Memahami Manfaat Facebook Fanpage Untuk UKM

manfaat facebook fanpage

Lebih dari 1.71 miliar pengguna Facebook adalah salah satu platform media sosial dengan jumlah traffic yang sangat fantastis. Namun banyak yang beranggapan bahwa media yang satu ini mulai tenggelam seiring dengan bertambahnya platform media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, Path, Snapchat, dan masih banyak lainnya. Semakin banyaknya pesaing di ranah ini, Facebook tetap bisa bertahan meskipun sudah mulai banyak platform yang diisukan bangkrut. Mengapa demikian?

Karena Facebook melihat target pasar mereka. Selain menjadi jembatan untuk berkomunikasi, Facebook selalu melakukan update fitur atau layanan baru untuk penggunannya. Seolah mengerti dengan kemauan pengguna Facebook memberikan layanan tambahan seperti salah satunya live video steraming untuk entertainment dan Facebook Marketplace untuk kebutuhan bisnis.

Di saat media sosial lainnya lebih mementingkan fitur entertaining, Facebook mengembangkan diri menjadi media sosial yang dapat memberikan fitur untuk keperluan bisnis pengguna. Selain marketplace ada juga Fanpage. Apa itu Fanpage dan apa manfaat fanpage untuk usaha? Fanpage Facebook adalah sebuah halaman layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya. penggunannya pun beragam bisa perusahaan, badan pendidikan, layanan, produk, artis, komunitas, dan lainnya.

Facebook Fanpage untuk UKM

Dengan jumlah 1.71 miliar pengguna perbulannya tertu akan membuat Anda berpikir bagiamana kalau kita bisa menarik beberapa persen dari jumlah pengguna itu. Fanpage dapat membantu Anda untuk mencapainya. Selain dapat menjaring pengguna Facebook apa manfaat lain dari Fanpage ini? Berikut adalah manfaat menggunakan facebook fanpage untuk UKM.

Menekan biaya promosi

Dengan melakukan promosi menggunakan Facebook business page Anda tidak akan mengeluarkan biaya apapun. Meskipun Anda harus membayar orang untuk mendesain flayer atau banner untuk kebutuhan promosi namun ini tidak terlalu penting. Karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan foto yang Anda ambil sendiri. Bahkan cara ini akan dinilai lebih kreatif.

Cara tersebut memang tidak membutuhkan biaya, namun jika Anda ingin memaksimalkan promosi Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads. Di mana cara ini bisa lebih efektif untuk menggapai kostumer. Fitur ini lebih murah ketimbang Anda melakukan iklan di media cetak, radio ataupun TV. Bahkan target yang bisa melihat iklan Anda bisa lebih banyak dengan karakter pengguna facebook yang bisa Anda tentukan.

Bisa jadi media untuk menjangkau kostemer

Mengandalkan user yang me-like akun fanpage memang tidak cukup untuk dikemudian hari. Memang untuk jangka pendek Facebook fanpage cukup untuk jadi media berkomunikasi Anda dengan kostemer. Namun bagaimana bila suatu saat Facebook benar-benar menutup platformnya. Ini bisa jadi masalah yang cukup serius. Maka bagaimana caranya agar Anda bisa menjangkau konstemer Anda? caranya adalah Anda harus memiliki email dari kostemer yang menyukai fanpage usaha Anda. Untuk mendapatkannya bisa melalui kontes atau kuis melalui Fanpage dengan syarat menyertakan email dan kontak kostemer.

Berbekal email-email tersebut lah Anda bisa melakukan promosi atau menjalin silaturahmi dengan kostemer. Namun yang perlu diketahui adalah jangan terlalu sering melakukannya. Misalnya Anda memaksakan untuk mengirimkan email atau pesan setiap hari. Email mereka minimal 1 kali perminggu yang berisi informasi yang berguna dan menarik mereka membuka website Anda.

Bisa menganalisa dan memantau keterlibatan fans

Insights adalah fitur yang disediakan facebook untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui perkembangan halaman serta statistik fanpage Anda. Pada bagian overview akan terdata total likes yang terdapat juga tingkat presentase perkembangan dari minggu ke minggu. Weekly Total Reach, adalah jangkauan unique user yang dijangkau dalam 1 minggu ini, total tersebut bisa terjadi karena unsur viral dan karena iklan facebook yang dapat menjangkau lebih dari Jumlah likes. Melalui fitur ini Anda bisa mengetahui content mana yang palin disukai oleh pengujung halaman Anda.

Dapat lebih mudah terindex search engine

Salah satu keuntungan lain yang tidak kalah menarik yaitu fanpage FB bisnis Anda bisa ter-index oleh mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, cara ini termasuk cara jitu untuk mengenalkan brand Anda lebih luas lagi. Sehingga para buyer pun akan lebih mudah mengakses informasi seputar brand yang Anda tawarkan.

Bisa mengintai kompetitor Anda

Yang menarik dari fitur facebook fanpage adalah Anda bisa bisa mengintai perkembangan fanpage kompetitor Anda dengan menggunakan pages to watch yang bisa Anda temukan pada menu insights. Tambahkan 5 pages yang Anda inginkan. Selain kompetitor Anda juga bisa menambahkan halaman usaha Anda lainnya. Apa kelebihan fitur ini. Setelah Anda menentukan 5 page, akan tampil foto profil halaman dan juga kolom progres halaman selama perminggu. Nah bila progress dari satu halaman bertambah, Anda bisa mengujungi Fanpagenya kira-kira apa yang membuat orang tertarik sampai progresnya pun bertambah. Dengan begitu Anda bisa jadikan itu acuan untuk postingan Anda nantinya.

Bisa meningkatkan traffic website Anda

Bagi Anda yang memiliki website menggunakan fanpage juga bisa meningkatkan traffic website Anda loh. Bagaimana caranya? Mulai lah posting link website Anda. Selain memposting link yang berbau promosi, sebaiknya Anda juga menyelipkan konten yang sifatnya informatif sehingga orang-orang yang menyukai page Anda tidak merasa sia-sia me-like halaman Anda.

Postingan Fanpage Anda akan tampil di Newsfeed penggemar

Kelebihan menggunakan fanpage lainnya adalah setiap postingan yang Anda unggah di page akan ditampilkan pada newsfeed penggemar/likers. Sehingga akan memudahkan kostemer Anda untuk mengetahui info terbaru tentang usaha Anda setiap hari. Hal inilah yang kerap disebut newsfeed marketing yang tidak lain merupakan pemasaran brand produk dari pebisnis lewat newsfeed para buyer yang tidak lain adalah fans dari page Facebook yang sudah dibuat. Cukup menarik bukan.

LEAVE A REPLY