Instagram, Salah Satu Strategi Marketing Online Bisnis Kuliner

Media sosial tidak hanya sebuah media yang bisa digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain. Namun juga merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan strategi marketing online, khususnya dalam dunia bisnis kuliner.

Saat ini Instagram telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian kalangan. Setiap harinya, masyarakat tidak bisa jauh dari ponsel yang digunakan untuk mengakses Instagram ataupun media sosial lainnya.

Baca Juga: Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Membidik Generasi Jaman Now

Siapa yang tidak mengenal Instagram? Media sosial satu ini memang tengah dibicarakan dimana-mana. Orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil pun memiliki akun Instagram.

Tidak hanya orang biasa, pelaku bisnis pun melirik instagram sebagai media pemasaran digital. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak menggunakan instagram sebagai media pemasaran. Mulai dari café, resto, hingga usaha kue rumahan.

Peran Media Sosial dalam Pemasaran Digital

Media sosial sudah memilki arti penting dalam pemasaran digital karena dapat membantu sebuah merek atau produk menjadi lebih mudah dikenal. Media sosial mendatangkan banyak keuntungan seperti penggunaanya yang mudah dan hemat biaya. Tak hanya itu, cangkupannya yang luas membuat cangkupan konsumen pun menjadi lebih mudah.

Maksimalkan Strategi Marketing Online dengan Instagram

Instagram tidak hanya bisa digunakan sebagai media untuk bersenang-senang dan memamerkan foto saja. Kini Instagram bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital, yaitu cara memasarkan produk secara online.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media promosi untuk mengembang bisnis kuliner yang sedang dirintis. Lalu bagaimana cara memaksimalkan Instagram agar strategi marketing online dalam dunia bisnis kuliner bisa tepat sasaran?

Buat Konten Unik dan Menarik

Dalam dunia digital, sebuah konten sangatlah berpengaruh. Dalam bisnis kuliner, tentu konten foto dan video makanan akan mendominasi akun instagram tersebut. Buatlah foto dan video yang menarik dan sedetail mungkin dalam menampilkan makanan, sehingga membuat siapa saja yang melihatnya dapat tergoda.

Sambungkan Instagram dengan Media Sosial Lain

Meskipun Instagram termasuk ke dalam media sosial yang paling banyak penggunanya, bukan berarti Anda tidak membutuhkan media sosial lain sebagai media pemasaran. Sambungkan Instagram dengan media sosial lain agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli.

Manfaatkan Kolom Link

Jika Anda memiliki blog, website, ataupun link artikel yang membahas bisnis kuliner yang Anda jalankan, Anda dapat menambahkan link URL tersebut ke dalam kolom link instagram. Hal ini akan memudahkan orang lain untuk mengenali jenis bisnis kuliner apa yang Anda jalankan.

Tambahkan Tagar atau Hastag

Strategi marketing online melalui Instagram lainnya adalah penggunaan tagar atau hastag pada Instagram sangatlah penting. Tambahkan tagar atau hastag yang berkaitan dengan foto atau video kuliner yang Anda unggah.

Tanggapi Komentar Followers

Balaslah komentar yang disampaikan oleh followers akun bisnis kuliner Anda. Dengan cara membalas komentar, ini akan meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Gunakan bahasa yang sopan dan santun agar pelanggan Anda tertarik.

Baca Juga: Seberapa besar pengaruh Digital Marketing pada UMKM?

Maksimalkan Beberapa Tools

Instagram memiliki beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan media pemasaran Anda. Gunakan tools seperti tagboard, crowdfire, schedrum, repost, dan iris.

Tagboard berfungsi untuk mencari tagar atau hastag, Crowdfire berfungsi untuk mengetahui siapa yang follow dan unfollow akun bisnis kuliner Anda, Schedrum berfungsi sebagai penjadwalan dalam memposting, Repost yang digunakan untuk merepost postingan pelanggan Anda, dan iris yang digunakan untuk monitor akun dan aktifitas di Instagram.

Itulah beberapa strategi marketing online melalui instagram agar bisnis kuliner Anda semakin diminati dan memiliki banyak pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here