Manfaat Facebook Fanpage Untuk Bisnis UKM

manfaat facebook fanpage

Facebook fanpage adalah suatu halaman khusus yang dapat diisi dengan beragam informasi maupun bentuk konten sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dalam dunia marketing facebook fanpage memiliki peran yang strategis untuk memperkenalkan sebuah merek ke calon konsumen. Sebelum kita membahas tentang facebook fanpage, mari ketahui tentang media sosial Facebook itu sendiri.

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang didirikan sejak 2004, oleh Mark Zuckerberg. Media sosial ini mulai jadi tren terutama di tanah air saat memasuki tahun 2008. Seiring berjalannya waktu penggunannya mulai berkembang, hingga saat ini jumlah user aktif Facebook mencapai 1.71 miliar.

Tetapi banyak yang beranggapan bahwa media yang satu ini mulai tenggelam karena bertambahnya platform media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, Path, Snapchat, dan lainnya. Anggapan tersebut ternyata salah besar. Buktinya sampai saat ini bendera Facebook tetap berkibar, di saat banyak platform yang diisukan bangkrut. Mengapa demikian?

Karena Facebook melihat target pasar mereka. Selain menjadi sarana bersosial, Facebook secara terus menerus melakukan update fitur atau layanan baru untuk penggunannya. Seolah mengerti dengan kemauan pengguna Facebook memberikan layanan tambahan seperti salah satunya live video streaming untuk entertainment dan Facebook Marketplace untuk kebutuhan bisnis.

Di saat media sosial lainnya lebih mementingkan fitur entertaining, Facebook mengembangkan diri menjadi media sosial yang dapat memberikan fitur untuk keperluan bisnis pengguna. Selain marketplace, ada juga fitur Facebook Fanpage. Apa itu facebook fanpage? seperti yang sudah kami jelaskan sedikit pada diawal artikel, ini merupakan halaman khusus layaknya blog yang berisi berbagai macam konten sesuai keinginan penggunannya.

Apakah facebook fanpage sama dengan facebook group? Keduannya sama-sama untuk komunitas bukan? Benar namun fungsinya berbeda. Berikut perbedaan anatara fanpage dan grup.

Facebook Fanspage :
– Diperuntukkan untuk membuat halaman dari sebuah objek entah itu figur artis, ataupun produk dalam berbisnis.
– Tujuan dari pembuatan fanspage yang utama adalah sebagai media promosi.
– Bisa menambahkan facebook aplikasi pada halaman fanspage.
– Admin atau pengelola dari fanspage tersebut tidak diperlihatkan.
-Status hubungan pada halaman adalah fans, dimana memiliki arti sebagai kedudukan page dan member sehingga dapat diibaratkan antara pabrik figur dan penggemarnya.
– Dilengkapi dengan fitur memonitor traficc page seperti wp-stas pada wordpress dan terdapat juga feed activity dari halaman fanspage tersebut.
Facebook Group :
– Difungsikan sebagai tempat berkumpul pengguna facebook dengan kesamaan pada minat tertentu dan tujuannya untuk gathering.
– Tidak bisa menambahkan aplikasi pada group karena group itu sendiri juga merupakan aplikasi.
– Pengelola facebook group atau admin diperlihatkan.
– Status hubungan pada facebook group adalah member sehingga pengguna lain yang bergabung berarti menjadi anggota dari facebook group tersebut.
– Tidak dipromosikan melalui facebook ads.
– Setiap anggota groups bisa mengirim atau melakukan posting pada facebook group tersebut.

Facebook fanpage tidak hanya untuk hiburan semata, tapi juga memberikan manfaat untuk bisnis pengguna. Secara lengkap ini lah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat Facebook Fanpage bisnis.

Manfaat Facebook Fanpage untuk UKM

Dengan jumlah 1.71 miliar pengguna perbulannya tertu akan membuat Anda berpikir bagiamana kalau kita bisa menarik beberapa persen dari jumlah pengguna itu. Fanpage dapat membantu Anda untuk mencapainya. Selain dapat menjaring pengguna Facebook apa manfaat lain dari Fanpage ini? Berikut adalah manfaat menggunakan facebook fanpage untuk UKM.

Menekan Biaya Promosi

Dengan melakukan promosi menggunakan Facebook business page Anda tidak akan mengeluarkan biaya apapun. Meskipun Anda harus membayar orang untuk mendesain flayer atau banner untuk kebutuhan promosi namun ini tidak terlalu penting. Karena Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan foto yang Anda ambil sendiri. Bahkan cara ini akan dinilai lebih kreatif.

Cara tersebut memang tidak membutuhkan biaya, namun jika Anda ingin memaksimalkan promosi Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads. Di mana cara ini bisa lebih efektif untuk menggapai kostumer. Fitur ini lebih murah ketimbang Anda melakukan iklan di media cetak, radio ataupun TV. Bahkan target yang bisa melihat iklan Anda bisa lebih banyak dengan karakter pengguna facebook yang bisa Anda tentukan.

Bisa Jadi Media untuk Menjangkau Konsumen

Mengandalkan user yang me-like akun fanpage memang tidak cukup untuk dikemudian hari. Memang untuk jangka pendek Facebook fanpage cukup untuk jadi media berkomunikasi Anda dengan kostemer. Namun bagaimana bila suatu saat Facebook benar-benar menutup platformnya. Ini bisa jadi masalah yang cukup serius. Maka bagaimana caranya agar Anda bisa menjangkau konstemer Anda? caranya adalah Anda harus memiliki email dari kostemer yang menyukai fanpage usaha Anda. Untuk mendapatkannya bisa melalui kontes atau kuis melalui Fanpage dengan syarat menyertakan email dan kontak kostemer.

Berbekal email-email tersebut lah Anda bisa melakukan promosi atau menjalin silaturahmi dengan kostemer. Namun yang perlu diketahui adalah jangan terlalu sering melakukannya. Misalnya Anda memaksakan untuk mengirimkan email atau pesan setiap hari. Email mereka minimal 1 kali perminggu yang berisi informasi yang berguna dan menarik mereka membuka website Anda.

Bisa Menganalisa dan Memantau Keterlibatan Fans

Insights adalah fitur yang disediakan facebook untuk memudahkan pengguna untuk mengetahui perkembangan halaman serta statistik fanpage Anda. Pada bagian overview akan terdata total likes yang terdapat juga tingkat presentase perkembangan dari minggu ke minggu. Weekly Total Reach, adalah jangkauan unique user yang dijangkau dalam 1 minggu ini, total tersebut bisa terjadi karena unsur viral dan karena iklan facebook yang dapat menjangkau lebih dari Jumlah likes. Melalui fitur ini Anda bisa mengetahui content mana yang palin disukai oleh pengujung halaman Anda.

Dapat Lebih Mudah Terindeks Search Engine

Salah satu keuntungan lain yang tidak kalah menarik yaitu fanpage FB bisnis Anda bisa ter-index oleh mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, cara ini termasuk cara jitu untuk mengenalkan brand Anda lebih luas lagi. Sehingga para buyer pun akan lebih mudah mengakses informasi seputar brand yang Anda tawarkan.

Bisa Mengintai Kompetitor Anda

Yang menarik dari fitur facebook fanpage adalah Anda bisa bisa mengintai perkembangan fanpage kompetitor Anda dengan menggunakan pages to watch yang bisa Anda temukan pada menu insights. Tambahkan 5 pages yang Anda inginkan. Selain kompetitor Anda juga bisa menambahkan halaman usaha Anda lainnya. Apa kelebihan fitur ini. Setelah Anda menentukan 5 page, akan tampil foto profil halaman dan juga kolom progres halaman selama perminggu. Nah bila progress dari satu halaman bertambah, Anda bisa mengujungi Fanpagenya kira-kira apa yang membuat orang tertarik sampai progresnya pun bertambah. Dengan begitu Anda bisa jadikan itu acuan untuk postingan Anda nantinya.

Bisa Meningkatkan Traffic Website Anda

Bagi Anda yang memiliki website menggunakan fanpage juga bisa meningkatkan traffic website Anda loh. Bagaimana caranya? Mulai lah posting link website Anda. Selain memposting link yang berbau promosi, sebaiknya Anda juga menyelipkan konten yang sifatnya informatif sehingga orang-orang yang menyukai page Anda tidak merasa sia-sia me-like halaman Anda.

Postingan Fanpage Anda akan Tampil di Newsfeed Penggemar

Kelebihan menggunakan fanpage lainnya adalah setiap postingan yang Anda unggah di page akan ditampilkan pada newsfeed penggemar/likers. Sehingga akan memudahkan kostemer Anda untuk mengetahui info terbaru tentang usaha Anda setiap hari. Hal inilah yang kerap disebut newsfeed marketing yang tidak lain merupakan pemasaran brand produk dari pebisnis lewat newsfeed para buyer yang tidak lain adalah fans dari page Facebook yang sudah dibuat. Cukup menarik bukan.

Bila Anda sudah menyadari berapa pentingnya facebook fanpage, sekarang pertanyaannya bagaimana cara mudah membuat halaman Fanpage ini? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam membuat facebook fanpage untuk usaha Anda.

Cara Membuat Facebook Fanpage

1. Langkah pertama buat akun Facebook

Jika Anda sudah memiliki akun facebook Anda tidak perlu membuat akun baru. Gunakan saja akun pribadi Anda. Nantinya akun yang Anda gunakan itulah yang memiliki akses sebagai admin. Di mana dapat memposting, melihat analisa fanpage, melihat dan merespon pesan yang masuk, serta comment dari fan (penggemar).

Bila Anda ingin menggunakan akun berbeda untuk mengelola fanpage bisnis, Anda harus sign up terlebih dahulu. Setelah itu login dan klik “Create Page” yang ada di bagian kiri halaman utama facebook atau Anda bisa masuk ke link berikut https://www.facebook.com/pages/create.php.

2. Pilih Jenis Fanpage Anda

setelah mengklik link tersbeut Anda akan diminta memilih jenis fanpage yang Anda inginkan. Ada 6 klasifikasi fanpage yang bisa Anda tentukan, yaitu

– Local Business or Place,

– Company, Organization or Institution

– Brand or Product

– Artist, Band or Public Figure

– Entertainment

– Cause or Community

Dengan memilih klasifikasi fanpage ini akan mempengaruhi peringkat fanpage bisnis Anda saat pengguna facebook melakukan pencarian yang di relevan di Facebook sesuai dengan informasi yang Anda berikan pada page Anda. Untuk itu, pastikan Anda memilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Isi Informasi tentang Page Anda

Selanjutnya isi informasi seputar bisnis Anda, sperti mengupload foto untuk page binsis Anda. Agar fanpage Anda terlihat profesional maka isi lah semua informasi tentang bisnis Anda dengan lengkap. Gunakan foto profil dan cover dengan resolusi yang baik dan mewakili bisnis Anda. Jangan lupa isi halaman About fanpage FB Anda dengan uraian yang singkat mengenai bisnis Anda. Deskripsikan dengan jelas, mulai dari alamat bisnis, nomor telpon dan masukan URL atau link website bisnis Anda kalau ada.

4. Tahap Posting Konten

Jika Anda sudah selesai membuat halaman Fanpage langkah selanjutnya adalah pengisian kontennya. Hal penting yang harus diketahui dalam membuat konten Anda harus menyesuaikan dengan pengunjung yang Anda tergetkan. Semakin menarik dan bermanfaat konten yang diposting, maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk meng-like fanpage.

Selain mengetahui jenis post yang tepat untuk pembaca, Anda juga bisa menyesuaikan dengan waktu kapan biasanya pengunjung yang menyukai fanpage Anda online. Cara mengetahuinya bisa melalui fitur insights yang ada di atas halaman Fanpage. Fitur ini adalah seperti analytic halaman yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui karakter pengguna yang mengunjungi halaman Anda.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Di era teknologi seperti saat ini, tentu akan sangat disayangkan bila Anda tidak ikutan mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai memanfaatkan fitur yang sudah ada ini untuk bantu Anda melebarkan jangkauan bisnis Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY