Usaha Hijab Printing, Pencetak Uang Baru dalam Dunia Fesyen

Satu lagi jenis usaha yang tengah digeluti oleh sebagian masyarakat, yaitu usaha hijab printing. Diansir dari custom.co.id, jilbab atau yang biasa disebut hijab adalah kerudung lebar yang dipakai khususnya oleh perempuan muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai ke dada.

Yang membedakan hijab printing dengan hijab lainnya adalah motif dan cara pembuatannya. Hijab printing memiliki motif yang banyak dan beragam, serta pembuatannya pun menggunakan mesin printer khusus untuk kain.

Baca Juga: Pilih Bangun Bisnis Sendiri atau Franchise?

Cara Memulai Usaha Hijab Printing

Hingga saat ini sudah banyak pelaku usaha hijab printing yang sukses dalam menjalani usahanya. Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha hijab printing, berikut cara-caranya

Modal

Siapkan modal untuk membeli beberapa peralatan produksi. Mulai dari bahan hingga aksesorisnya. Jika Anda tidak mempunyai mesin printing khusus, Anda bisa menggunakan layanan dari beberapa percetakan. Namun, Anda harus menyiapkan modal yang lebih besar.

Tentukan Target Pasar

Tentukan siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Penentuan target pasar akan memudahkan Anda untuk melakukan pemasaran. Target pasar Anda bisa dimulai dari yang paling dekat terlebih dahulu seperti teman-teman dan keluarga.

Metode Penjualan

Anda bisa menjual hijab printing dengan cara online maupun offline. Namun ada baiknya jika Anda menjual secara online karena tidak membutuhkan modal lebih untuk menyewa tempat dan menentukan lokasi. Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat penyimpan stok hijab printing Anda.

Siapkan Pilihan Motif dan Desain

Yang membuat hijab printing berbeda dari hijab lainnya adalah motif dan desainnya. Jadi Anda perlu menyiapkan banyak motif dan desain agar pelanggan memiliki banyak pilihan dan tidak merasa bosan. Sediakan motif dan desain yang unik dan tidak biasa agar pembeli tertarik.

Promosi Online

Cara paling efektif untuk berpromosi adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial dapat menjangkau seluruh wilayah sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Cara Menjual Hijab Printing Secara Online

Melakukan penjualan secara online telah banyak dilakukan oleh hampir seluruh pelaku usaha. Alasanya, karena menjual secara online lebih praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Jika Anda tertarik untuk menjual hijab printing secara online, berikut cara-caranya

Youtube untuk Tempat Review Atau Promosi

Anda bisa menaruh hasil review produk dari pelanggan Anda di youtube. Dengan begitu, produk Anda akan lebih mudah dikenali karena semua orang dapat mengaksesnya. Usahakan tidak mengunggah video berdurasi panjang karena akan membuat siapa saja yang menonton merasa bosan dan akhirnya tidak mengenali produk yang Anda tawarkan.

Instagram untuk Memperkenalkan Produk

Gunakan Instagram sebagai tempat untuk memperkenalkan produk. Gunakan foto atau gambar yang sesuai dengan jenis usaha yang Anda jalankan. Jangan sampai Anda menggunakan gambar atau foto yang tidak sesuai dan membuat pelanggan bingung dengan postingan yang Anda unggah.

Baca Juga: Manfaat Media Sosial Facebook Fanpage Untuk UMKM

Gunakan Facebook Ads

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang diberikan Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan sebuah fanpage yang dibuat oleh pengguna Facebook. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengiklankan usaha hijab printing Anda di Facebook.

Tulis Artikel Tentang Usaha Hijab Printing di Blog

Jika bisnis Anda belum mempunyai website, Anda bisa menggunakan Blog sebagai tempat untuk mem-posting artikel-artikel mengenai bisnis Anda. Tulis juga semua artikel yang berhubungan dengan bisnis atau seputar hijab printing. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat ulasan mengenai review-review yang Anda dapatkan dari pelanggan.

Gunakan Google My Business

Saat ini Google sudah meluncurkan produk bernama Google My Business. Daftarkan usaha hijab printing Anda pada Google My Business. Nantinya bisnis Anda akan ditampilkan oleh Google disemua perangkat baik desktop, ponsel, tablet ataupun perangkat lainnya.

Tips Agar Bisnis Jilbab Printing Anda Berjalan Sukses

Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisnis jilbab printing Anda berjalan dengan sukses. Berikut tipsnya

Promosi

Tidak ada usaha yang sukses tanpa melakukan promosi. Promosi tidak hanya dilakukan dengan cara memasang iklan dimedia. Sudah banyak cara promosi yang bisa dilakukan saat ini. Gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, ataupun Twitter.

Berpikir Kreatif

Dalam membuka sebuah usaha, Anda selalu dituntut untuk berpikir kreatif. Bukan hanya dari segi motif dan desain, tapi juga berpikir kreatif mengenai bagaimana melakukan penjualan yang baik agar tidak terkadi kerugian.

Ikuti Perkembangan Mode

Berbisnis di bidang fesyen memang tak pernah luput dari perkembangan mode. Agar usaha hijab printing Anda tidak ketinggalan zaman, sebaiknya ikuti perkembangan mode dan trend yang sedang terjadi. Mengikuti perkembangan mode juga dapat membantu Anda dalam menentukan desain.

Harga yang Kompetitif

Lakukan riset terlebih dahulu agar Anda mengetahui berapa harga yang beredar di pasaran. Pastikan bahwa Anda memasang tarif yang sesuai dengan modal yang Anda keluarkan. Jangan melakukan persaingan harga yang akan merugikan usaha Anda sendiri.

Pelayanan yang Baik

Meski hanya berjualan secara online, pelayanan yang baik harus tetap Anda lakukan. Misalnya dengan cara menjawab pertanyaan pelanggan dengan sopan dan baik, serta jangan memaksa jika pelanggan tidak jadi membeli.

Jenis Kain yang Bisa dijadikan untuk Hijab Printing

Dilansir dari designkainprinting.com terdapat beberapa jenis kain yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk hijab printing yaitu sebagai berikut

Jersey

Kain jersey berjenis katun elastic ini identic untuk dijadikan kaos. Kelebihan bahan jersey adalah mampu menyerap keringat dengan baik. selain itu, jenisnya yang elastic membuatnya menempel erat di wajah.

Silk Satin

Kain ini terlihat sangat mewah jika digunakan. Memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menangkap dan memantulkan cahaya.

Chiffon

Kain jenis ini sangat tipis dan juga ringan serta mudah mudah mengembang jika tertiup angin.

Baca Juga: Cerita Bisnis Naya Hijab, Buka Bisnis Karena Terbentur Biaya Kuliah

Pashmina

Pashmina termasuk jenis bahan yang sering digunakan untuk pembuatan hijab karena bahanya lembut dan lebih mudab diatur. Sayangnya, pashmina terlalu tebal dan kurang cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Sutra

Kain premium ini memiliki karakter elastis dan memiliki tekstur yang dingin dan lembut. Selain itu, kain sutra sangat mudah untuk dikreasikan.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan agar usaha hijab printing Anda berjalan dengan sukses. Lakukanlah dengan serius agar usaha yang telah Anda mulai tidak berakhir sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here