Keunggulan Mesin Vacuum Frying Untuk Usaha Bisnis Keripik

Keripik buah meski tak sefenomenal keripik umbi namun ternyata berpotensi besar. Namun sayang untuk membuka peluang bisnis ini memang tidak mudah karena kadar airnya cukup tinggi sehingga agak sulit memproduksi keripik buah yang berkualitas tinggi. Sehingga dibutuhkan mesin vacuum frying dan mesin spiner untuk keripik yang berkualitas.

Selain enak rasanya juga memiliki nilai gizi tentunya. Jika menggunakan metode konvensional pembuatan keripik biasanya dilakukan dengan cara penjemuran terlebih dahulu. Baru kemudian digoreng dan diberi bumbu. Namun ternyata metode tersebut membutuhkan waktu yang lama. Dan keripik buah yang dihasilkan tak serenyah keripik umbi.

Biasanya keripik buah yang paling sering dicari adalah keripik pisang, keripik buah naga, keripik buah malang, keripik nangka, keripik nanas dan lainnya. Kali ini kita akan membahas keripik buah malang, yang memang menjadi salah satu keripik buah andalan untuk oleh-oleh liburan.

(Baca Juga Artikel terkait : Mesin Roti untuk usaha roti )

Keripik buah malang biasanya terbuat dari buah apel malang yang memang sudah terkenal hingga negara luar. Karena apel termasuk buah yang memiliki kadar air tinggi maka untuk meniriskan airnya dibutuhkan mesin-mesin vacuum frying dan mesin spiner.

Cara Membuat Keripik dengan Mesin Keripik Buah

  1. Apel segar dikupas kulitnya kemudian dicuci bersih.
  2. Setelah itu iris apel yang telah dicuci dan kemudian dicuci kembali hingga tidak tertinggal zat-zat kimia.
  3. Kemudian, setelah dicuci direndam dengan air selama setengah agar tidak berwarna kecoklatan.
  4. Lalu masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Dimasukkan ke dalam freezer membeku untuk meningkatkan kerenyahan pada keripik apel. Karena ketika membeku langsung digoreng maka secara otomatis apel yang sudah berbentuk es bukan mencair melainkan akan menguap sehingga air akan langsung menghilang. Dan ketika digoreng maka lebih renyah dibandingkan dengan tanpa dibekukan.
  5. Kemudian masukan ke dalam mesin keripik buah, pertama adalah mesin vacuum frying untuk penggorengan. Kurang lebih 40 menit hingga satu jam.
  6. Setelah itu keripik apel yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam mesin spiner. Untuk mengurangi kadar minyak pada keripik yang telah digoreng.

Keunggulan Mesin Keripik Buah, Mesin Vacuum Frying untuk Peluang Usaha Keripik Buah

Mengurangi Kadar Air dalam Waktu Singkat

Mesin ini mampu mengurangi kadar air pada sayuran dan buah dalam waktu 60 detik. Sehingga cocok jika digunakan untuk membuka usaha keripik buah.

Hasil Penggorengan Lebih Merata

Berbeda dari penggorengan biasa yang suhunya tak bisa diatur dengan vacuum frying kita bisa mengatur suhu dan waktu penggorengan. Biasanya suhu yang cocok untuk penggorengan bisa mencapai 80 derajat celsius. Sedangkan waktu untuk penggorengan bisa mencapai 40 menit hingga satu jam penggorengan.

Jika dengan penggorengan biasanya keripik yang digoreng bisa langsung gosong. Karena tidak ada pengendali panas yang dilakukan oleh vakum. Mesin Vacuum frying itu ada pengaturannya itu ada suhu, kita bisa mengatur suhu misalnya 80 derajat celcius, sehingga tanpa ada udara, untuk menjaga kestabilan suhu, 40-1 jam tapi dia tidak gosong, penggorengan dia semakin lama semakin lama. Walaupun setengah jam, ini semain panas maka di tarik dengan vakum

Selain Buah Bisa Juga Untuk Ikan dan Sayuran

Selain buah, mesin vacuum frying juga bisa digunakan untuk menggoreng ikan-ikan kecil dan sayuran yang akan dijadikan keripik.

Bisa Langsung Dikemas

Dengan menggunakan mesin keripik buah, mesin vacuum frying maka keripik yang telah melalui proses penggorengan bisa langsung dikemas. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka sebaiknya melalui proses mesin spiner.

Berikut Beberapa Tipe Mesin Keripik Buah, Mesin Vacuum Frying

Mesin Tipe PV 1,5

Mesin ini mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 1,5 kg harga mesin ini dijual dengan harga 14,3 juta rupiah. Mesin ini tidak digunakan untuk usaha melainkan hanya untuk percobaan atau pelatihan saja yang biasa dilakukan di sekolah, PKK atau UKM.

Mesin Tipe PV 3,5

Mesin ini mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 3,5 kg harga mesin ini dijual dengan harga 18,2 juta rupiah. Mesin ini digunakan untuk usaha keripik buah skala kecil.

Mesin Tipe PV 5

Mesin ini mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 5 kg harga mesin ini dijual dengan harga 19,5 juta rupiah. Mesin ini digunakan untuk usaha keripik buah skala kecil.

Mesin Tipe PV 10

Mesin ini mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 10 kg harga mesin ini dijual dengan harga 24,2 juta rupiah. Mesin ini digunakan untuk usaha keripik buah skala kecil hingga menengah.

Mesin Tipe PV 25       

Mesin ini mampu menggoreng keripik dengan kapasitas 25 kg. Mesin ini digunakan untuk usaha keripik buah skala menengah hingga besar.

Sementara Keunggulan Mesin Buah, Mesin Spinner adalah

Mesin Keripik Buah

Mengurangi Tingkat Kolesterol Pada Keripik

Mesin pengurang kadar minyak ini bisa mengurangi minyak sehingga kadar lemak jenuh pada keripik yang bisa membuat penyakit kolesterol bisa dihindari. Sehingga meskipun makan gorengan tidak perlu takut terjangkit penyakit berbahaya seperti kanker dan kolesterol.

Meningkatkan Kecrispian Keripik

Karena kandungan minyak berlebih sehingga menyebabkan keripik menjadi tidak renyah atau krispi. Beda halnya jika menggunakan mesin keripik buah ini, keripik yang diproduksi lebih krispi.

Lebih Efisien Waktu

Untung mengeringkan keripik dari minyak biasanya membutuhkan waktu yang lama karena menggunakan cara konvensional dengan menggunakan saringan atau koran. Lain halnya jika menggunakan mesin spiner yang bisa mengeringkan keripik dalam waktu 60 detik saja.

Hemat Minyak Goreng

Beda halnya jika menggunakan penggorengan yang bisa menghabiskan banyak minyak goreng untuk membuat keripik. Jika menggunkaan mesin ini, maka minyak sisa penggorengan akan ditiriskan dan akan mengembalikan 80 persen minyak. Sehingga minyak tersebut bisa digunakan kembali untuk menggoreng.

Daya Listriknya Rendah

Menggunakan mesin biasanya akan pemborosan dalam menggunakan energi listrik namun lain halnya jika menggunakan mesin spiner, justru pengeluaran bisa diminamilisir karena daya listriknya rendah sehingga lebih hemat pengeluaran listrik.

Tipe-Tipe Mesin Keripik Buah, Mesin Spiner

Mesin SP 1,5

Mesin ini bisa mengurangi minyak atau air  1,5 kg per proses. Mesin  yang berdaya listrik 125 Watt. Mesin ini terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet dan tidak mudah berkarat. Sedangkan dimensinya adalah 40x28x43 cm.

Mesin SP 3,5

Mesin ini bisa mengurangi minyak atau air  3,5 kg per proses. Mesin  yang berdaya listrik 200 Watt. ini terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet karena tidak mudah berkarat. Mesin ini dilengkapi dengan vorporasi stainles steel. Sedangkan dimensinya adalah 50x55x53 cm.

Mesin SP 5

Mesin ini bisa mengurangi minyak atau air hingga kapasitas 5 kg per proses. Sedangkan listriknya sama dengan mesin SP 3,5 dengan daya 200 Watt. Sedangkan dimensinya adalah 60x40x52cm.

Mesin SP 10

Mesin ini bisa mengurangi minyak atau air  10 kg per proses. Listrik 200 Watt. Mesin ini terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet karena tidak mudah berkarat. Dilengkapi dengan vorporasi Stainles Steel. Sedangkan dimensinya adalah 60x43x56 cm.

Mesin SP 25

Mesin ini bisa mengurangi minyak atau air  25 kg per proses. Listrik 200 Watt. Mesin ini terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet karena tidak mudah berkarat. Dilengkapi dengan Vorprorasi Stainles Steel. Sedangkan dimensinya adalah 80x60x75 cm.

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY