juga : 5 Software Akuntansi Online 

  • Manajemen HR (Human Resource)

Saat mendekati akhir bulan biasanya bagian HR akan disibukan dengan kegiatan rekap absen dan menghitung gaji karyawan. Di mana dalam satu hari itu pekerjaan tersebut harus selesai agar upah bisa ditransfer keesokan harinya. Ini tentu akan sangat melelahkan dan memakan banyak waktu, belum lagi saat HRD melakukan evalusi kinerja karyawan, di mana membutukan file data karyawan tersebut terlebih dahulu. Nah, semua hal tersebut akan sangat mudah dilakukan bila menggunakan software management HR.

Aplikasi seperti ini sudah cukup massive diproduksi oleh beberapa startup, contohnya saja seperti Gadjian. Aplikasi berbasis cloud system ini dapat membantu Anda menyimpan dan melacak data karyawan di perusahaan. Selain itu, berikut ini beberapa aplikasi Manajemen HR lainnya.

  • Sleekr HR, software yang dapat membantu pelaku usaha kecil menengah untuk menangani manajemen SDM, seperti perhitungan payroll, pajak penghasilan (PPh 21) shingga SPT, klaim, overtime atau lembur, absensi karyawan dan database staf.
  • LinovHR, aplikasi ini akan membantu HRD mulai dari penggajian, pengelolaan data karyawan, pengembangan karyawan, hingga perekrutan karyawan.
  • Talenta, menyediakan sistem manajemen HR untuk membantu pencatatan kehadiran/absensi, sistem payroll dan pengajuan lembur. Selain itu, talenta juga mempermudah penggajian termasuk membuat laporan pajak, slip gaji, laporan perbankan dan lainnya.
  • Netis HRIS, menyediakan layanan untuk membantu HR dalam hal perekrutan karyawan, memantau performa karyawan hingga berbagai urusan adminstrasi.

Customer Relationship Management (CRM)

Bila usaha Anda termasuk ke dalam usaha berbasis online, sistem ini sangat dibutuhkan. Apa itu CRM? CRM sistem yang dapat mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan dengan 1 platfom. Secara sederhannya CRM adalah aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan massager atau media sosial perusahaan. Jadi dengan hanya menggunakan aplikasi ini admin tidak perlu lagi membuka platform-platfom media sosial untuk chating dengan konsumen. Tujuan utama pengaplikasian ini adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. CRM dilengkapi dnegan analisis customer, vendor, partner, proses informasi ineternal dan penyimpanan. Penggunaan CRM akan membantu pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan. Berikut beberpa aplikasi CRM untuk usaha kecil dan menengah.

  • Bornevia, adalah peusahaan startup helpdesk berbasis web yang dapat membantu perusahaan menghdapai customer support secara online. Dengan Bornevia pengguna bisa mengintegrasikan media sosial mereka dengan akun email dan menangani interaksi dengan pelanggan mereka di aplikasi tersbeut.
  • Blup, aplikai ini diklaim dapat menjembatani antara masyarakat dan perusahaan. Karena feedback dari konsumen bisa langsung diterima oleh perusahaan dan bisa langsung direspons dengan cepat. Sehingga dengan begitu akan mendorong perusahaan untuk dapat meningkatkan kualita pelayanan mereka berkat aspirasi dari konsumen.

Sosial Media Management

Peran sossial media dalam hal pemasaran sangat dibutuhkan untuk semua perusahaan. Pasalnya sosial media sangat berpengaruh untuk memperkenalkan sebuah brand kepada masyarakat. Namun disemakin berkembangnya dunia internet semakin berkembang pula jumlah sosial media yang digunakan sehingga pengusaha mau tidak mau mengikuti perkembangan tersebut dengan membuat banyak akun sosial media, seperti Fanpage, Twitter, Youtube, Linkedin, Instagram, dan lainnya. Dengan latar belakang itu maka diperkenalkanlah aplikasi sosial media management. Di mana dengan 1 aplikasi tersebut dapat mengintegrasikan lebih dari 5 akun sosial media dan dapat memonitoring aktivitas sosial media yang telah terintegrasi. Berikut ini aplikasi-aplikasi sosial media management yang bisa digunakan pelaku usaha.

  • Hootsuite, adalah sosial media dashboard yang dapat memungkinakan pengguna untuk mengelola beberapa akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn, dan lainnya dalam satu aplikasi Hootsuite. Layanan ini akan mempercepat dan mempermudah aktivitas untuk memposting tautan atau check in tanpa perlu menjalankan aplikasi-aplikasi sosial media tersebut.
  • Buffer, membantu pengguna untuk menjadwalkan sosial media update yang ingin diposting. Pengguna dapat menghubungkannya dengan beberapa akun media sosial seperti Facebook, Google+, LinkedIn, Twitter, Pinterest dan Instagram.
  • SocialOomph, management tool sosial media yang menyediakan layanan mengelola beberapa sosial media meliputi Facebook, Twitter, Plurk, bahkan Blog.  Dalam layanan ini tersedia fitur penjadawalan tweet di twitter, pelacakan kata kunci, dapat mengelola Inbox DM, auto follow dan fitur auto DM untuk followers baru.
  • SosialFlow, adalah solusi untuk pengusaha yang ingin melihat setiap percakapan di sosial media. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat memprediksi waktu terbaik untuk menerbitkan postingan.
  • Crowdbooster, memberikan layanan guna menganalisa sosial media pengguna, dnegan tujuan untuk meningkatkan performa bisnis online Anda. Crowdbooster juga menyediakan penjadwalan untuk update konten dan bisa melihat statistika dari kegiatan pengguna di sosial media.

Baca Juga : Point of Sales untuk UKM 

Email Marketing

Para pelaku marketing, email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling direkomendasikan. Dalam praktiknya cara pemasaran ini sangat efektif untuk menjalin hubungan antara konsumen dengan brand yang mereka gunakan sehingga dapat membangun loyalitas konsumen. Dengan menggunakan email marketing dan konten yang relevan maka konsumen akan langsung tertarget dalam waktu yang singkat dalam pengaplikasiannya. Nah, untuk mempermudahnya platform email marketing di bawah ini dapat membantu pengusaha untuk mengembangkan nama brand dan juga kredibilitas perusahaan di mata konsumen.

– MailChimp, online software email marketing yang dapat mengelola data konsumen, mengirimkan email dan melacak hasil campaign yang dilakukan.

– DocoBlast, merupakan email marketing yang memberikan fasilitas list management di mana pengguna dapat melihat garis besar aktivitas email pengguna, campaign management untuk mengelola strategi campaign yang sesuai dnegan tujuan perusahaan, dan membuat serta mengirim campaign ke seluruh kontak email Anda secara real-time.

– Active Campaign, layanan berbayar ini membantu mensegmentasikan konsumen Anda berdasarkan kebiasaan mereka dalam membanca email. Active Campaign dapat memberi tag, mengirim email automation, dan membalas email pelanggan secara langsung.

– AlfaSender, layanan email marketing yang dapat mengirimkan email ke banyak pelanggan sekaligus secara otomatis untuk mengirimkan untuk mengirimkan newsletter, email promosi, autoresponder, reminder, ucapan ulang tahun dan lain sebagainya.

– Infusion Soft, merupakan tool email marketing yang mengkombinasikan beberapa fitur yaitu email automation, e-commerce dan CRM. Kelebihan lainnya, layanan ini disertai un-subscribe, di mana fitur ini dapat digunakan oleh pelanggan yang tidak lagi berlanggan dan secara otomatis tidak akan menerima email dari perusahaan tersebut sehingga pelanggan tersebut tidak merasa terganggu.

Logistik

Saat ini jasa pengiriman barang atau logistik juga sudah cukup berkembang di Indonesia. Mengingat sekarang-sekarang ini tren belanja online kian marak lantas hal ini perlu didukung dengan sistem lainnya, seperti pembayaran dan logistik. Nah, berikut beberapa aplikasi logistik yang bisa membantu pengusaha dalam hal pengiriman barang.

– Iruna e-Logistic, layanan berabasis online yang dapat memudahkan pelaku usaha dalam hal logistik dengan cara mengintegrasikan situs dagang mereka. Layanan ini menawarkan sistem yang sudah terdigitalisasi untuk menangani mulai dari penyimapanan sampai pengiriman barang dan semua kegiatan tersebut dapat dimonitori secara real-time oleh pengguna.

– Go Box dari GoJek, jasa kurir ini jadi solusi bagi para pelaku usaha untuk mengirim barang dengan estimasi waktu pengiriman yang singkat.

– Etobee, sama seperti go box etobee adalah layanan jasa kurir yang dapat membantu pelaku usaha untuk mengirim barang dalam waktu yang singkat. layanan ini mencapuk daerah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tanggerang dan Bekasi).

– JET Express, adalah layanan on-demand logistik yang bergerak di bidang ride sharing dan juga jasa pengiriman. JET menawarkan beberapa fitur layanan yaitu JETRide, JETCourier, JETPickup, dan JETbox.

E-commerce

Jika Anda memiliki usaha berbasis online, Anda tentunya membutuhkan layanan e-commerce untuk mempermudah proses kerja bisnis, seperti memasarkan produk, menjual produk, penyimpanan sampai masalah pembayaran. Berikut ini adalah layanan-layanan e-commerce yang bisa memudahkan Anda menjalankan bisnis.

– 8Commerce, adalah layanan yang hadir untuk memberikan solusi bagi para pelaku usaha berbasis online untuk teknologi, pemasaran, pemenuhan logsitik dan pengiriman yang terintegrasi. Selain itu, 8Commerce juga menawarkan pengelolaan aset, pengalaman di retail serta marketing dan operation yang terhubung secara real-time.

– aCommerce,  adalah penyedia jasa e-commerce yang memberikan pelayanan dari hulu ke hilir untuk bisnis yang berbasis online. cakupannya seperti manajemen pergudangan, pelayanan call center, teknologi hingga marketing online maupun konvensional.

LEAVE A REPLY