Bedah Peluang Usaha Digital Printing Berbasis Custom

Meskipun sekarang sudah zamannya serba online, nyatanya hal tersebut tidak mematikan industri cetak. Usaha cetak digital atau yang lebih dikenal dengan usaha digital printing justru semakin berkembang. Hal ini dikarenakan digital printing memiliki inovasi dalam usahanya.

Digital printing menerapkan sistem custom. Custom sendiri berarti menyesuaikan dari keinginan, karakter, ataupun fungsi tertentu. Jadi, jika Anda menerapkan sistem custom, berarti Anda siap dengan desain-desain yang akan diminta oleh pelanggan.

Baca Juga : Bisnis Digital Printing : Usaha Percetakan nan Menjanjikan

Peluang Usaha Digital Printing Custom

Teknologi yang kian berkembang membuat usaha digital printing semakin diminati. Apalagi, saat ini sudah banyak sekali usaha digital printing yang menerapkan sistem custom pada usahanya. Berikut beberapa peluang usaha digital printing berbasis custom

Casing Hp

Salah satu kelebihan digital printing dengan cetak biasa adalah digital printing yang bisa dilakukan diberbagai media termasuk casing hp. Media ini merupakan yang paling banyak digunakan sebagai digital printing berbasis custom.

Gelas Mug

Selain casing hp, gelas juga bisa dijadikan sebagai media digital printing custom. Layaknya sebuah stiker, nantinya desain yang telah dicetak akan ditempel pada sisi-sisi gelas sesuai dengan keinginan pelanggan.

Pin

Meski hanya benda bulat berukuran kecil, pin sangat dibutuhkan terutama pada saat musim kampanye tiba. Pin di pesan sesuai dengan keinginan pelanggan, namun sering juga pin dibuat dengan desain bebas agar bisa dijual kembali.

Pakaian

Pakaian khususnya kaos merupakan yang paling banyak digunakan untuk custom. Biasanya yang memesan pakaian custom berasal dari kantor atau sekolah-sekolah yang ingin membuat seragam.

Cara Memulai Usaha Digital Printing Custom Rumahan dengan Modal Kecil

Siapa bilang jika usaha digital printing custom tidak bisa dilakukan dengan skala rumahan. Justru, usaha digital printing merupakan salah satu usaha yang sangat mungkin dilakukan di rumah. Berikut cara memulai usaha digital printing berbasis custom

Persiapkan Modal

Hal utama yang harus disiapkan ialah modal. Buat semua rincian mengenai barang-barang apa saja yang akan dibeli. Rincikan secara detail agar tidak ada barang-barang yang terlupakan. Usahakan untuk membeli barang yang memiliki potongan harga agar bisa menghemat pengeluaran Anda.

Menentukan Target Pasar

Tentukan target pasar agar Anda dapat mempertimbangkan siapa yang akan menjadi pelanggan Anda. Mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Anda juga bisa menentukan target pasar berdasarkan lokasi usaha tempat Anda mendirikan bisnis.

Memilih Mesin Digital Printing Murah namun Berkualitas

Sebelum membeli, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjual atau pun seseorang yang sudah lebih dulu mendirikan usaha digital printing. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak keliru dalam membeli mesin.

Jika Anda melakukan kesalahan dalam pembelian mesin, bisa-bisa usaha Anda berjalan tidak lancar karena pelanggan tidak merasa puas dengan hasil yang Anda kerjakan. Selain itu, mesin digital printing juga bukan mesin yang bisa dibeli dengan harga murah. Perlu pertimbangan secara matang terlebih dahulu sebelum Anda membelinya.

Pemasaran dan Promosi

Dikarenakan usaha Anda merupakan usaha rumahan, Anda harus gencar dalam melakukan promosi. Lakukan kepada orang terdekat terlebih dahulu dengan cara menawarkan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan media sosial.

Media sosial merupakan cara berpromosi yang paling efektif karena dapat menjangkau seluruh wilayah dan kalangan masyarakat.

Persaingan

Persaingan merupakan hal yang tak bisa dihindari. Bersainglah secara sehat tanpa melakukan kecurangan apapun. Pelayanan yang Anda berikan secara baik, tanpa disadari akan mendatangkan pelanggan dengan sendirinya.

Tips Bersaing dalam Usaha Digital Printing Custom

Dalam berbisnis, persaingan bukanlah hal yang bisa dihindari. Namun, Anda pasti bisa bersaing secara sehat meskipun ada persaingan dimana-mana. Berikut tipsnya

Lihatlah Peluang Usaha yang Sedang Ramai

Sistem custom memang tengah menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bisnis ini banyak diminati karena pelanggan bisa meminta desain sesuai dengan yang mereka inginkan.

Andalkan Strategi

Andalkan strategi respon cepat pada usaha dan pelanggan Anda. Respon cepat juga merupakan salah satu strategi yang bisa Anda berikan, agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

Desain

Meskipun Anda menerapkan sistem custom, tak ada salahnya jika Anda membuat desain yang sedang booming dan trend di masyarakat. Desain yang sedang booming biasanya lebih dilirik oleh pelanggan. Hal ini juga bisa digunakan sebagai antisipasi jika pelanggan Anda kebingungan ingin menentukan desain seperti apa.

Siapkan Layanan Edit Foto

Persiapkan layanan edit foto untuk melayani request pelanggan, kebanyakan customer akan memilih layanan digital printing yang bisa menyanggupi permintaan mereka.

Baca Juga : Jangan Asal Buka Usaha, Ketahui Strategi Ini Agar Usaha Fotokopi Berjalan Sukses

Perhatikan Kualitas

Meskipun hanya bisnis rumhana, Anda harus memastikan jika kualitas produk Anda tidak asal-asalan. Perhatikan produk dari segi warna, gambar yang tahan lama, dan pastikan juga bahwa produk yang dijual merupakan produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Itulah beberapa tips dan strategi agar usaha digital printing berbasis custom yang Anda buka bisa berjalan dengan baik. Lakukanlah dengan maksimal agar usaha yang Anda lakukan tidak berakhir sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here