Cara Memulai Usaha Bisnis Gulali

Bisnis Gulali

Berbeda dengan bisnis makanan kebanyakan yang perlu ekstra keras memasarkannya, bisnis gulali justru laris manis sejak pertama kali diperkenalkan. Sepertinya memang sesuai dengan rasanya yang manis.

Bagaimana tidak jika gulali yang pertama kali dijual di event ST Louis World’s Fair. Berhasil dijual 68.655 kotak gulali dengan harga AS$0,25, atau setara dengan setengah harga tiket pameran yang diselenggarakan pada tahun 1904. Bisnis gulali pertama kali dilakukan oleh William Morrison dan John C. Wharto dengan nama benang peri atau Fairy Floss. Dan kini bisnis gulali pun dikuti oleh masyakat Indonesia. Karena seperti namanya, bisnis ini akan laris manis.

Baca Artikel Terkait, Peluang Bisnis Arum Manis

Lalu Bagaimana Cara Memulai Bisnis Gulali ?

Pekan Modal

Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya Anda memperhitungkan modal usaha. Karena tak semua penjual gulali akan seberuntung Wiliam dan John yang akan laris manis ketika pertama kali berjualan. Jika Anda belum memiliki modal, Anda bisa mengajukan proposal kewirausahaan kepada pemerintah, swasta atau bisa juga mengikuti event kewirasusahaan.

Buat Gulali yang Unik

Saat ini sudah banyak yang berjualan gulali seperti kapas atau ada juga yang rambut nenek. Anda bisa memulainya dengan membuat gulali dengan bentuk yang unik. Atau rasa yang belum pernah ada. Bisa coklat, vanila, anggur atau buah-buahan lainnya. Bisa juga dengan memberikan topping pada gulali.

Mesin Gulali

Mesin gulali adalah alat yang terpenting untuk pembuatan gulali. Tanpa mesin ini tak mungkin bisa dihasilkan gulali. Makanya kami menyarankan sebelum Anda membeli mesin gulali ada baiknya Anda memilih mesin gulali sesuai dengan kebutuhan. Apalagi harganya bisa dibilang mahal,           

Tentukan Tempat Strategis

Menentukan tempat startegis sepertinya hal yang mendasar ketika akan memasarkan gulali. Pilihlah tempat yang ramai, misalnya pusat hiburan, wisata, festival, pameran atau bahkan pasar malam. Karena di tempat-tempat seperti itulah biasanya bisnis gulali akan laris manis.

Perhatikan Kemasan

Bagi bisnis gulali, kemasan memang harus diperhatikan. Tak harus kemasan yang menarik yang penting kedap udara. Sehingga gulali yang telah mengembang pun tidak mengempis karena adanya udara dalam ruangan. Karena gulali sedikit saja terkena udara akan mengempis dan mengeras sehingga tak enak dimakan.

Franchise dan Waralaba

Jika Anda ingin berbisnis gulali namun tak memiliki modal ada baiknya Anda berkerjasama dengan franchise atau waralaba gulali. Biasanya mereka akan menyediakan paket-paket tertentu sesuai dengan bugjet yang Anda punya. Selain itu tak perlu khawatir tak laku pasaran karena franchise atau waralaba biasanya telah memiliki merk dagang yang sudah dikenal.

LEAVE A REPLY