Tips Memulai Waralaba Singkong Keju

Waralaba makanan tradisional

GoUKM.id- Kau Makan Singkong, Ku Makan Keju. Lagu di era 80 an tersebut seperti menggambarkan si miskin dan si kaya lewat makanannya. Tapi kini tak lagi sejak hadir kombinasi antara singkong dan keju menjadi sebuah camilan yang populer.

Sekilas tak ada yang istimewa dari perpaduan dua jenis makanan ini. Bahkan banyak yang menyangka hanya singkong goreng biasa. Tapi jika diperhatikan akan terlihat warnanya yang lebih kuning dan terdapat serpihan ketika digoreng. Dan jika dimakan maka akan lebih terasa perpaduaan rasa keju dan singkong

Cara membuatnya pun mudah, singkong digoreng dulu setengah matang kemudian direndam oleh cairan keju selama beberapa menit. Setelah itu didiamkan hingga bumbu meresap. Kemudian digoreng kembali hingga garing.

Kini singkong keju mulai dikenal oleh masyarakat terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Peminatnya pun beragam dari kelas kaki lima hingga pekerja kantoran.  Harga jualnya tak berbeda dengan gorengan biasa, Rp 1000-2000 per buahnya. Memang yang agak sulit adalah mencari singkongnya, karena singkong di daerah perkotaan sudah mengalami kelangkaan. Jadi harus memesan dulu di luar provinsi.

Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba ini maka ada hal-hal yang Anda harus persiapkan yaitu

  1. Tentukan lokasi untuk menjual, pilihlah tempat startegis dan jangan di tempat yang mengundang kemacetan. Karena bisa-bisa Anda ditangkap oleh Satpol PP karena membuat macet jalanan.
  2. Siapkan gerobak, tak perlu terlalu besar yang penting bisa membawa barang dagangan. Biasanya gerobak dilengkapi oleh kompor dan wajan, juga tempat untuk menaruh bahan-bahan masakan.
  3. Anda harus punya langganan yang memproduksi singkong atau Anda sendiri yang memulai menanam. Karena kita tak tahu jika tiba-tiba permintaan singkong menjulang. Jangan sampai permintaan tinggi namun kita tak bisa memenuhi.
  4. Sama seperti singkong, Anda harus memiliki produsen keju langganan jadi tak terlalu mahal jika harus membeli eceran.
  5. Meski hanya pedagang singkong keju, Anda harus rajin berinovasi mencari rasa-rasa baru yang cocok untuk camilan singkong keju. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebosanan pelanggan.

Usaha Waralaba Singkong Keju Terlaris

Usaha waralaba singkong keju kini sudah sangat banyak, namun yang memiliki prosepek yang menjanikan mungkin masih sedikit. Sebelumnya Anda sudah mengetahui tentang tips membuka usaha waralaba singkong keju, berikut ini adalah usaha waralaba singkong keju yang bisa Anda pilih.

Tela-Tela Fried Cassava

Awalnya usaha waralaba Tela-Tela ini  hanya menggunakan grobak kecil yang beroperasi di pinggiran kota Yogyakarta dengan sajian utama singkong goreng dengan berbagai rasa terutama keju. Ternyata respons dengan sangat baik dan setelah itu dimulailah usaha kemitraan. Selain menjual singkong goreng dengan taburan keju, usaha warlaba ini juga memberikan pilihan produk lainnya sperti jamur tiram, olahan durian dan tahu bakso. Bila Anda ingin mencoba modal awalnya berkisar 6 – 7 juta rupiah Anda sudah bisa berjualan di daerah rumah Anda lengkap dengan peralatan dan gerobak.

Sii Juu

Usaha waralaba ini mulai dikembangkan menjadi kemitraan pada Juni 2008, dengan ketentuan mitra yang bergabung akan mendapatkan gerobak dan traning secara komprehensif mengenai proses pembuatan singkong keju secara mendetail. Untuk investasi awal usaha waralaba ini membutuhkan sebesar 35 juta dengan net profit 20% untuk mitra dengan keuntungan mitra tidak perlu mencari karyawan dan tempat karena sudah sepenuhnya diurus oleh pemegang waralaba. Modal awalnya memang terhitung besar namun bila Anda tidak memiliki modal yang mencukupi, Sii Juu memberikan kemudahan melalui kerjasama yang dijalani pemilik dengan BTN Syariah.

Nabil Singkong Keju

Selain singkong keju usaha waralaba Nabil juga menyajikan berbagai varian rasa seperti coklat, barbeque, balado, abon strowbery dan lain-lain.  Modal yang dibutuhkan hanya 5 juta rupiah untuk memulai menjadi mitra dengan keuntungan tanpa ada sistem bagi hasil. Selain itu Anda juga mendapatkan peralatan untuk membuat singkong keju terutama gerobaknya.

Cara membuat singkong keju merekah

Selain pilihan untuk membuka usaha waralaba Anda juga bisa membuka usaha sendiri dengan membuat singkong keju buatan Anda. Cara membuat singkong keju ini tidak sesulit dengan yang Anda pikirkan. Resepnya pun sudah sangat mudah ditemukan di mana pun. Nah, kali ini kami akan berbagi resep bagaiamana caranya membuat singkong keju yang merekah.

Bahan Singkong Keju :

  • 1 kg singkong, bersihkan dan potong sesuai selera
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm garam atau secukupnya
  • 1 sdt ketumbar bubuk (opsional bila suka)
  • Air secukupnya

Cara Membuat singkong keju goreng

  • Goreng singkong yang sudah dibersihkan. Gunakan api sedang dan minyak yang banyak agar singkong tergoreng dan matang sempurna.
  • Setelah matang tiriskan singkong lalu rendam ke dalam air yang sudah diberi bumbu bawang putih dan garam. Anda bisa ditambahkan ketumbar bila perlu.
  • Rendam singkong sampai merekah.
  • Goreng kembali singkong yang sudah direndam air bumbu tadi sampai singkong garing dan crispy.
  • Tata singkong goreng di atas piring saji dan poles dengan sedikit mentega lalu taburi keju parut.
SHARE
Previous articleTips Jitu Memulai Usaha
Next articleJual Beli Foto Mendulang Dolar
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY