Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Modal Seadanya Cuan”BESAR

Bisnis modal kecil bukanlah sebuah mimpi belaka. Semua bidang usaha yang akan dijalankan tentunya membutuhkan modal usaha.

Sayangnya, anggapan bahwa usaha butuh modal yang besar untuk mencapai kesuksesan masih berlaku di pola pikir masyarakat. Dari berbagai alasan yang menjadi penghalang seseorang untuk memulai usaha, alasan modal minim adalah yang paling banyak didengar. Banyak yang mengira tidak mungkin memulai bisnis modal kecil.

Baca Juga : 4 Finansial Teknologi Untuk Mencari Modal

Usaha Modal Kecil, Siapa Takut?

Saat mendengar kata modal, orang-orang akan langsung berpikir modal sama dengan uang. Padahal modal usaha tidak terbatas pada uang saja. Keahlian, relasi yang luas, pengalaman dan keberanian juga bisa menjadi modal untuk memulai usaha. Potensi dalam diri kita inilah yang dapat dimanfaatkan untuk memulai usaha tanpa berfikir modal.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyiasati modal usaha yang minim dalam memulai usaha:

Coba hal baru

Saat ini banyak pengusaha yang menjadi sukses karena berani mencoba hal baru. Mereka memikirkan sesuatu yang belum pernah terpikirkan oleh pengusaha lain. Dengan keberanian dalam berinovasi dan mencoba hal baru, Anda sudah memiliki tambahan modal yang patut dibanggakan.

Kembangkan pola pikir wirausaha

Ubah pola pikir Anda dari pola pikir konsumen menjadi pola pikir wirausaha. Terlebih lagi jika modal yang dimiliki sangatlah terbatas. Posisikan diri Anda sebagai pengusaha dan bagaimana agar produk dapat disukai masyarakat. Fokuslah pada tanggung jawab dan kerja keras untuk mencapai hasil maksimal melalui bisnis Anda.

Buat rencana dan ide bisnis yang jelas

Perencanaan dan ide bisnis yang baik harus berisikan analisa yang tepat. Pilihan lokasi, aset yang dibutuhkan, bidang bisnis dan produk harus direncanakan sebaik-baiknya. Begitu juga perkiraan kemampuan penjualan produk per hari dan per bulannya.

Bekerjasama dengan teman

Mendirikan bisnis bersama teman sangat menyenangkan dan tentunya lebih hemat dalam hal pengeluaran modal. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih rekan usaha. Berbisnislah bersama dengan teman yang memiliki visi, misi dan aspirasi yang sama dengan Anda. Pastikan juga teman Anda dan Anda saling mempercayai satu sama lain.

Berbisnis paruh waktu

Banyak calon pelaku usaha yang masih takut kehilangan pekerjaan utama mereka jika membangun bisnis. Anda dapat merintis bisnis sampingan sebagai permulaan. Modal yang dibutuhkan juga tentunya dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Meski modal usaha yang dimiliki kecil, jangan lupa bahwa Anda memiliki modal dari dalam diri Anda yaitu keberanian. Selain tips untuk menyiasati modal usaha yang minim di atas beberapa usaha dengan modal kecil juga biasa Anda jalani. Apa saja usahanya?

Berikut 7 usaha modal kecil namun menjajikan keuntungan yang besar.

Membuka jasa potong rambut

Banyak pengusaha yang menganggap jasa potong rambut adalah binsis modal kecil yang kurang menguntungkan. Jelas saja pernyataan ini salah. Modal yang dibutuhkan memang kecil namun keuntungannya sangat menjajikan. contohnya usaha pangkas rambut online yang digeluti oleh Nikasius Dirgahayu. Pria ini mengatakan cukup modal alat cukur dan keahlian mempangkas rambut omzet yang dihasilkan perbulannya sebesar 15 juta per bulannya.

Membuka usaha laundry

Usaha ini memang sudah mainstream namun yang memerlukan jasa ini juga semakin banyak. Maka dari itu, usaha ini masuk ke dalam kelas usaha modal kecil dan menawarkan keuntungan yang besar. Modal awal yang dibutuhkan mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta dan dengan keuntungan bersih diperkirakan lebih dari Rp 7 juta per bulannya. Bila Anda berminat untuk membuka usaha ini sesuaikan dengan lingkungan tempat Anda membuka usaha. lebih baik mulai usaha di tempat yang dekat dengan penginapan seperti hotel, kos-kosan atau rumah singgah.

Usaha jasa antar barang

Bisnis menawarkan jasa memang menjadi pilihan usaha modal kecil yang paling sering dipilih oleh pelaku usaha. Usaha menawarkan jasa selanjutnya adalah adalah jasa antar barang. Bagi yang memiliki kendaraan baik itu roda dua atau empat tentu usaha ini tergolong usaha modal kecil karena uang yang mereka keluarkan hanya untuk membeli bensin saja dan itu tidak terlalu memakan banyak biaya.

Usaha jual makanan ringan serba 2000

Usaha makanan juga bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil, contohnya usaha makanan ringan serba 2000. Makanan yang ditawarkan berupa snack ringan yang dikemas menggunakan plastik kecil. Bisnis ini cocok untuk dijadikan usaha sampingan yang menguntungkan. Karena untuk modalnya sendiri Anda hanya cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp 200 ribu hingga 1 juta. Keuntungannya pun juga menjanjikan jika Anda memulainya dalam skala yang lebih besar.

Bisnis jual mainan anak-anak

Menentukan usaha dengan target pasar anak-anak cara yang tepat untuk memulai usaha dengan modal yang minim. Mengapa? Karena cenderung lebih cepat laku apalagi jika Anda memberikan harga yang masih bisa dijangkau oleh kantong anak-anak, misalnya menjual mainan anak-anak. Seperti yang kita tahu anak-anak lebih cepat menghabiskan uang jajan yang mereka miliki ke mainan sehingga usaha ini menjajikan keuntungan yang menjanjikan.

Usaha jajanan sekolahan

Selain menjual mainan anak-anak, Anda juga bisa mulai usaha menjual jajanan kecil untuk anak sekolahan, contohnya usaha kue cubit, usaha telor goreng, dan lidih-lidihan. Modal yang diperlukan untuk usaha ini tentunya sangat kecil. Namun, pastikan tempat Anda berjualan sangat strategis dan waktunya tepat misalnya pada saat pulang sekolah dan istirahat.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY