UKM Juga perlu Digital Marketing

Di era teknologi yang kian berkembang, kini semua kebutuhan sudah bisa didapatkan melalui online, 80% customer bahkan lebih memilih mencari kebutuhan mereka lewat online ketimbang datang langsung ke tempat  bisnis. Nah, sekarang pertanyaannya jika Anda sudah memiliki tempat usaha, bagaimana caranya agar customer yang Anda miliki tetap setia memilih jasa atau produk milik Anda? Jawabannya adalah ikut mempasarkan produk Anda secara online. Caranya Anda harus memahami digital marketing. Untuk membantu Anda menjalankan dan meningkatkan usaha Anda secara digital, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Iklan di media sosial dan mesin pencari GoogleAds

Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram menawarkan fitur advertising yang bisa Anda manfaatkan. Namun yang perlu Anda ketahui pastikan penentuan target yang dapat melihat iklan Anda sesuai dengan usaha yang Anda jalani. Mengapa begitu? Karena fitur ini bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat iklan kita dengan mengatur beberapa kriteria seperti geografis dan demografis target. Di mana target yang Anda tentukan ini adalah orang-orang yang paling relevan dan penting bagi usaha Anda. Selain Anda bisa menentukan kategori yang dapat melihat iklan Anda, melalui iklan di media sosial Anda juga bisa memasukan kata kunci dan mempromosikan lokasi tempat usaha Anda.

Gunakan landing page

Tujuan Anda membuat iklan di media sosial adalah agar calon customer Anda bisa diarahkan ke situs atau toko online Anda. Jadi landing page yang tepat sangat diperlukan. Pilihlah page atau halaman yang bisa membuat konsumen langsung tertarik saat masuk ke halaman yang Anda gunakan untuk landing page.

Selalu update website Anda

Meskipun Anda sudah memiliki customer loyal, ini bukan berarti Anda bisa santai-santai dan menunggu orderan saja. Karena banyak pembeli yang menilai usaha dari aktifitas website Anda. Jadi buatlah website Anda mengikuti tren yang ada, Anda sebaiknya posting konten-konten yang sesuai dan relevan dengan minat pasar secara regular untuk meningkatkan hasil peringkat di mesin pencari.

Baca juga : KURSUS DIGITAL MAREKTING untuk UKM 

Buat website Anda mobile friendly

8 dari 7 oarang kebanyakan menghabiskan waktunya dalam sehari menjelajah dunia maya melalui smartphone. Mereka menghabiskan rata-rata 86 menit dalam sehari. Bahkan Google sampai meluncurkan sebuah alogaritma baru untuk memberikan peringkat tinggi kepada website yang mobile-friendly. Jadi, pastikan website Anda mobile-friendly.

Menggunakan email marketing

Email merupakan salah satu cara yang efektif untuk memaksimalkan digital marketing Anda. Sekarang ini penggunaan email sudah mudah diakses melalui smartphone sehingga Anda bisa memberikan email berupa promosi atau informasi terbaru mengenai usaha Anda ke email customer. Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mendapatkan list email? Anda bisa menggunakan platform email marketing.

Buat berbagai macam konten

Membuat konten artikel saja mungkin tidak terlalu menggugah customer untuk mengunjungi website Anda. Jadi, selain artikel Anda pun bisa memposting konten berupa video dan foto yang berkaitan dengan usaha Anda  semenarik mungkin.

Menghasilkan backlink

Apa itu backlink? Yaitu link yang masuk ke sebuah post, halaman, atau website. Dulu sebelum adanya search engine, backlink sangat penting untuk navigasi sebuah website. Semakin tinggi backlink-nya maka akan membantu website Anda menempati peringkat teratas search engine dan meningkatkan kredibilitas usaha. Cara mendapatkannya bisa melalui White Hat dan juga Black Hat. Untuk white hat biasanya dilakukan dengan cara blogwalking, tukar link, comment, dll. Sedangkan Black Hat ada Blog Dummy, Pyramid, Link Wheel, dll.

SHARE
Content writer GoUKM dan event manager GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY