Apa Tips Jualan Laris Manis di Pasar Malam ? Ini Dia Strateginya

Banyak orang sibuk berbisnis namun bingung mau di pasarkan dimana. Hingga akhirnya tak jadi berbisnis lantaran tak punya modal untuk memasarkan produknya. Padahal jika mau, dia tips berjualan di pasar malam.

Harga sewa lapak tentunya tak semahal jika menyewa stand bazar atau membuka toko di pasar. Biasanya harga sewa tergantung dimana letak kita akan berdagang dan negoisasi kita pada rumah yang dijadikan tempat untuk berdagang. Biasanya harga dimulai dari Rp5000 hingga Rp 50.000 per malam untuk biaya listrik, keamanan, dan kebersihan. Murah bukan? Bayangkan jika harus menyewa stand pameran perharinya paling murah Rp 150.000.

Meski murah kita juga tak boleh sembarangan berdagang di pasar malam harus menjaga tata tertib dan tak mengganggu masyarakat sekitar. Boleh menyetel musik namun jangan sampai mengganggu pedagang di sampingnya atau rumah yang menjadi tumpangan. Selain itu harus juga menjaga kebersihan. Tak boleh menjual minuman keras apalagi obat-obatan terlarang.

Lalu bagaimana agar jualan laris di pasar malam?

  1. Survei lokasi tempat berdagang kira-kira di dekat perkotaan atau di daerah pinggiran. Jika daerah pinggiran jangan berjualan dengan harga yang melampui tinggi agar masyarakat mampu untuk membeli.
  2. Cari tempat yang startegis, jangan terlalu masuk gang atau terlalu di luar. Karena jika terlalu letak di luar maka pengunjung biasanya hanya lewat saja sedangkan jika terlalu dalam maka pengunjung malas untuk masuk.
  3. Perhatikan cahaya lampu karena penerangan ternyata berperan penting bagi laku atau tidak suatu barang. Ketika penerangan cukup biasanya barang terlihat lebih menarik dan cemerlang sehingga orang tertarik untuk membelinya. Selain itu penerangan juga berkaitan penting ketika sedang proses pembayaran, karena jika penerangannya kurang bisa-bisa salah dalam memberikan kembalian atau ketika pembayaran uangnya ada yang kurang.
  4. Lihat cuaca, jika sangat mendung lebih baik urungkan niat untuk berjualan. Karena biasanya jika turun hujan orang malas untuk mengunjungi pasar malam.

Lihat trend pasar, jika sekarang sedang trend game Pokemon bisa saja Anda menjual merchandise berbentuk pokemon seperti kaos, tas, gantungan kunci, alat-alat tulis  dan lainnya.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY