Ikut Demo Buruh atau Punya Penghasilan Tambahan Saat Libur Panjang?

Mengingat libur panjang akhir pekan masih akan hadir di tanggal 29 April sampai 1 Mei banyak orang yang merencanakan kegiatan untuk mengisi waktu kosong tersebut. Bisanya kegiatan libur panjang akhir pekan banyak dimanfaatkan orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau beristirahat di rumah. Namun momen ini juga bisa diisi dengan kegiatan produktif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meski waktunya terbatas, penghasilan yang akan didapatkan cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan.

Nah, mau tahu kegiatan produktif apa saja yang bisa Anda lakukan saat liburan? Inilah beberapa usaha dadakan liburan menjelang.

1. Menawarkan Jasa Antar-Jemput untuk Wisatawan

Kalau Anda punya kendaraan menganggur di rumah manfaatkanlah sebaik-baiknya, contohnya dengan menawarkan jasa antar ke tempat-tempat wisata. Meskipun kini jasa antar online sudah tersebar, tapi Anda masih punya harapan mendapatkan penumpang. Caranya bisa dengan menawarkan jasa tersebut ke tetangga-tetangga Anda atau menawarkannya lewat media sosial dan juga tempat wisatanya langsung. Untuk tarif bisa ditetapkan dari berapa kilometer perjalanan yang akan ditempuh dan untuk mengetahui berapa kilometer jarak perjalanan tersebut Anda bisa gunakan aplikasi Google Maps.

2. Menjual Merchandise di Tempat Wisata

Tempat wisata merupakan tepat yang akan ramai pengujung saat libur panjang akhir pekan. Sehingga tempat seperti ini sangat potensial untuk dipilih jadi tempat usaha. Apa saja produk yang akan laku dijual di tempat wisata? Banyak salah satunya adalah merchandise atau souvenir yang identik dengan tempat wisata tersebut bisa berupa boneka, kaos atau miniature lain.

3. Menjadi Vendor Wisata

Menjadi vendor wisata dadakan memang berisiko, untuk itu bila Anda tertarik dengan kegiatan menghasilkan uang berikut ini sebaiknya Anda sudah pernah melakukan hal tersebut. Minimal Anda memiliki pengalaman dan kenalan di tempat wisata tersebut. Hal ini untuk mengurangi terjadinya kesalahan saat mengatur perjalanan wisata.

4. Bisnis Mainan Anak-Anak

Bisnis yang satu ini tidak akan pernah sepi pembeli apalagi jika Anda menjajalnya di tempat yang berpotensial pembeli seperti tempat perbelanjaan, wisata atau taman hiburan. Anda bisa menyesuaikan modal untuk bisnis mainan apa yang ingin Anda jalani. Bila Anda memiliki modal yang terbatas, mulailah dengan menjual mainan anak-anak tradisional yang tidak memerlukan modal lebih, misalnya seperti layangan, perahu-perahuan dari aluminium atau baling-baling dari bambu.

5. Menjadi Traveling Blogger atau Menawarkan Tulisan untuk Travel Blog

Loh bukannya ini malah jadi pengeluaran ya? Untuk travelingnya memang mengeluarkan uang, tapi tetap ada keuntungan yang Anda dapatkan kok. Nah kalau Anda suka sekali menulis, buat waktu kosong Anda lebih produktif  dengan kegiatan tersebut. Tidak perlu sampai keluar kota, Anda bisa tetap di daerah tempat tinggal Anda dan memperkenalkan objek wisata di sekitar. Setelah itu, tulisan bisa Anda posting di blog pribadi bila punya atau tawarkan ke beberapa media wisata. Penghasilan yang akan Anda dapatkan terhitung lumayan mungkin bisa Rp200.000 – Rp400.000 per artikel atau Rp50.000- Rp100.000 per halamannya.  Itu juga tergantung ulasan pada artikel Anda kalau menarik bisa saja lebih dari itu.

6. Buka Tempat Makan Dadakan

Berbekal teras di depan rumah dan keahlian memasak yang mumpuni Anda pun sudah bisa memulai usaha dadakan menjelang liburan dengan membuka tempat makan. Bisnis makanan merupakan salah satu peluang usaha yang tidak pernah sepi pembeli. meskipun begitu Anda perlu tahu bahwa tempat mempengaruhi laris atau tidaknya dagangan Anda. Maka dari itu, pastikan saat liburan tempat Anda ramai dikunjungi atau tidak. Kalau ramai, maka mulai lah menjelang liburan, bila tidak tenang masih banyak peluang usaha lain yang bisa Anda lakukan.

7. Menawarkan Jasa Service dan Bengkel Kendaraan

Tanggal merah dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga ke berbagai daerah dengan naik angkutan masal seperti bis, kereta, pesawat atau kapal. Beberapa di antaranya juga ada yang memilih kendaraan pribadi sebagai modal transportasi untuk berlibur. Sebelum melakukan perjalanan orang-orang ini pasti terlebih dahulu mempersiapkan kendaraan mereka agar tetap ready menempuh perjalanan panjang.

Untuk itulah diperlukan jasa montir guna mengecek mesin kendaraan tetap oke saat dibawa berkilo-kilometer. Nah, ini bisa jadi peluang usaha bagi Anda yang memahami dunia otomotif. Penghasilannya memang tidak terlalu besar, tetapi setidaknya hari libur Anda bisa lebih bermanfaat dibandingkan harus menghambur-hamburkan uang.

8. Menjadi Fotografer dan Menjual Dokumentasi Berlibur

Memiliki dokumentasi selama liburan adalah hal yang harus bagi semua orang. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan menawarkan jasa fotografer di berbagai tempat wisata. Bukan hanya jadi fotografer satu hari saja Anda pun bisa menawarkan jasa ini beberapa perusahaan atau keluarga besar yang ingin kegiatan mereka didokumentasikan. Ini Artinya Anda menjadi fotografer pribadi yang akan merekam sebagian kegiatan mereka selama libuaran. Untuk tarif, Anda bisa menetapkan paket dokumentasi mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 800.000. Paket dokumentasi tersebut meliputi softcopy foto-foto dokumentasi (tak terbatas), 1 album kolase yang berisi sampai 100 foto dan juga softcopy video acara.

Pilih Usaha Sampingan saat Liburan Apa yang Sesuai dengan Anda

Dari beberapa ide usaha menjelang liburan di atas kira-kira mana yang bisa Anda mulai? Jika dirasa ada tidak punya kemampuan untuk memulai salah satunya mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda menemukan ide bisnis yang bisa dimulai saat liburan.

Tentukan fenomena atau tren yang sedang berkembang

Salah satu cara untuk menemukan ide kreatif dengan memperhatikan fenomena yang sedang tren di masyarakat. Misalkan bila saat itu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat saat liburan adalah berolahraga, Anda bisa buka usaha minuman dan sarapan pagi atau buka usaha jual sepatu dan keperluan olahraga lainnya.

Sesuaikan usaha dengan budget yang Anda punya

Selain ide usaha, yang perlu diperhatikan juga adalah budget yang Anda miliki. Pastikan modal Anda mencukupi untuk memulai usaha tersebut. Lakukan persiapan memulai usaha libur panjang mulai hari ini agar pada hari H Anda sudah siap menjalankannya. Tapi apa bisa kita mulai tanpa modal, bisa saja kalau Anda mampu untuk mencari jalan keluar lebih kreatif soal permodalan ini.  Contohnya dengan menjadi reseller dengan sistem bagi hasil. Sistem jualan ini sangat tepat jadi jalan keluar alternatif bagi yang tidak punya modal, namun kekurangannya keuntungan yang didapatkan lebih kecil.

Tentukan sekala bisnis Anda

Usai mendapatkan ide dan modal, persiapan yang tak kalah penting adalah meneruskan skala bisnis. Tentukan target konsumen yang ingin disasar dan produk apa yang Anda jual. Untuk produk yang akan dijual pastikan kalau itu sesuai dengan karakter target konsumen Anda agar tepat sasaran.

Langkah terakhir adalah lakukan promosi yang tepat

Dan yang tak kalah penting adalah menentukan cara promosi yang sesuai dengan pasar, target konsumen dan juga produk. Soal waktu libur panjang adalah saat yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Caranya bisa melalui bazar atau tempat-tempat wisata. Langkah Selain itu, promosi melalui media sosial juga diperlukan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY