Sleekr Siap Bantu UKM Ringkaskan Pekerjaan Administrasi HR

Sleekr merupakan platform bisnis berbasis komputasi awan untuk manajemen sumber daya manusia dan keuangan yang menargetkan UKM dan startup sebagai penggunannya. Dalam ruang lingkup bisnis sumber daya manusia dan keuangan adalah kedua hal yang jadi tombak berjalannya roda perusahaan, baik itu bisnis besar, maupun kecil menengah. Maka dari itu diperlukan perencanaan dan manajemen yang kuat agar keduanya bisa berjalan dengan semestinya.

Namun sayangnya banyak UKM di Indonesia yang belum memahami bagaimana manajemen dan perencanaan HR dan akuntansi. Masih banyak UKM yang belum terlayani dengan baik, dan belum tersediannya solusi yang sesuai untuk dua kebutuhan tersebut. Itulah alasan mengapa Sleekr hadir. Dengan menargetkan perusahan kecil, khususnya UKM diharapkan dapat memberikan solusi HR dan akuntansi terbaik bagi UKM yang mudah dan terjangkau.

Sleekr memperkenalkan 2 layanan, yaitu Layanan Sleekr Accounting adalah software akuntansi online yang membantu pemilik bisnis memiliki informasi secara real-time untuk posisi keuangan perusahaannya. Dengan menggunakan aplikasi ini, staf akuntansi sebuah perusahaan dapat dengan mudah melakukan pencatantan transaksi yang sudah dilakukan perusahaan secara akurat dan efektif.

Layanan lainnya adalah Sleekr HR, yang merupakan software HR yang sudah dipercaya UMKM dan Startup untuk mengelola adminstrasi HRD seperti cuti, klaim, pajak penghasilan PPh 21 maupun perhitungan pajak penghasilan, hingga struktur perusahaan.

Menurut Business Development Sleekr, Citra, platform ini bertujuan untuk membantu UKM meminimalisir job desk adminstrasi sehingga bisa lebih fokus ke staretgic bisnis lainnya. Untuk itu semua data karyawan baik data diri, gaji, slip gaji, pengurusan cuti, bahkan perpajakan dilakukan melalui software Sleekr HR. Dengan begini segala adminsitrasi perusahaan juga bisa lebih paperless.

Hak Akses pada Sleekr HR Dibuat Spesifik

Pada layanan Sleekr HR memiliki 2 halaman, yaitu halaman untuk Staff dan Admin. Pada halaman staff tampil profil atau data diri Anda sebagai karyawan, sementara di halaman Admin muncul dashboard dengan berbagai fitur sesuai jabatan mereka diperusahaan. Pemberian kategori ini bertujuan agar data-data perusahaan dan juga karyawan tak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Misalnya CEO atau Direktur berperan sebagai Administrator yang memiliki akses tidak terbatas. Adminstrator dapat melihat dan mengedit data karyawan, memasukan kebijakan perusahaan ke dalam sistem, menyesuaikan saldo cuti ataupun klaim dan lainnya, mengedit dan melihat data gaji, mengajukan claim, cuti untuk karyawan dan lainnya. Selain administrator, ada HR Admin, HR Assistant, Finance Admin, Payroll Master, Departemen Head, Supervisor, dan Staff.

– HR admin memiliki kebebasan yang kurang lebih sama seperti administrator, hanya saja tidak bisa mengakses pajak online, payroll dan tidak bisa mengedit gaji karyawan. Selebihnya seperti melihat dan mengelola aktivitas cuti karyawan, absensi, dan lembur staf, melakukan dan menyetujui klaim bisa diakses oleh HR Admin.

– HR Assistant, wewenangnya sebagai membantu HR Admin untuk mengelola cuti karyawan, seperti menyetuji atau menolah izin cuti yang diajukan oleh karyawan.

– Payroll master, memiliki hak untuk mengakses ke data gaji setiap karyawan. Jadi di aplikasi ini yang bisa melihat gaji sekaligus mengeditnya, namun ini hanya bisa dilakukan oleh administrator dan payroll master. Selebihnya payroll memiliki hak akses yang sama seperti staf atau karyawan biasa. Payroll juga dispesifikasi lagi menjadi editor dan approver. Editor memiliki kebijakan untuk mengganti gaji, sedangkan approver untuk menyetujui perhitungan payroll yang dilakukan oleh editor.

– Finance master, staf yang memiliki akses ini bisa menyetujui perhitungan payroll.  Setiap bulannya payroll master akan mengirimkan data perhitungan gaji untuk disetujui oleh finance master. Tetapi Meski bisa menyetujui payroll, namun Finance master tidak dapat melihat detail serta merngubah data gaji pokok dan tunjangan lainnya.

– Departement Head memiliki hak akses untuk melihat data karyawan dengan akses yang terbatas dalam departemennya seperti data pribadi, kontak darurat. Departemen head juga berhak untuk mengajukan cuti dan klaim bagi down treenya serta melihat kalender cuti di dalam departemennya.

– Supervisor, dapat melihat aktivitas bawahannya, seperti pengajuan cuti dan klaim dan dapat menggunakan layanan untuk staf.

– Staff, memiliki hak akses yang dapat mengedit data diri pribadi, serta melihat data diri peer mereka yang berada dalam satu departemen yang sama dengan informasi terbatas. Pengajuan cuti dan klaim juga dimiliki oleh orang yang memiliki akses staff. Selain itu seorang staff pun dapat melihat kalender di departemennya untuk melihat siapa saja yang sedang dan akan mengambil cuti.

Payroll dibuat Bertahap untuk Meminimalisir Kesalahan

Dalam Sleekr tahap payroll dibuat sampai 5 tahap untuk menghindari kesalahan. Pertama karyawan yang memiliki akses sebagai editor payroll akan memasukan data gaji setiap karyawan. Bila semua data gaji, seperti gaji pokok, bonus dan lainnya sudah di input, editor bisa melakukan perhitungan total pendapatan, pph, dan BPJS masing-masing karyawan secara otomatis. Inilah kelebihan dari sistem payroll Sleekr, di mana pengguna tidak perlu lagi mengitung secara manual penghasilan karyawan setiap kali mendekati hari gajian.

Setelah perhitungan gaji karyawan, proses diteruskan ke approver untuk disetujui. Bagaimana bila ada kesalahan yang dilakukan editor? Jika ada, payroll master yang juga memiliki akses sebagai editor bisa melakukan pembetulan. Tahap terakhir masuk persetujuan finance. Di proses yang satu ini bila finance sudah meverifikasi laporan yang diajukan maka secara otomatis laporan gaji sudah tidak bisa diubah kecuali pengguna melapor langsung ke Sleekr.

Tidak Hanya Memudahkan Pekerjaan HR Tapi Juga Staff

Selain membantu HR untuk mengelola cuti karyawan Sleekr juga menyediakan fitur pengajuan cuti dan klaim yang dapat diajukan oleh Staf. Aplikasi ini dihadirkan karena Sleekr ingin semua kegiatan adminstrasi perusahan bisa ditinjau dan dilakukan secara real-time dengan bantuan satu aplikasi. Caranya pengajuannya pun mudah, karyawan hanya perlu masuk ke halaman Staff dan klik ajukan cuti atau klaim. Setiap pengajuan cuti atau klaim diperlukan persetujuan dari HR dan atasan departemen untuk itu akan dikirimkan email dan notifikasi ke aplikasi Sleekr milik pihak yang bersangkutan.

Kolaborasi Sleekr dengan Online Pajak dan Midtrans

Setiap perusahaan yang memiliki NPWP memiliki kewajiban untuk melaporkan dan membayar pajak perusahaan setiap bulannya. Namun rumitnya proses pelaporan dan pembayaran menjadi kendala terbesar. Sadar akan hal tersebut baru di tanggal 3 Juli kemarin Sleekr menghadirkan fitur tambahan pelaporan dan pembayaran pajak secara online yang sudah terintegrasi dengan Pajak Online. Inilah salah satu kelebihan Sleekr HR yang tidak dimiliki oleh manajemen HR lainnya. Jadi kapanpun perusahaan ingin melaporkan pajak, bisa dilakukan melalui Sleekr tanpa harus mengunduh form dari online pajak.

Baca Juga: 5 Software Akuntansi Online Rekomendasi untuk Usaha Kecil Menengah

Selain itu, platform ini juga berkolaborasi dengan Midtrans, sebuah platform payment gateway yang akan membantu perusahaan untuk melakukan pembayaran secara online. Kolaborasi ini mereka tujukan untuk mendukung fitur Petty Cash. Di mana layanan ini adalah uang kas milik yang bisa digunakan untuk gaji karyawan, klaim, reimburse, ataupun keperluan kantor lainnya. Untuk perusahaan bisa membuka akun Petty Cash dengan mengupload SIUP, NPWP dan ID perusahaan.

Mengenai biaya tidak ada investasi awal dan kontrak minimum, pengguna sudah bisa menikmati fitur-fitur dari Sleekr HR hanya dengan 10,000 per karyawan per bulannya. Bagaimana bila ada fitur tambahan? “Dari pertama kali Sleekr di launch sampai sekarang, pengguna tidak dipungut biaya lagi jika ada fitur tambahan. Jadi Sleekr mendevelop fitur baru, semua klien sudah bisa menikmatinya tanpa dipungut biaya tambahan.” ujar Citra. Selain itu, bila pengguna ingin berhenti berlanggan, Sleekr juga menjamin setiap data yang masuk ke dalam database Sleekr bisa diunduh kembali dan sangat aman karena semua data telah tereknsripsi.

Pengguna dan Target Sleekr Kedepannya

Saat ini pengguna Sleek terghitung tumbuh dengan pesat. Perusahaan yang menggunakan layanan, baik HR dan Akuntansi sangat beragam mulai dari perusahaan teknologi hingga konvensional, di antaranya adalah Salestock, UangTeman, Brodo, Gunasland dan masih banyak lagi.

Untuk ke depannya Sleekr berupaya terus mengembangkan produknya dengan menyempurnakan fitur dan menjalin partnership dnegan perusahaan yang sejalan dengan Sleekr. Selain itu, Sleekr juga ingin UKM dapat mengenal layanan Sleekr sebagai platform bisnis berbasis cloud yang dapat menjadi solusi terbaik serta terjangkau bagi HR dan Akuntansi mereka.

Bagi UKM yang ingin berlanggan Sleekr sudah sangat mudah, UKM dapat mendaftarkan perusahaannya secara gratis melalui website Sleekr di https://sleekr.co ataupun dapat mengundang Sleekr untuk datang dan mendemokan layanan Sleekr. Sleekr juga berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual yang berkesinambungan dengan memberikan traning secara berkala sesuai kebutuhan pelanggan, seminar, serta workshop regular.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY