Cara Cepat Buat Gulali dengan Mesin Gulali

Mesin Gulali

Berbeda dengan makanan pada umumnya yang biasanya dibuat dengan menggunakan tangan namun jika ingin membuat dalam jumlah yang banyak baru menggunakan mesin. Namun gulali berbeda, makanan ini sejak awal dibuat memang sudah menggunakan mesin gulali.

Mengapa demikian ? Karena mesin gulali memang berfungsi untuk memintal gula menjadi kapas atau berbentuk lilitan benang. Cara kerja mesin  zaman dahulu hampir sama dengan mesin zaman sekarang. Yakni bagian tengan mesin yang terdapat wadah kecil kemudian gula dimasukkan ke dalamnya ditambahkan dengan pewarna makanan.

Baca Artikel Terkait, Peluang Bisnis gulali 

Setelah itu pemanas yang terdapat dekat mesin wadah itu mulai mencairkan gulanya. Lalu gula tersebut diputar melalui lubang-lubang kecil yang kemudian akan dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang tersebut dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar. Agar gulali membentuk maka tukang gulali akan memutar-mutar sepotong kayu kecil atau sebuah kerucut karton bisa juga dengan  menggunakan tangan mereka sendiri mengelilingi tepian wadah besar penangkap gulali untuk mengumpulkannya. Kemudian terbentuklah gulali atau biasa disebut oleh Orang Eropa benang peri atau fariy loss.

Tips Memilih Mesin Gulali yang Baik

Mesin gulali sebenarnya prinsip kerjanya sama seperti termos. Hanya saja yang membedakan mesin gulali memiliki sistem pengendali suhu untuk menjaga suhu agar gula tetap dalam keadaan meleleh sehingga saat dinikmati oleh konsumen tetap terasa enak.

Agar Anda mendapatkan hasil gulali yang maksimal, kami menyarankan Anda menggunakan mesin gulali dengan tipe Gas RMF-01 atau tipe Listrik RMF-01. Beda kedua mesin ini hanya terletak pada penggunaan gas dan listrik saja. Mesin ini mampu menghasilkan gulali dalam waktu 30 detik saja. Biasanya mesin dijual dengan harga Rp 3.850.000 per mesinnya.

Kedua mesin ini mudah digunakan untuk para pemula yang ingin memulai bisnis gulali. Karena mesin ini memang didesain secara otomatis dan ergonomis. Mesin ini juga menggunakan candy floss ergonomis sehingga bisa menghindarkan dari human eror akibat kesalahan dari penggunaan mesin oleh operator mesin.

Kelebihan lainnya mesin ini memiliki kapasitas yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu mesin gulali ini juga bisa didesain untuk menghasilkan lelehan gulali sehingga bisa dijadikan sebagai permen gulali.

Mesin ini juga bisa mengendalikan kestabilan suhu gulali sehingga gula tetap meleleh. Jadi ketika akan digunakan sebagai bahan pembuat gulali, bisa menghasilkan gulali dengan tekstur yang bagus dan rasa manis yang masih terjaga. Biasanya yang menggunakan mesin gulali ini adalah pengusaha catering, restoran atau perusahaan yang bergerak di bidang kuliner manis.

Mesin Gulali dan Gas Roaster

Jika menggunakan mesin gulali tanpa listrik maka membutuhkan gas roaster. Alat pemanggang ini digunakan dalam kompor gas untuk memanggang berbagai jenis makanan seperti sate, ikan dan lainnya. Namun alat pemanggang ini juga digunakan sebagai pemanas dari mesin gulali.

Kelebihan Gas Roaster dibandingkan dengan kompor atau pemanggang lainnya adalah pemanggangan akan menjadi lebih efeketif,lebih cepat dan mengurangi resiko kotor, bau dan berantakan karena adanya asap. Lain halnya jika menggunakan kompor tradisional.

Hasil pemanasan atau pemanggangan dari gas roaster akan menghindari hasil pembakaran dari kegosongan. Sehingga jika membuat gulali dengan gas roaster maka tak akan gosong. Dan menghindari juga dari penyakit kanker. Alat pemanggang ini juga bersifat portable atau mudah dibawa-bawa sehingga memudahkan penjual gulali untuk membuat gulali dimana saja.

Fungsi Alat-Alat Mesin Gulali

Mangkok stainless steel. Jadi Anda tak perlu takut bahwa mesin ini tak akan higienis karena mangkok yang terbuat dari stainless steel biasanya mudah dibersihkan. Sehingga meskipun gulali terasa lengket tetap dipertahankan.

Pengunci Mangkok Stainless Steel

Agar ketika mesin berkerja mangkok yang di dalamnya terdapat bahan gulali tidak tergeser maka mesin gulali ini terdapat pengunci mangkok yang berada pada bagian kanan dan kirinya.

Laci Penyimpan Bahan Baku Gulali

Pada mesin gulali juga terdapat suatu wadah atau laci yang berfungsi sebagai penyimpang bahan baku gulali.  Laci-laci tersebut terdiri dari beberapa ruangan.

Sendok Takaran Untuk Kemudahan Penuangan Gula

Agar lenih terkontrol ketika pembuatan gulali maka pada mesin gulali ini diberikan sendok yang memang untuk menakar bahan baku gulali.

 

LEAVE A REPLY