Strategi Promosi Cerdas Untuk UKM

Dalam bisnis, baik yang sudah lama berdiri dan baru didirikan, tidak akan lepas dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran sendiri akan melibatkan strategi promosi sebagai kegiatan pendukungnya.

Strategi promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa dari brand tertentu kepada publik. Dengan adanya promosi, diharapkan akan ada peningkatan penjualan dan laba. Untuk itu diperlukan promosi yang cerdas agar keuntungan tersebut dapat tercapai.

Strategi promosi cerdas, untuk peningkatan penjualan dan laba

Strategi promosi yang cerdas berbeda terdiri dari 4 tingkatan, berikut adalah 4 tingkatan tersebut.

  1. Beriklan (advertising)

Langkah pertama dari strategi cerdas adalah mengenalkan produk atau jasa melalui iklan. Untuk UKM, pemasangan iklan dapat dilakukan di sosial media, media online atau media cetak. Selain harganya lebih murah, dibanding TV dan radio, target pasarnya juga terarah. Jika modal promosi benar-benar minim, adapula media tradisional seperti brosur, flyer dan spanduk.

Kelebihan dari beriklan adalah mampu menjangkau target pasar yang lebih luas dari lingkungan sekitar usaha. Dengan iklan yang baik, citra produk yang baik juga dapat terbentuk dengan mudah.

  1. Promo penjualan (sales promotion)

Teknik ini merupakan kelanjutan dari kegiatan beriklan. Anda masih tetap beriklan, namun isi iklan akan lebih berfokus pada penawaran khusus dalam waktu singkat. Konsumen selalu menyukai diskon, hadiah gratis atau beli satu gratis satu saat membeli sebuah produk. Biasanya cara pemasaran menggunakan diskon dan sebagainya dilakukan dalam jangka waktu singkat. Selama periode singkat itu, diharapkan produk dapat terjual sebanyak-banyaknya.

Sesuaikan promo penjualan dengan kemampuan Anda saat itu. Contohnya, berikan diskon atau hadiah yang masuk akal dan tidak memberatkan kondisi keuangan Anda. Sebagai pelaku usaha, Anda tetap harus mendapatkan untung dari kegiatan ini.

  1. Penjualan melalui perorangan (personal selling)

Setelah menjalankan kedua langkah di atas, ada kalanya Anda menemukan beberapa konsumen spesial. Mereka dapat berupa konsumen yang loyal, konsumen yang sulit diyakinkan atau konsumen yang kritis. Untuk menangani konsumen-konsumen spesial ini, Anda harus melakukan penjualan langsung secara perorangan. Strategi ini bertujuan untuk memberikan keyakinan dan pengenalan produk yang lebih dalam kepada konsumen. Dengan informasi yang lebih detil, konsumen akan menjadi lebih mudah diyakinkan dan dapat membangun loyalitas terhadap produk.

Ada baiknya jika Anda sebagai pemilik bisnis yang turun tangan langsung dalam menghadapi beberapa konsumen. Konsumen akan merasa lebih yakin dan tidak berpikir panjang untuk membeli produk atau jasa Anda.

  1. Hubungan baik dengan Konsumen (Customer relation)

Langkah pertama sampai ketiga adalah langkap mendapatkan konsumen untuk produk atau jasa Anda. Langkah terakhir adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen Anda. Mereka telah memberi kepercayaan pada Anda dengan cara membeli dan loyal terhadap produk Anda. Tugas Anda untuk menjaga kepercayaan tersebut dengan terus menghasilkan produk yang terbaik untuk mereka.

Setiap beberapa waktu sekali, berikan apresiasi berupa produk gratis kepada konsumen loyal. Hal ini akan membuat mereka merasa senang dan tidak mudah berpaling dari Anda. Semoga 4 langkah dari strategi promosi cerdas dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda. Salam sukses!

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY