Raup Keuntungan “Cantik” dari Usaha Salon Kecantikan

Membuka usaha salon kecantikan merupakan jalan yang tepat untuk karir dan usaha bagi Anda yang menyukai dunia tata rias. Tidak hanya di kota-kota besar, usaha salon kecantikan juga merambah pedesaan.

Menjalankan usaha salon kecantikan berarti Anda harus memilih bagaimana konsep dan model usaha salon kecantikan yang Anda jalankan. Usaha salon kecantikan memang tidak mengenal musim, namun produk-produk kosmetiknya selalu mengikuti trend.

Baca Juga: Strategi Pemasaran dengan Layanan Infomasi Promo/Diskon Agar Menarik Perhatian Konsumen

Peluang Usaha Salon Kecantikan

Usaha salon kecantikan bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan karena sebagian wanita, terutama diperkotaan, biasanya melakukan perawatan di salon kecantikan.

Meski salon bukan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, namun membuka usaha salon kecantikan merupakan sesuatu yang dapat diperhitungkan. Pelayanan dari salon kecantikan biasanya sangat dibutuhkan disaat-saat moment bahagia seperti pernikahan, wisuda, dan photoshoot.

Tak hanya di moment bahagia, melalukan perawatan di salon kecantikan juga merupakan kebutuhan yang terbilang penting. Alasanya, karena wanita ingin selalu tampil sempurna di depan semua orang. Hal tersebut tentu merupakan peluang yang sangat besar bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari usaha salon kecantikan.

Cara Membuka Usaha Salon Kecantikan dengan Modal Kecil

Tidak mempunya modal besar bukan berarti Anda harus mengurungkan niat untuk membuka usaha. Usaha salon kecantikan juga bisa dilakukan meskipun hanya memiliki modal kecil. Berikut cara membuka usaha salon kecantikan dengan modal kecil

Pergunakan Modal sebagai Investasi

Gunakan modal untuk membeli peralatan usaha salon kecantikan seperti penggunting rambut, tempat creambath, serta produk-produk kecantikan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan peralatan tersebut sebagai investasi.

Gunakan Peralatan Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Membeli peralatan yang berkualitas tidaklah harus mahal. Anda bisa menemukan peralatan berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau. Semua bergantung pada seberapa cermat Anda dalam berbelanja.

Lakukan Promosi Secara Online

Media sosial hadir karena didukung oleh internet. Banyak perubahan yang dihasilkan oleh internet, termasuk dalam dunia promosi. Jika dulu promosi dilakukan dengan menyebar brosur atau pamflet, lain halnya dengan saat ini. Anda bisa melakukan promosi secara online.

Mempromosikan secara online sangat menguntungkan karena Anda bisa menggunakannya secara gratis. Anda bisa menggunakan facebook, twitter, instagram, bahkan Blog sebagai wadah promosi online usaha salon kecantikan.

Permohanan Suntikan Dana

Jika Anda ingin membuka usaha namun benar-benar tidak memiliki dana, Anda bisa mengajukan suntikan dana dari bank ataupun komunitas tertentu yang bisa meminjam dana untuk usaha Anda.

Baca Juga: Kenapa Hanya Jadi Pelanggan? Coba Buka Wirausaha Salon Kecantikan

Buatlah rincian yang benar-benar matang agar penyuntik dana tertarik dengan usaha salon kecantikan yang ingin Anda jalankan.  Rincikan dengan jelas semua anggaran dan perkiraan pendapatan.

Trik Agar Usaha Salon Kecantikan Memiliki Banyak Pelanggan

Lakukan beberapa strategi agar usaha salon kecantikan Anda semakin dilirik dan memiliki banyak pelanggan. Berikut trik-triknya

Lokasi Usaha yang Tepat

Temukan lokasi yang ideal agar usaha salon kecantikan Anda dapat dilihat dan memiliki akses yang mudah untuk didatangi. Carilah lokasi kawasan umum seperti perkantoran, kampus, dan pusat perbelanjaan.

Jika Anda ingin membuka usaha salon kecantikan di rumah, pastikan bahwa lokasi rumah Anda bukan berada di gang-gang terpencil karena akan membuat salon Anda sulit diketahui dan akhirnya tidak mendatangkan banyak pelanggan.

Pelayanan yang Baik

Pelanggan sangat menyukai pelayanan yang baik. Meskipun terbilang sederhana, pelayanan tidak bisa dianggap remeh. Usaha salon kecantikan tidak akan berjalan dengan baik jika pelayanan yang Anda berikan tidak baik. Apalagi, usaha salon kecantikan merupaka sebuah usaha yang bergererak dibidang jasa.

Pastikan juga bahwa pelanggan Anda medapatkan hasil yang bagus dan memuaskan. Jika Anda mempunyai karyawan, ada baiknya jika Anda memberikan pelatihan terlebih dahulu agar karyawan tersebut dapat menjaga kualitas usaha salon kecantikan Anda.

Berikan Promosi Manarik

Sesekali berikan promosi menarik seperti harga diskon. Berikan diskon untuk bentuk perawatan tertentu agar Anda tidak mengalami kerugian. Dengan menerapkan promosi seperti diskon, pelanggan Anda akan semakin tertarik.

Perbanyak Fasilitas

Strategi lainnya adalah dengan cara memperbanyak fasilitas. Tawarkan pelanggan fasilitas lain seperti pijat, spa, lulur, bahkan pelatihan kecantikan

Perizinan Usaha Salon Kecantikan

Sama dengan jenis usaha lainnya, usaha salon kecantikan juga harus memiliki izin usaha. Izin usaha merupakan hal yang sangat penting, namun seringkali dilupakan oleh pelaku bisnis.

Tentu Anda tidak ingin jika usaha salon kecantikan Anda tiba-tiba ditutup karena tidak memiliki izin. Berikut cara mudah mengurus perizinan salon kecantikan

Siapkan Persyaratan Administratif

Persipkan persyaratann administratif seperti surat permohonan tertulis sebagai pemilik usaha salon kecantikan, surat pernyataan bersedia menjadi penanggung jawab usaha salon kecantikan, fotokopi izin praktek ahli kecantikan, kelengkapan bangunan serta kelengkapan alat-alat salon kecantikan.

Ajukan Permohonan Usaha Salon Kecantikan ke Dinas Kesehatan

Permohonan tersebut diajukan ke Dinas Kesehatan melalui sub-bagian umum dan diteruskan ke Kepala Bagian Tata Usaha untuk dicatat dalam buku register. Setelah itu, diserahkan ke Seksi Pelayanan Kesehatan dasar dan Rujukan untuk diteliti kelengkapannya.

Setelah diteliti kemudian diserahkan kembali ke Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Dinas Kesehatan untuk ditandatangani dan diserahkan lagi kepada pemohon.

Waktu pemrosesan menerbitkan izin terhadap permohonan bisnis salon kecantikan tersebut paling lambat 12 hari kerja sejak berkas permohonan diterima secara lengkap.

Baca Juga: Izin Usaha, Tipe-tipe Surat Izin Bisnis Beserta Fungsinya

Permohonan Usaha Salon Kecantikan ditolak

Jika dalam 12 hari kerja Anda tidak diberikan jawaban oleh Dinas Kesehatan, artinya permohonan izin usaha Anda ditolak.

Masa Berlaku Perizinan Usaha

Masa berlaku izin penyelenggaraan usaha salon kecantikan berlaku selama lima tahun dan dapat diperbarui. Perrmohonan pembaharuan izin dilakukan paling lambat 14 hari sebelum masa berlaku izin berakhir.

Usaha salon kecantikan bisa dikatakan sebagai tempat favorit bagi kaum wanita. Selalu ikuti trend dan berikan pelayanan terbaik agar usaha salon kecantikan Anda semakin berkembang dan mendatangkan banyak pelanggan.

SHARE

LEAVE A REPLY