Peran Warna Pada Kemasan Makanan tingkatkan Brand Image

Tidak dapat dipungkiri, warna pada kemasan makanan memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Dengan adanya warna, sebuah produk dapat menanamkan brand image, citra bisnis dan mengatur mood calon pembeli.4

Baca juga artikel: Strategi Promosi Cerdas  UKM

Warna pada kemasan memiliki efek psikologis yang mendorong persepsi alam bawah sadar konsumen, juga perilaku pembelian konsumen. Sangatlah penting bagi para pelaku usaha untuk memahami peran warna sebelum mendesain kemasan untuk produk. Jangan sampai warna yang dipilih malah menjatuhkan citra produk dan akhirnya tidak disukai publik.

Berikut kami berikan beberapa warna yang sesuai untuk kemasan produk, beserta sedikit filosofi dari warna tersebut.

Peran dan filosofi warna pada kemasan sebagai pencipta brand image

  1. Biru

Warna biru memiliki makna yang paling luas dibandingkan warna-warna lain. Warna biru identik dengan kesegaran, ketenangan, keceriaan, keteduhan dan juga wibawa. Dalam kaitannya dengan produk, biru melambangkan kesegaran dan identik dengan air. Karena itu, warna biru cocok digunakan untuk kemasan produk minuman seperti susu dan air minum. Tidak hanya itu, warna biru juga cocok digunakan untuk mengemas produk hasil laut dan olahannya.

  1. Merah muda dan pink

Feminim, cantik dan lembut adalah karakteristik dari warna merah muda dan pink. Hal ini menjadikan warna ini ekslusif untuk produk-produk khusus wanita atau sebagai hadiah. Contoh kemasan produk yang cocok menggunakan warna ini: kemasan untuk cokelat, bedak, sabun.

  1. Merah

Karakteristik warna merah adalah kuat, berani dan menonjol. Warna ini mampu menarik perhatian dan menimbulkan rasa bersemangat. Warna merah cocok digunakan sebagai kemasan produk makanan, minuman dan olahan daging karena memicu nafsu makan. Contohnya, produk cokelat, kacang, makanan-makanan pedas dan juga minuman segar.

  1. Kuning

Warna kuning hampir identik dengan warna merah, yaitu penarik perhatian yang ampuh. Jika warna merah memiliki kesan berani, warna kuning memiliki kesan ceria dan segar. Produk-produk seperti minuman segar dan makanan camilan berbahan dasar pisang dan lemon sangat cocok dengan warna ini.

  1. Jingga atau oranye

Sebagai perpaduan dari warna merah dan kuning, oranye memiliki makna segar, muda dan kreatif. Warna jingga atau oranye sangat identik dengan buah jeruk yang segar. Oleh karena itu, warna ini cocok untuk berbagai jenis produk olahan buah jeruk, baik itu minuman atau manisan kering. Pssst, produk sambel juga bisa menggunakan kemasan warna oranye!

  1. Hitam

Warna hitam melambangkan citra ekslusif dan maskulin. Jenis warna ini mampu menonjolkan sifat premium pada produk yang dikemasnya. Warna hitam cocok digunakan untuk mengemas produk-produk seperti kopi, cokelat, berbagai camilan bahkan sabun.

Kemasan adalah citra dari produk dan warna adalah pemberi identitasnya. Semoga dengan memahami karakteristik warna, Anda dapat memilih warna untuk kemasan yang sesuai dengan produk Anda. Salam sukses!

SHARE
20 tahun menjadi suplier mesin-mesin makanan dan kemasan berkualitas dengan harga terjangkau untuk segment UKM. Dapatkan mesin dan kemasan untuk Usaha Makanan Anda. Pemesanan dan konsultasi : Hunting: 021 623 20 700 Email: jakarta@wiratech.co.id

LEAVE A REPLY