Tips Memilih Event Pameran untuk Promosi UKM

Pemilihan event pameran

Event pameran bisa sangat bermanfaat untuk promosi usaha bagi pelaku bisnis kecil menengah atau UKM. Kita dapat memanfaatkan potensi pengunjung yang nantinya akan hadir sebagai calon konsumen kita. Semakin besar event tersebut maka kemungkinan akan semakin banyak pengunjung yang hadir. Sehingga diharapkan akan semakin banyak juga calon konsumen yang mengenal dan menjadi langganan Kita. Jika dilihat dari keuntungan memperluas konsumen tentu akan membuat Anda lebih tergiur bukan?

Lalu bagaimana cara memilih event pameran yang akan memenuhi ekspetasi Anda tersebut. Berikut ulasannya.

1.       Perhatikan tema pameran sebelum menyewa tempat

Tema pameran merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan oleh pelaku usaha. tentukan tema pameran yang sesuai dengan bisnis Anda karena pengunjung yang akan datang biasanya dipengaruhi oleh tema pameran yang diangkat oleh promotor event. Jangan sampai langkah promosi Anda dengan mengikuti event pameran malah berujung sia-sia. Anda tentu tidak mau menanggung rugi karena harus membayar biaya sewa tempat selama beberapa hari kan?

2.       Pilihlah promotor event yang berpengalaman

Pamor dari pelaksana event memang sangat penting. Hal ini karena tidak semua event akan berjalan dengan lancar bila tidak ditangai oleh orang-orang yang berpengalaman. Tawaran pameran yang semakin banyak dengan fasilitas dan harga yang bersaing diharapkan tidak membutakan mata Anda sehingga asal memilih event pameran.

3.       Lokasi pameran yang strategis

Posisi dapat menentukan ramai tidaknya event pameran. Anda harus dapat memilih lokasi pameran yang letaknya strategis dan dapat dengan mudah dijangkau oleh pengunjung. Selain lokasi pameran Anda juga harus bisa menentukan posisi stand Anda nantinya. Pilihlah posisi stand yang memiliki view luas dan dapat dengan mudah di temukan oleh pengunjung. Biasanya semakin besar dan mudah dilihat biaya penyewaannya semakin mahal. Bila Anda ingin yang lebih murah bisa pilih posisi stand di tengah lokasi pameran dan desain stand semenarik mungkin untuk menarik pengunjung.

4.       Cari Tahu fasilitas yang akan didapatkan

Jika sudah mendapatkan satu pilihan pameran yang cocok untuk usaha Anda, tanyakan mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan, misalnya, disediakan booth semi permanen atau tidak, ada gudang untuk penyimpanan barang, dan yang paling terpentig adalah berapa konsumsi listrik yang disediakan oleh pelaksana acara.  

5.       Sering mencari tahu jadwal pameran

Bila Anda tidak kunjung bisa menentukan event pameran yang sesuai dengan usaha Anda, langkah terakhir adalah sering-sering lah update mengenai event pameran. Informasi ini sudah mudah didapatkan melalui situs pencarian Google atau media sosial, web ukm serta forum online. Selain itu bisa juga mencarinya secara offile dengan mengunjungi kantor Dinas Ketenagakerjaan atau badan-badan yang terkain lainnya.

LEAVE A REPLY