Jangan Cuma Jadi Pelanggan, Coba Jadi Wirausaha Salon Kecantikan

membuka usaha salon

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh wanita adalah penampilan. Maka tidak heran, kebanyakan dari mereka rela menghabiskan waktu seharian di salon kecantikan demi menjaga tubuh mereka tetap fresh. Peluang ini ditangkap oleh para pengusaha sehingga di setiap daerah manapun mereka membuka usaha salon kecantikan mudah sekali ditemui. Mau itu di daerah pasar, mall atau gang sempit pasti ada saja yang membuka usaha salon. Paket perawatannya juga mulai bervariasi dan aneh-aneh. Jika dulu hanya ada creambath dan facial kini sudah ada spa, lulur lumpur, sulam bibir, bahkan yang paling esktrim adalah suntik putih serta lips injection. Selama itu bisa membuat penampialan para kaum hawa lebih kinclong maka berapa pun biayanya pasti paket-paket tersebut dipilih oleh para wanita.

Melihat peluang yang kian terbuka lebar ini pasti Anda beniat membuka usaha salon kecantikan. Bila Anda memiliki kemapuan silahkan mencobanya. Tapi, kalau tidak punya tahan dulu! Usaha ini bukan seperti usaha gorengan atau minuman ringan yang mudah cara pembuatannya. Kenapa? Karena usaha ini diperlukan keahlian khusus. Apalagi jika Anda bermaksud ingin membuka salon yang dikeola sendiri artinya Anda yang menangani perawatan-perawatan pelanggan. Semua pelanggan tidak akan mempercayakan rambut atau mukanya ditangani oleh orang yang tidak professional maka dari itu dibutuhkan kemahiran di bidang ini.

Belajar di tempat kursus kecantikan kilat baru buka usaha

Bila Anda bersikeras ingin terjun ke bisnis salon kecantikan dan belum memiliki keahlian, tidak perlu cemas, Anda bisa mengikuti kursus kilat terlebih dahulu. Selain diajarkan langkah-langkah perawatan tubuh dengan tepat, mengikuti pelatihan ini Anda juga akan mendapatkan wawasan mengenai produk-produk perawatan terbaik untuk usaha salon Anda. Untuk waktu pelatihannya tergantung paket yang Anda dipilih dan tempat kursusnya. Misalnya kursus kecantikan di Liza’s Salon Beauty setiap paket jumlah pertemuannya berbeda-beda. Untuk paket tata kecantikan rambut Anda akan melalalui 60x pertemuan dengan biaya Rp 15 juta. Selain itu, Puspita Martha juga memberikan pilihan paket pelatihan kecantikan yang beragam dengan lama pertemuan 2 bulan sampai 6 bulan. Untuk metode pelatihannya hampir semua kursus memberikan 20% teori dan 80% praktik. Sehingga, Anda bisa lebih cepat menangkap ilmu yang diberikan oleh pengajar. Selama pelatihan anda akan dibimbing tim pengajar yang berpengalaman di bidangnya serta dilengkapi dengan peralatan yang modern.

Jadi bila beminat untuk mengikuti kursus kecantikan ini kami sarankan pilihlah yang sesuai dengan budget. Namun bila saat ini anggaran Anda belum mencukupi untuk ikut kursus, bisa disiasati dengan cara bekerja di salon kecantikan, atau mencari informasi untuk ikut pelatihan yang diberikan oleh lembaga-lembaga pemerintah, seperti dinas sosial dan lembaga perempuan di daerah tempat tinggal Anda. Biasanya biaya yang dikeluarkan lebih murah, bahkan ada yang cuma-cuma.

Jika modal keahlian sudah dimiliki lalu sekarang apakah kita sudah bisa mulai usaha salon? Yaa, untuk salon kecil-kecilan di rumah selesai pelatihan Anda sudah bisa membuka usaha salon. Tapi beda halnya jika Anda ingin membuka gerai salon. Anda harus mencari lokasi yang strategis untuk usaha salon Anda. Untuk lokasi, banyak pengusaha yang memilih mall-mall besar di Indonesia sebagai tempat yang potensial pengunjungnya lebih tinggi. Selain tempat yang Anda butuhkan selanjutnya adalah memilih alat-alat dan produk perawatan yang berkualitas. Jika Anda mengikuti pelatihan terlebih dahulu, pasti bisa dengan mudah menentukan alat dan produk  perawatan tubuh. Maka ini bukan lagi masalah besar, namun sesuaikan juga dengan budget, usaha Anda, dan biaya perawatannya. Jika semua sudah lengkap baru Anda siap membuka salon kecantikan sendiri.

Strategi pemasaran salon kecantikan

Bisnis salon kecantikan juga membutuhkan strategi pemasaran, menurut Anda bagaimana Salon Johnny Andrean bisa mendirikan banyak cabang di berbagai wilayah di Indonesia? Ini karena strategi pemasaran yang digunakannya, yaitu:

Selalu berinovasi

Untuk bertahan diketatnya persaingan bisnis di bidang ini diperlukan inovasi agar dapat mencuri perhatian konsumen. Maksud dari inovasi di bidang ini adalah dengan memberikan penawaran perawatan yang jarang ada di salon-salon lainnya.

Memberikan pelayanan yang terbaik dengan SDM yang berkualitas

Sebelum merekrut karyawan tim manajemen Johnny Andrean melakukan pelatihan terlebih dahulu dengan cara membuat Jhonny Andrean Schooling tujuannya agar karyawan yang dipekerjakan bisa siap dengan potensi yang baik, innovativ, penyajian pelayanan jasa yang baru dan sesuai kultur karena bisnis jasa salon cepat terjadinya perubahan sewaktu-waktu, contohkan jika kita mempunyai produk pelayanan jasa baru tetapi disajikan dengan gaya dan budaya lama. Hal ini bisa mengakibatkan existing customer malah pindah ke kompetitor lain.

Melakukan pormosi

Untuk promosi PT. Jhonny andrean mempromosikan produknya melalui berbagai media seperti iklan di media cetak (majalah, brosur, pamflet, surat kabar) dan media internet. Selain itu juga melalui acara khusus seperti pameran dan mengadakan pelatihan atau kursus.

Penempatan harga dengan menyesuaikan pelayanan

Meskipun harga yang ditetapkan lebih mahal ketimbang salon-salon lainnya namun Johnny Andrean memberikan pelayanan yang lebih baik. Bukan hanya itu salon ini juga melakukan penelitian-penelitian untuk mengembangkan produk lebih baik lagi, dan juga melakukan inovasi-inovasi pada bidang hair styling maupun hair treatment. Untuk itu, Johnny Andrean dapat mematok harga tinggi untuk para konsumennya yang berasal dari kalangan menengah ke atas karena mampu memberikan apa yang mereka inginkan.

LEAVE A REPLY