Facebook Marketplace, Jual-beli Jauh Lebih Mudah Dengan Media Sosial

Saat ini media sosial bukan hanya menjadi platform untuk menghubungkan orang lain tetapi sudah mulai sedikit bergeser sebagai media pemasaran produk untuk pengusaha. Hal ini sudah tidak asing bagi pengguna Facebook. Caranya bermacam-macam ada yang memanfaatkan fitur pagefan atau membuat akun Facebook untuk usaha. Melihat fenomena ini, salah satu media sosial yang paling banyak penggunannya yaitu Facebook mulai merambah ke dunia e-commerce untuk memfasilitasi kegiatan jual-beli. Baru-baru ini Facebook meluncurkan salah satu layanannya dengan nama Facebook Marketplace, di mana pengguna bisa menjual dan membeli barang pada network tersebut.

Layanan ini dibuat untuk meminimalisir permasalahan dan meningkatkan kenyamanan serta kepercayaan pengguna Facebook sebagai platform jual-beli produk. Untuk itu, diperkenalkan Marketplace agar SOP jual beli di media sosial tersebut lebih jelas dan tidak ada penyalahgunaan. Sebenarnya fitur ini adalah penyempurnaan dari fitur sebelumnya yang kabarnya hanya mampu menjaring 50 juta pengguna per bulan di seluruh dunia.

Selain tujuan untuk memberikan kenyamanan Marketplace ini, diharapkan bisa meningkatkan pengguna dan kunjungan ke sistus Facebook.  Namun, yang masih disayangkan fitur ini baru tersedia di beberapa negara seperti di Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Selendia Baru melalui smartphone. Tapi tidak perlu khawatir, ke depannya Facebook berencana akan meluncurkan layanan ini di berbagai negara, selain itu juga dapat diakses melalui PC.

Alasan Menggunakan Facebook Marketplace

Seperti yang kita tahun, Facebook merupakan salah satu media dengan traffic kunjungan yang sangat tinggi, user atau penggunanya tercatat lebih dari 1 juta orang yang aktif menggunakan platform ini. Ditambah kini trend marketplace yang kian berkembang. “Lebih dari 450 juta orang mengunjungi group jual beli barang perbulannya, yang pembelinya mulai dari keluarga bahkan kolektor di seluruh negara,”  ungkap Mary Ku, Direktur Product Management Facebook. Untuk itu akan sangat efektif bila media sosial dan forum jual-beli digabungkan menjadi satu fitur, sehingga dengan begitu pengguna bisa lebih yakin dan tidak bosan pada saat melakukan jual atau membeli barang melalui satu online.

Terintegrasinya layanan Facebook Messenger dengan Marketplace, pengguna dapat melakukan percakapan dan proses tawar-menawar harga, menentukan cara pembayaran atau bahkan mengatur pertemuan jadi lebih fleksibel. Selain proses jual-beli yang lebih fleksibel, Facebook tidak akan mengenakan biaya tambahan, jadi baik penjual atau pembeli tidak harus membayar lebih.

Fungsi 3 Fitur Facebook Marketplace

Dengan mengutamakan kenyaman user saat menggunakan Marketplace, Facebook memberikan 3 fitur andalan yang bisa dimanfaatkan baik itu untuk penjual ataupun pembeli. Ketiga fitur tersebut, yaitu Pencarian barang, Menjual Barang, dan Pencarian di sekitar Anda. Pencarian barang akan lebih mudah karena pengguna bisa memfilter daftar barang yang ingin dibeli. Hal ini dapat dilakukan berkat adanya teknologi Text Analysis Al yang dikombinasikan dengan Facebook Page tertentu yang disukai oleh pengguna. Dengan begitu, saat Anda mencari produk akan muncul promosi barang-barang berdasarkan relevansi produk yang kemungkinan disukai oleh pengguna.

Tampilan pada Home Facebook.
Tampilan pada Home Facebook.

Fitur menjual produk akan memudahkan penjual untuk memasarkan produk. Pengguna cukup memfoto produk, lalu tambahkan deskripsi dan buat penawaran harga dan langsung posting. Cara seperti ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan harus membuat halaman khusus untuk membuat daftar produk yang dimiliki penjual.

Terakhir adalah fitur Pencarian di Sekitar Anda. Nah, fitur ini berguna bagi pembeli yang ingin melihat keadaan produknya langsung. Melalui pencarian produk di sekitar Anda akan memungkinkan untuk mencari produk-produk yang ditawarkan oleh pengguna di sekitar tempat kita melakukan pencarian.

Ketiga fitur dipastikan akan lebih cepat mendatangkan pembeli sehingga berguna untuk mendorong penjualan produk. Apa lagi jika layanan ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha UKM, tentunya sektor usaha ini akan lebih berkembang karena mudahnya melakukan pemasaran. Meskipun layanan ini belum tersedia di Indonesia tapi ada kemungkinan pasar Indonesia juga akan dijamah oleh perusahaan yang dibesut oleh Mark Zuckerberg. Nah, bila Marketplace ini sudah tersedia di Indonesia, kita tidak perlu men-download aplikasi lagi, cukup mengupdate versi terbaru Facebook.

Ketuk tombol sell, untuk memasarkan produk.
Tampilan fitur jual produk.

Bagiamana Cara Menggunakan
Setelah mengetuk icon Marketplace pada halaman Facebook akan tampil Home Marketplace yang terdapat 4 fitur yang ada di bagian atas dan bawah halaman. Di bagian atas terdapat bar pencarian, 4 menu yaitu sell, categories, search, your item, list produk yang ada pada lingkaran atau revelansi Anda, serta fitur menu bar Facebook yang memungkinkan kita untuk kembali ke halaman News Feed, Timeline, Notifications atau Settings.

facebook-market-place-item-information
Tampilan deskripsi produk.

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace
1. Pada tampilan halaman home Marketplace ketuk lah menu buy/sell
2. Tambahkan foto produk Anda yang bisa diambil melalui galeri Handpone atau dengan menfotonya secara langsung.
3. Beri nama, deskripsi serta harga untuk produk Anda.
4. Ketuk pilihan Post, produk sudah dipasarkan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY