Memahami Peranan dan Pengertian Word of Mouth Marketing pada Bisnis UKM

Pengertian Word of Mouth marketing (WOM) merupakan salah satu dari banyak business tools yang digunakan pebisnis untuk memasarkan produknya. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menggaet pelanggan baru dan menyakinkan mereka untuk membeli sebuah produk bisnis.

Apalagi di era digital sekarang ini, peranan WOM pada perkembangan sebuah bisnis memiliki dampak yang sangat besar.

Mengutip pernyataan dari Marketing.co.id, hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan online tentang bisnis. Dan 72% diantaranya menggunakan ulasan positif di internet untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat dipercaya atau tidak.

Baca Juga : Strategi Influencer Marketing untuk Kembangkan Bisnis UKM

Meski dinilai efektif, penerapan WOM untuk menggaet lebih banyak pelanggan tidaklah mudah. Karena tidak ada formula khusus untuk menerapkannya, berbeda dengan tools marketing lainnya.

Namun dengan memahami konsep dan pengertian word of mouth, setidaknya akan memberikan gambaran kepada Anda sehingga dapat memaksimal business tools yang satu ini.

Pengertian Word of Mouth Marketing

Word of mouth merupakan strategi marketing yang mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen, baik secara personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga bisa menggaet lebih banyak pelanggan baru potensial.

Review yang diberikan tentulah yang bersifat positif, seperti kepuasan pelanggan terhadap produk atau pelayanan. Hal ini akan mempersuasi dan menyakinkan orang lain untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut.

Strategi pemasaran ini lebih terlihat simpel dan tidak membutuhkan biaya yang besar, namun memiliki tingkat efektif yang cukup besar. Sangat pas digunakan oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk membangun kesadaran (awareness) konsumen akan produk atau brand yang ditawarkan.

Peranan Era Digital terhadap Word of Mouth Marketing

Keberadaan era digital tentunya memiliki peranan penting sehingga strategi marketing word of mouth yang dijalankan bisa berjalan lebih efektif dan menjaring lebih banyak pelanggan potensial dalam skala besar.

Berbeda dengan cara tradisional, dimana rekomendasi yang diberikan hanya sebatas kepada orang terdekat saja. Seperti keluarga, tetangga, teman, dan rekan kerja.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, strategi WOM bisa dijalankan melalui platform online yang diakses banyak orang. Anda bisa menggunakan media sosial, website, marketplace sebagai media untuk menerapkan teknik pemasaran tersebut.

Kemudahan untuk share informasi di era digital akan membuat produk bisnis Anda lebih dikenal banyak orang. Semakin banyak review positif yang diberikan dan di-share pelanggan, maka peluang untuk menjari lebih banyak calon konsumen potensial pun semakin besar.

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan respon positif dari pelanggan sehingga dapat memaksimalkan word of mouth marketing. Selanjutnya akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Cara Meraih Word of Mouth Positif dari Pelanggan

Berikut adalah cara agar produk atau merek yang Anda tawarkan dapat memperoleh word of mouth positif dari pelanggan.

Beri Layanan Terbaik

Kepuasan konsumen sangatlah penting bagi perkembangan sebuah bisnis. Jika bisnis yang dijalankan bisa memberikan kesan dan pengalaman terbaik, bukan hal yang tidak mungkin untuknya menjadi pelanggan tetap Anda.

Ada banyak faktor yang bisa menentukan kepuasan pelanggan, salah satunya pelayanan memuaskan. Dengan tingkat kepuasan pelayanan yang tinggi, maka konsumen akan dengan senang hati memberikan rekomendasinya kepada keluarga, kerabat, teman atau rekan kerjanya.

Khusus bagi Anda yang menjalankan bisnis online, dengan memberikan pelayanan fast respon dan menghadirkan produk kualitas terbaik bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan review positif dari pelanggan.

Jika pelanggan merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan, ia akan memberikan review dan testimoninya di toko online Anda. Baik itu melalui media sosial, website, ataupun marketplace.

Bahkan tak sedikit dari pelanggan yang akan menghubungi Anda secara langsung, melalui telpon atau aplikasi chat yang disediakan. Testimoni tersebut bisa Anda post di akun media sosial, untuk meyakinkan calon konsumen yang tertarik dengan produk bisnis Anda.

Siapkan Media Komunikasi

Untuk memudahkan pelanggan dalam memberikan masukan ataupun review terhadap produk bisnis Anda, berilah ruang bagi mereka untuk berkomunikasi. Selain menyediakan kontak telepon atau aplikasi chat, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ulasan pada platform media sosial dan menyediakan kolom masukan pada website.

Dengan begitu, review atau testimoni dari para pelanggan bisa dilihat oleh banyak orang yang mengakses platform online tersebut. Tidak hanya review postif saja yang perlu Anda perhatikan.

Jika terdapat review negatif dari konsumen, segera temukan cara dan berikan solusi terbaik. Dengan begitu citra Anda di mata pelanggan akan tetap terjaga, dan terkesan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelangganya.

Libatkan Pelanggan pada Media Sosial

Jika Anda menggunakan media sosial, cobalah untuk melibatkan pelanggan pada salah satu postingan harian. Misalnya, mem-posting foto pelanggan yang sedang menggunakan produk Anda.

Jangan lupa untuk mention dan tag,  kemudian cantumkan pula ucapan terima kasih atas kepercayaan mereka menggunakan produk Anda. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan bangga karena telah memakai produk yang Anda jual.

Hadirkan Konsep Bisnis Berbeda

Menjual produk yang sama tapi disuguhkan dengan konsep yang berbeda tentu akan menarik perhatian dan penasaran para pelanggan terhadap produk bisnis yang Anda tawarkan.

Bahkan bukan hal yang tidak mungkin juga, bisa menarik perhatian peliput berita untuk mempromosikan bisnis Anda ke khalayak ramai. Salah satu contoh kasusnya adalah martabak dengan topping kekinian.

Baca Juga : Digital Marketing Video: Cara Pemasaran Efektif untuk UKM 

Wajah baru martabak kekinian dengan tampilan yang lebih cantik, dari perpaduan aneka topping favorit, sempat menghebohkan bisnis kuliner Tanah Air. Besarnya rasa penasaran penikmat kudapan manis satu ini, membuat sejumlah pengusaha berlomba-lomba untuk membuka bisnis martabak dengan konsep kenikian.

Peranan word of mouth menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis martabak kekinian ini laris dan banyak diburu para pelanggan.

Itulan peranan dan pengertian word of mouth marketing pada sebuah bisnis. Jika strategi word of mouth Anda berjalan baik, bisnis akan lebih mudah berkembang dan pelanggan pun akan datang dengan sendirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here