15 Usaha Sampingan Karyawan,Peluang Usaha Untuk Tambahan Penghasilan

Usaha sampingan adalah salah satu cara dan solusi untuk karyawan yang mengeluh gaji kecil dan menjadi alasan klasik para karyawan yang biasa kita dengar.

Tetapi jika kita pikir-pikir ulang, biarpun gaji kecil setidaknya kita masih bisa memanfaatkan fasilitas kantor untuk menambah penghasilan. Bagaiamana bisa? Banyak dari karyawan memiliki waktu luang yang banyak, namun tidak dimanfaatkan dengan baik. Sebenarnya waktu luang tersebut bisa saja Anda gunakan untuk menjalankan usaha sampingan, loh.

Tapi bagaimana dengan modalnya? Presepsi mengenai usaha membutuhkan modal besar jelas harus dihilangkan dari benak Anda. Karena tidak selalu usaha itu perlu modal yang besar, contohnya Anda bisa memulai usaha sampingan dengan usaha kecil kecilan menawarkan jasa. Anda bisa memulai usaha ini tanpa modal karena bisa menggunakan fasilitas kantor.

Tetapi bukan berarti usaha bermodal besar juga tidak bisa Anda pilih untuk usaha sampingan. Boleh saja asal bisa Anda kelola dengan baik meskipun masih bekerja sebagai karyawan. Tapi untuk mengumpulkan modal acap-kali membuat kita pusing tujuh keliling bila hanya mengandalkan tabungan dari gaji bulanan.

Cara dapatkan modal untuk bisnis sampingan

Pinjaman dari teman

Memulai usaha dengan modal pinjaman memang berisko, tapi jika Anda memiliki tekad untuk menjalankan usaha sampingan tentunya hal ini tidak perlu Anda cemaskan. Biasanya yang dipertimbangkan oleh si peminjam adalah apakah Anda bisa membayarnya atau tidak. untuk itu buatlah perjanjian yang harus disetujui oleh Anda berdua. Yakinkan bahwa Anda berniat untuk mencicil pinjaman per bulannya.

Baca juga : Bisnis modal kecil 

Ajak kerja karyawan lainnya di kantor

Bila teman tidak mau meminjamkan uang untuk modal usaha Anda, ajaklah mereka untuk bekerjasama dengan menjelaskan secara mendetail mengenai usaha yang ingin Anda jalankan. Buat kesepakatan pembagian hasil yang menggiurkan agar teman sekantor Anda tertarik untuk menanamkan modal. Jika kerabat Anda berminat setidaknya setengah dari modal sudah tertutupi, untuk setengahnya lagi bisa Anda tutupi dengan tabungan Anda sendiri.

Modal dari KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Cara lainnya adalah dengan mengajukan kredit tanpa angungan atau yang disingkat dengan (KTA) yang ditawarkan oleh bank. Banyaknya lembaga yang menawarkan produk ini kepada nasabahnya memaksa kita harus pandai memilih mana produk yang terbaik. Bila Anda ingin mengajukan kredit pinjaman ini yang harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan usaha kebutuhan usaha Anda, pilih bank yang menawarkan suku bunga yang sesuai dengan kemampuan Anda, dan tentukan limit pinjaman.

Baca  4 Fintech di Indonesia Solusi untuk Mendapatkan Modal Usaha

Jual atau gadai aset

Mencari modal dengan cara meminjam bisanya peluangnya lebih kecil, sehingga jalan keluar berikutnya adalah menjual atau gadai aset. Cara ini paling sering dipilih oleh pengusaha karena prosesnnya cepat dan gampang. Namun satu hal yang penting Anda ingat adalah tetap gunakan lembaga terpercaya apalagi jika ingin menggadai aset. Teliti terlebih dahulu apakah lembaga tersebut terpercaya sehingga nantinya tidak akan mengecewakan Anda.

15 usaha sampingan untuk karyawan

Usaha sampingan termasuk jenis usaha dalam skala kecil namun bila Anda konsisten menjalankannya tidak menutup kemungkinan usaha ini akan berkembang dan bisa Anda jadikan sumber penghasilan utama. Sudah banyak sekali contoh karyawan yang memutuskan meninggalkan pekerjaannya agar dapat serius mengurusi usaha yang sudah dirintisnya dari usaha sampingan. Bila Anda masih bingung memilih usaha sampingan yang dapat dijalani, berikut kami rangkkum 15 ide usaha yang cocok untuk karyawan yang bisa Anda jadikan bisnis sampingan karyawan.

Usaha menawarkan jasa

  • Jasa pengetikan

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya fasilitas kantor bisa Anda manfaatkan untuk usaha sampaingan, salah satunya usaha jasa pengetikan. Anda bisa tawarkan jasa Anda melalui forum atau media sosial. Jasa ini bisanya banyak dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mengetik tugas kuliah atau skripsi mereka. Untuk tarif Anda bisa berikan tarif 5000 per halaman.

  • Jasa SEO

Usaha ini juga sangat diburu terutama oleh para pengusaha yang berbasis online. Demi meningkatkan trafik pengunjung pada wabiste para pengusaha tidak tangung-tanggung menyewa jasa SEO untuk hal tersebut. Nah, bila Anda memiliki kemampuan atau memiliki pengalaman dalam bidang ini, usaha jasa SEO juga bisa dijadikan usaha sampingan. Memang membutuhkan waktu, namun bila Anda bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor dan bsinis sampingan ini tentu sangat memungkinkan.

Bisnis online memang sedang marak sekali, tidak hanya jasa SEO ghost writer juga dibutuhkan oleh pengusaha yang bergerak di bidang online. Untuk mendukung bisnis online tersebut, mereka juga tidak segan-segan mencari penulis lepas untuk menulis artikel seperti membuat e-book, press release, pembuatan sales letter, dan artikel blog. Bayaran per arikelnya tergantung dnegan panjang pendeknya nasakah. Nah jika Anda bermiat silahkan optimalkan mesin pencari Google Search untuk mencari lowongan tersebut.

  • Desain grafis

Sama seperti bisnis jasa SEO, usaha ini juga memerlukan keahlian khusus. Diperlukan pemahaman dalam menggunakan aplikasi-aplikasi desain sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk ketegori usaha sampingan jasa membuat desain juga sangat tepat. untuk tarif bisa Anda sesuaikan dengan kesulitan desainnya.

  • Menjadi kontributor media massa

Sebagian media massa merasa kesulitan harus mempekerjakan karyawan di setiap kota. Selain memerukanbiaya gaji yang besar, transport dan perlatan juga lah yang menjadi pertimbangan. Untuk itu cukup banyak media massa yang memilih manggunakan jasa kontributor untuk wartawan dan fotografer. Memang tidak mudah menjadi kontributor di media masa, selain diperlukan keahlian, juga diperlukan relasi untuk menghubungkan Anda dengan media tersebut. Saran kami bila Anda berniat menjadi kontributor Anda harus update dan pintar mengolah berita.

  • Jasa penerjemah

Minimnya masyarakat Indonesia dengan bisa berbahasa inggris tentu menjadi peluang yang baik yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha sampingan. Nah, bila Anda memiliki kemampuan berbahasa inggris baik menulis ataupun lisan gunakan lah untuk menambah penghasilan Anda.

  • Usaha jasa membuat katering untuk makan siang

Sebagian karyawan pasti malas untuk makan siang di luar kantor, nah momen ini lah yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha sampingan. Bila Anda hobi memasak tentunya usaha ini sangat mudah Anda jalani. Anda bisa memasarkan jasa membuat makanan siang ini ke teman-teman kantor Anda.

Usaha menawarkan produk

  • Membuka online shop

Selain menawarkan jasa, Anda juga bisa menawarkan produk untuk dijual. Usaha satu ini sedang ngetren alasannya karena kini banyak masyarakat yang sudah beralih berbelanja via online ketimbang mendatangi langsung tokonya. Barang yang Anda jual bisa berupa barang sendiri atau barang orang lain.

  • Dropshipper

Sama halnya seperti usaha toko online dropshipper juga bisa Anda jalani sambari bekerja sebagai karyawan. Namun berbeda dengan usaha toko online tugas Anda hanya cukup melakukan promosi dan menerima pesanan. Persoalan stock tidak perlu Anda pikirkan karena di sini Anda sebagai penghubung konsumen dengan penjual.

  • Menjadi afiliasi marketplace

Sebenarnya hampir sama seperti dropshipper, bedanya Anda mempromosikannya lewat blog atau website yang Anda miliki. cukup dengan mereferensikan penjualan ke salah satu marketplace yang menawarkan program ini Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan sistem komisi sebesar mulai dari 10-70%.

  • Jualan makanan ringan

Untuk usaha sampingan satu ini Anda bisa jadikan teman-teman kantor sebagai target pasar. Makanan ringan yang bisa Anda jadikan pilihan seperti kue-kue atau biscuit dengan harga yang murah.

Bisnis kreatif

  • Menjual pajangan lucu

Selain makanan, menjual pajangan juga berpotensi untuk usaha sampingan. Jika Anda cukup kretif mengolah barang-barang tidak terpakai menjadi barang bermanfaat yang lucu tentu akan sangat berguna untuk menambah penghasilan.

  • Menjual stiker dinding

Stiker dinding sedang ngetren sekarang-sekarang ini, untuk itu peluang usahanya pun sedang terbuka lebar. Tidak hanya pengusaha dalam sekala besar saja yang mulai menjalani usaha ini, banyak juga pengusaha dalam skala kecil yang juga mengikuti jejak para pengusaha desain interior.

  • Membuat gambar karikatur

Gambar karikatur sangat cocok untuk dijadikan hadiah untuk orang kesayangan. Jika Anda memiliki keahlian menggambar karikatur bagaiamana jika kemampuan Anda itu Anda Manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang untuk memenuhi kebutuhan Anda perbulannya.

  • Usaha scrapbook dari limbah

Siapa sangka limbah juga bisa menghasilkan, misalnya usaha scrapbook dari limbah. Usaha ini terbilang jarang karana selain harus memiliki kreativitas Anda juga harus bisa memilah-milih dan mengelola bahan-bahan limbah yang bisa dimanfaatkan untuk scrapbook. Bagi Anda yang tidak tahu scrapbook itu apa, scrapbook adalah media baru untuk menyimpan kenangan-kenangan foto layaknya album foto namun dengan pernak-pernik menarik di dalamnya.

Sebenarnya ide untuk menciptakan peluang usaha bisa datang dari mana saja termasuk dari diri sendiri dan sekitar Anda. Cara mendapatkan ide usaha adalah dengan memahami target pasar dan keinginan mereka. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan apa keinginan mereka selanjutnya kembali ke Anda, apakah Anda bisa menjalankannya atau tidak.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY