Friday, June 21, 2024
spot_img
HomePeluang UsahaMau jadi Seorang Makeup Artist MUA? 10 Langkah Menjadi MUA Sukses Bagi...

Mau jadi Seorang Makeup Artist MUA? 10 Langkah Menjadi MUA Sukses Bagi Pemula

Make Up Artist atau yang lebih dikenal sebagai MUA adalah sebuah pekerjaan dibidang jasa yang menawarkan keterampilan tata rias wajah. Pekerjaan ini memiliki banyak peminat, tak hanya wanita tapi laki laki sekalipun juga banyak yang menjadi seorang MUA

Anda tertarik memulai karir di dunia MUA? Apa saja persiapan yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang Make Up artist ? Berikut ini adalah langkah langkah menjadi seorang MUA pemula untuk anda.

Cara Menjadi Makeup artist MUA untuk pemula

Untuk menjadi seorang Make Up Artis terkenal memang tidak bisa dilakukan secara instan, butuh keterampilan dan jam terbang yang cukup untuk bisa menuju hal itu. Tentunya anda harus memulai karir sebagai MUA pemula terlebih dahulu, berikut langkah – langkah untuk menjadi seorang MUA untuk pemula.

  1. Kuasai Teknik Make UP Dasar
    Untuk menjadi seorang MUA tentunya anda harus menguasai dasar – dasar dalam bermake up, mulai dari mengenal alat dan produk make up, kegunaannya dan cara pakainya kemudian pemilihan shade sesuai warna kulit dan pencampuran warna dalam make up.Selain itu anda harus pelajari tentang jenis jenis kulit dan kandungan dalam bahan produk make up untuk bisa memberikan produk yang sesuai dengan jenis kulit klien anda, jangan sampai kulit wajah klien anda menjadi break out setelah menggunakan jasa make up anda, tentunya itu akan memperburuk citra anda sebagai seorang MUA pemula .
  2. Mengikuti Kursus Make UP Artist
    Untuk seorang pemula ada baiknya anda mengikuti kursus make up jika ingin menjadi seorang MUA, sebab dalam kursus make up anda akan belajar mulai dari teori hingga praktek langsung dari seorang profesional yang sudah lebih dulu terjun ke dunia make up.Jika mengikuti kursus make up anda akan belajar teknik teknik yang benar dalam make up dan tips menjadi MUA dari Instruktur anda, anda juga bisa mengobrol dan melakukan sharing dalam menjalankan usaha Make Up Artist.

    Selain itu instruktur anda akan mengamati perkembangan keterampilan make up anda dan memberikan evaluasi terhadap hasil make up anda, bahkan tak jarang peserta kursus bisa diberi kesempatan untuk mendandani klien dari instrukturnya.

Baca Juga : Kursus Make Up Golden Academy by GOukm Training Center

  1. Berlatih Dengan Konsisten
    Mengikuti kursus berbeda dengan sekolah make up jika sekolah make up berlangsung kurang lebihh 3 hingga 4 bulan dengan kurang lebih 60 kali pertemuan, dalam kursus biasanya hanya ada 1 hingga 2 kali pertemuan saja namun tentu saja biaya mengikuti kursus berbeda jauh dengan sekolah make up.Untuk itu anda harus terus berlatih dengan konsisten setelah mengikuti kursus, GOukm training center adalah salah satu lemabaga training yang menyediakan kursus make up artist di jakarta yang memperbolehkan peserta merekam kegiatan praktek kursus hingga anda bisa memutar kembali video nya untuk dipelajari lagi dirumah.

Baca juga : Kursus Make Up Golden Academy by GOukm Training Center

  1. Milikilah Portofolio
    Untuk menarik minat klien anda harus memiliki portofolio berupa foto foto atau video singkat, jika anda belum pernah memiliki client anda bisa meminta tolong pada teman untuk menjadi model make up anda dan buatlah portofolio anda sebanyak mungkin
  2. Buatlah Akun Sosial Media Anda
    Untuk menjangkau lebih banyak orang anda perlu membuat sosial media, anda bisa mengisi sosial media anda dengan foto foto hasil make up klien anda atau memposting kegiatan anda saat melakukan make up.Anda juga bisa melakukan promosi di sosial media dengan menawarkan promo promo menarik seperti potongan harga dan sebagainya.Untuk seorang pemula ada baiknya anda menerima permintaan make up meski dengan bayaran yang belum besar, selain menambah jam terbang anda juga mendapatkan model gratis untuk portofolio.
  3. Bersikap Pro-Aktiv
    Untuk seorang pemula anda perlu menjadi pro-aktiv, Untuk mencari klien dan memberitahukan orang orang jika anda membuka jasa make up artist anda harus lebih sering memposting promosi anda di sosial media bahkan digroup chat anda juga bisa menawarkan secara pribadi ke teman atau saudara anda.
  4. Belajarlah Dari Pengalaman Mereka yang sudah Sukses
    Cari tahu tentang para MUA sukses di negara anda ataupun luar negri, bagaimana cara mereka memulai karis menjadi MUA tips dan kiat kiat menjadi MUA sukses dari mereka.Pelajari ciri khas dan keunikan setiap MUA dan lihat apakah yang membuat mereka sukses, langkah apa yang mereka lakukan untuk menjadi sukses dan memiliki banyak klien?
  5. Miliki Etika Seorang MUA
    Salah satu pentingnya mengikuti  kursus Make Up Artist adalah anda akan diajarkan etika seorang MUA, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada klien, bagaimana cara menghadapi dan memperlakukan klien.Itu semua adalah hal yang sangat penting, karena jika klien anda puas dengan hasil dan pelayanan anda mereka cenderung akan mereferensikan anda ke teman temannya.

Kursus Make Up Golden Academy by GOukm Training Center

  1. Terus Belajar dan Selalu Update
    Anda harus selalu belajar dan meningkatkan kompetensi anda, semakin bagus hasil make up anda maka semakin tinggi bayaran yang akan anda dapatkan.Selalu ikuti trend karena make up selalu memiliki trend baru hampir setiap saat, dan ciptakan inovasi anda sendiri karena klien sangat suka dengan sesuatu yang fresh.
  2. Investasi pada peralatan Make UP
    Anda bisa membeli alat make up yang murah tetapi berkualitas, cicillah satu persatu alat make up setiap anda mendapatkan job.Saat ini ada banyak merk make up yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas bagus seperti Innisfree, LT Pro, Marcks, madame gie dan banyak lagi. Pastikan anda tidak membeli barang murah yang tanggal kadaluarsanya sudah dekat ya!

Apakah Menjadi MUA itu Sulit?

Pada dasarnya membangun jasa make up artist sama sulitnya seperti membangun bisnis lain, butuh persiapan yang matang untung menghindari potensi kegagalan.

Tidak ada bisnis yang bisa sukses dalam waktu singkat, dibutuhkan kemampuan, dedikasi dan strategi yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Yang terpenting dalam sebuah bisnis adalah jangan menyerah dan jangan takut gagal.

Itu tadi adalah beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang MUA pemula, semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin berkarir di dunia Make Up Artist.


Pusat Informasi dan pendaftaran Lembaga pelatihan Makeup Artist
GOLDEN ACADEMY by GOUKM
PT. Eventama Solusi Kreatif
Pendaftaran dan Informasi, Hubungi 
WhatsApp/Call 081386617581 (Mila)
EMail  [ goukmid@gmail.com ]

Golden Academy by GoUKM Training Center (GTC) adalah lembaga pelatihan vokasional berbasis wirausaha berbentuk kursus, pelatihan, training, workshop hingga in-house training untuk memulai usaha khususnya di bidang Make Up artist.

RELATED ARTICLES